Download RPP PPKN K13 Kelas X Semester 2 Terbaru

RPP PPKN Kelas X Semester 2 Terbaru K13. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk Kelas X Semester Genap atau Semester 2 ini kami bagikan sebagai lanjutan pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan sebelumnya kami telah membagikan file RPP PPKn kelas X semester 1. Dimana RPP ini adalah sebuah dokumen penting yang harus dimiliki oleh seorang Guru yang mengajar pada tingkat SMA/SMK di kelas X. RPP ini tidak disediakan oleh pihak sekolah maupun oleh Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI). Melainkan setiap guru harus membuatnya sendiri dengan mengacu pada buku paket ataupun kurikulum yang telah diterapkan.

Download RPP K13 PPkn Kelas X Semeter 2 Terbaru. Pada RPP Kelas X lanjutan ini, kami akan membagikan file RPP dalam bentuk 3 (tiga) buah file. Karena pada semester 2 kelas X di SMA terdapat 3 bab/materi pembelajaran. Masing-masing Bab atau RPP terdapat beberapa kali pertemuan. Sedangkan tiap pertemuan ada sekitar 2 jam pelajaran atau kurang lebihnya 2x45 menit. Bagi Anda yang memiliki kesulitan dalam menyusun RPP pembelajaran pada mata pelajaran PPKN, RPP ini dapat dijadikan sebagai bahan. Apabila ada beberapa hal dalam RPP yang dirasa masih kurang, Anda bisa menambahkannya. Anda bisa mengunduh file RPP kelas X semester 2 pada link di paling bawah artikel ini.
RPP PPKN kelas x semester 2 K13

RPP PPKN kelas X Semester 2 Terbaru. Sebelum membuat sebuah RPP, ada baiknya jika Anda sebagai guru mata pelajaran PPKN terlebih dahulu mengetahui tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang digunakan. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X memiliki 4 kompetensi inti dan 28 kompetensi dasar. Dalam proses pembelajarannya KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) disajikan melalui pembelajaran langsung (direct teaching).Sedangkan KI-1 (sikap spiritual) dan KI-2 (sikap sosial) dilaksanakan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), melalui keteladan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan, dan keterampilan. Guru mengembangkan sikap sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik. Evaluasi terhadap Sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam pengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Berikut ini adalah contoh isi dari RPP PKN Kelas X Semester 2 menggunakan kurikulum 2013, dimulai dari Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber belajar dan Langkah-langkah Pembelajaran.

RPP PPKN KELAS X SEMESTER 2 K13

...................
.....................
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pelajaran PPKn Kelas X Bab adalah Pembelajaran Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dengan Sub-Bab sebagai berikut.

1. Kebhinnekaan Bangsa Indonesia
2. Konsep Integrasi Nasional
3. Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional
4. Tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
5. Peran serta warga negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

E. METODE PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik, Metode Diskusi, model pembelajaran bekerja dalam kelompok. Pelaksanaan pembelajaran secara umum dibagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup

F. MEDIA PEMBELAJARAN
1) LCD Proyektor,
2) Dokumentasi kebhinekaan bangsa Indonesia
3) Video yang berkaitan dengan materi pembelajaran

G. SUMBER BELAJAR
1) Buku Peserta Didik dan Buku Guru PPKn
2) Buku referensi lain yang relevan.
3) Internet.


H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

I. PERTEMUAN PERTAMA
Kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini secara umum dibagi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
2. Guru menyampaikan topik tentang Kebhinnekaan Bangsa Indonesia. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, terkait dengan sikap sosial.
3. Guru memberikan penguatan tentang aspek motivasi belajar dan sikap spiritual peserta didik berkaitan dengan sara syukur atas Karunia Allah SWT, sehingga masih
dapat melaksanakan aktivitas dengan baik, sehat serta atas dasar keimanan terhadap Allah SWT.
4. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
1. Sebelum peserta didik mengidentifikasi Kebhinnekaan Bangsa Indonesia, guru menunjukkan ilustrasi/paparan secara singkat tentang Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.
2. Peserta didik disajikan Peta Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika .
3. Peserta didik diberi waktu untuk membaca Buku Teks Bab 5.
4. Peserta didik membuat pertanyaan tetang Peta dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika (diharapkan peserta didik dapat membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangku).
5. Peserta didik dengan kelompok mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.
6. Peserta didik membuat analisis terkait dengan deskripsi Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.
7. Secara random peserta didik (1 sampai dengan 2 orang mewakili kelompok) dapat mengkomunikasikan secara lisan hasil analisis tentang Kebhinnekaan Bangsa Indonesia. Adapun, peserta didik yang lain mengumpulkan hasil analisis secara tertulis.

Penutup
1. Guru menyimpulkan hasil pemaparan (perwakilan kelompok) tentang kasus Marsinah
dilanjutkan dengan umpan balik secara lisan kepada peserta didik tentang kasus tersebut.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.


II. PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini menggunakan pembelajaran dalam bentuk presentasi kelompok.

Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan apersepsi
2. Guru menyampaikan topik tentang “Konsep Integrasi Nasional”.
3. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 5 agar mempersiapkan kelompoknya).

Kegiatan Inti
1. Presentasi Kelompok 5, topik Bab 5 Sub-bab B. Konsep Integrasi Nasional.
2. Pada saat Kelompok 5 tampil presentasi, kelompok lainnya menyimak materi presentasi (mengamati).
3. Setelah presentasi selesai dipaparkan oleh Kelompok 5, kelompok lain memberikan
saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang sedang dibahas (menanya).
4. Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).
Kegiatan mengumpulkan informasi dilakukan sebelum presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari informasi terkait dengan materi yang akan di presentasikan.
Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang mendapat tugas presentasi, juga kelompok lain dengan melakukan analisis dalam kelompok pada saat menyimak jalannya presentasi guna membuat pertanyaan.

Penutup
1. Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

III. PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini dibagi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan apersepsi dan tak kalah penting aspek sikap spiritual peserta didik.
2. Guru menyampaikan topik tentang tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kegiatan Inti
1. Sebelum peserta didik menganalisis tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, guru dapat menjelaskan berbagai macam tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Guru memaparkan secara singkat tentang bagaimana menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Peserta didik dalam kelompok diberi waktu untuk membaca buku Teks Pelajaran PPKn kelas X atau sumber lain (seperti website/internet/media cetak/sumber lainnya) tentang membangun kesediaan warga negara untuk melakukan bela negara (dalam kegiatan ini sudah terintegrasi dengan kegiatan mengamati dan kegiatan menanya antarsesama peserta didik).
4. Peserta didik dalam kelompok diberi waktu untuk menganalisis tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdapat dalam Bab 5, buku Teks Pelajaran PPKn Kelas X (Sub-bab D dengan membandingkan dari sumber lain yang relevan (misalnya website/internet/sumber lainnya).
5. Peserta didik melakukan analisis tentang upaya untuk mengatasi berbagai macam tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
6. Secara random (1 s.d 2 orang mewakili kelompok) dapat mengkomunikasikan secara lisan hasil analisis upaya mengatasi berbagai mcam tantangan dalam menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan peserta didik yang lain mengumpulkan hasil analisis secara tertulis.
Penutup
1. Guru menyimpulkan hasil pemaparan membangun kesediaan warga negara untuk melakukan bela negara dilanjutkan dengan umpan balik secara lisan kepada peserta didik tentang upaya membangun kesediaan warga negara untuk melakukan bela negara.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan upaya membangun kesediaan warga negara untuk melakukan bela negara.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.
Itulah tadi sebagian contoh isi dari RPP PPKN Kelas X Semester 2 yang bisa Anda download pada link dibawah ini. 

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Download RPP PPKN K13 Kelas X Semester 2 Terbaru"