Download RPP PPKn K13 Kelas X Semester 1 Terbaru 2017

RPP PPKN K13 Kelas X Semester 1 Terbaru 2017/2018. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PKn adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh seorang guru sebagai pedoman dalam proses pembelajaran pada satu semester dalam satu tahun ajaran. Biasanya dalam membuat sebuah RPP seorang guru juga harus memperhatikan Kurikulum yang diterapkan. Untuk kurikulum terbaru, RPP mengacu pada kurikulum 2013 atau yang disebut dengan K13. Kurikulum K13 ini telah mengalami banyak penyempurnaan ketika Bapak Anies Baswedan menjadi Menteri Pendidikan. Bahkan K13 ini juga ada versi resivinya yang keluar buku K13 edisi revisi yang pada covernya tertulis draf Maret 2016.

Download RPP PPKn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru. Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan sebuah file yang dapat dijadikan patokan oleh para guru yang mengajar di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penyusunan RPP. Dimana RPP ini juga mengacu pada kurikulum 2013 yang sudah direvisi atau bisa disebut Terbaru. Mungkin jika ada yang kurang dalam RPP ini, para guru bisa menambahkan beberapa point tersendiri dalam RPP tersebut. Dalam paket RPP Kelas X Semester 1 atau Semester Ganjil ini terdapat 4 Bab, dan itu berarti dalam semster ganjil ini ada 4 RPP, tiap bab 1 RPP. Link download file bisa anda cari dibagian bawah artikel ini. 

Download RPP PPKN K13 Kelas X semester ganjil

RPP PKn Kelas X Semester Ganjil. Dalam pembuatan RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebaiknya para guru harus mengetahui hakikat dari pelajaran PPKn di SMA/SMK. Hakikat Mata pelajaran PPKn dapat dijabarkan sebagai berikut: Dalam tinjauan pedagogik, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan bidang kajian keilmuan, program kurikuler, dan aktivitas sosial-kultural yang bersifat multidimensional. Sifat multidimensional ini menyebabkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat disikapi sebagai pendidikan nilai dan moral, pendidikan kemasyarakatan, pendidikan kebangsaan, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan politik, pendidikan hukum dan hak asasi manusia, serta pendidikan demokrasi.

Berikut ini salah satu contoh yang terdapat dalam RPP PPKn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 (K13).

RPP PPKn Kelas X Semester Ganjil Kurikulum 2013

BAB 1
Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Satuan Pendidikan :................................................
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit

A. KOMPETENSI INTI:

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengorganisasi nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan YME
1.1.1 Membangun nilai-nilai toleran dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara.
1.1.2 Membangun nilai-nilai kejujuran dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
2.1 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara
2.1.1 Membangun nilai-nilai toleransi dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
2.1.2 Membangun nilai-nilai kejujuran dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara.
3.1 Menganalisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara
3.1.1 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan negara Republik Indonesia
3.1.2 Mengidentifikasi kedudukan dan fungsi kementerian negara Republik Indonesia dan lembaga pemerintahan non departemen
3.1.3 Menganalisis kedudukan dan fungsi pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI
3.1.4 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
4.1 Mengambil keputusan bersama sesuai nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
4.1.1 Menyaji hasil analisis tentang pengambilan keputuan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
4.1.2 Mengkomunikasikan hasil analisis terkait dengan pengambilan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

C. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pelajaran PPKn Kelas X Bab I adalah Pembelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara, dengan sub-bab sebagai berikut:
1. Sistem pembagian kekuasaan negara
2. Kedudukan dan fungsi kementerian negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non Departemen
3. Kedudukan dan fungsi pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI
4. Nilai-nilai pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.


D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama ( 2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan

  1.  Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar;kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta bukuyang diperlukan.
  2. Guru menyampaikan topik tentang menjelajah wilayah negara Kesatuan RepublikIndonesia. Sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, terkait dengan sikap sosial.Guru memberikan penguatan tentang aspek motivasi belajar dan sikap spiritualpeserta didik berkaitan dengan sara syukur atas karunia Allah SWT, sehingga masihapat melaksanakan aktivitas dengan bail, sehat serta atas dasar keimanan terhadapAllah SWT.
  3. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
1. Peserta didik membaca artikel tentang “Ketetuan UUD NRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” (Buku Paket hal 31-36)
2. Peserta didik diarahkan/dimotivasi untuk menanyakan hal-hal yang bekaitan dengan Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia , Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia, Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia
3. Peserta didik membentuk kelompok belajar untuk membahas/mendiskusikan Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang :
a. wilayah negara, (kel 1)
b. warga negara dan penduduk, (kel 2)
c. agama dan kepercayaan, (kel 3)
d. pertahanan dan keamanan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, (kel 4)
4. Peserta didik secara kelompok mencari informasi tentang ketentuan dalam UUD NRI yang mengatur tentang hal-hal tersebut di atas (setiap kelompok berbeda-beda)
5. Peserta didik mempresentasikan/ menyajikan hasil diskusi kelompoknya tentang ketentuan dalam UUD NRI yang mengatur tentang hal-hal tersebut di atas (setiap kelompok berbeda-beda)
6. Peserta didik merefleksi hasil presentasi kelompok
7. Peserta didik secara bersama-sama menyimpulkan
c. Kegiatan Penutup
1. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan kasustersebut.
2. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT,Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

2. Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)

a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan apersepsi.
2. Guru menyampaikan topik tentang “Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non Departemen”.
3. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 1 agar mempersiapkan kelompoknya).

b. Kegiatan Inti
1. Presentasi kelompok 1, topik Bab 1, Sub-Bab B. Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non Departemen.
2. Pada saat Kelompok 1 tampil presentasi, kelompok lainnya menyimak materi
presentasi (mengamati).
3. Setelah presentasi selesai dipaparkan oleh kelompok 1, kelompok lain memberikan saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang sedang dibahas (menanya).
4. Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).
Kegiatan mengumpulkan informasi dilakukan sebelum presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari informasi terkait dengan materi yang akan di presentasikan.

Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang mendapat tugas presentasi, juga kelompok lain dengan melakukan analisis dalam kelompok pada saat menyimak jalannya presentasi guna membuat pertanyaan.

c. Kegiatan Penutup
1. Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

3. Pertemuan Ketiga dan Keempat (4 Jam Pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi peserta didik agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2. Guru meminta peserta didik untuk mengamati dengan membaca buku BAB 1, Sub Bab D. Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.
3. Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam membaca sub bab tersebut.
4. Guru meminta peserta didik mencatat hal-hal yang penting dan mungkin dapat dieksplorasi dari bacaan tersebut.
 
b. Kegiatan Inti
1. Guru membagi peserta didik dalam 7 kelompok heterogen beranggotakan 4 - 5 orang.
2. Guru meminta peserta didik secara kelompok mencatat pertanyaan yang ingin diketahui, dan mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan pertanyaan secara mendalam dalam daftar pertanyaan.
3. Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
4. Permasalahan dan pertanyaan yang diselidiki tidak mempunyai jawaban mutlak “benar” sebuah masalah yang rumit dan kompleks mempunyai banyak penyelesaian dan seringkali bertentangan.
5. Selama penyelidikan peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari informasi tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.
6. Guru akan bertindak sebagai pembimbing yang siap membantu, namun peserta didik harus berusaha untuk belajar keras.
7. Peserta didik aktif terlibat dalam sejumlah kegiatan penyelidikan dan hasil-hasil penyelidikan ini dapat menghasilkan penyelesaian masalah tersebut.

c. Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing kelompok untuk mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila yang sudah di implementasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan upaya pemecahan masalah jika nilainilai tersebut belum diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan RI
2. Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil identifikasi penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan. Laporan tersebut dapat berupa bahan tayang (powerpoint) atau laporan tertulis.
3. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat dilakukan setiap kelompok secara bergantian di depan kelas dan kelompok lain memberikan pertanyaan atau komentar terhadap hasil kerja dari kelompok penyaji.

E. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : melalui pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis (Ulangan Harian)

Baca Juga: RPP PPKN Kelas X Semester 2 Terbaru
Itulah tadi sebagian contoh isi salah satu RPP PPKn Kelas X SMA Semester 1 K13 yang dapat Anda download melalui link di bawah ini. Jika ada beberapa kekurangan, Anda bisa menambahkannya tersendiri. Untuk proses penilaian sikap dan penilaian pengetahuan silahkan Anda tambah tabel sesuai jurnal penilaian yang diterapkan pada sekolah Anda.

Link Download: 

RPP K13 PPKN Revisi Terbaru Versi 2
RPP PKN X 1
RPP PKN X 2
RPP PKN X 3
RPP PKN X 4

Subscribe to receive free email updates: