Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas PNS Tahun 2017

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas PNS Tahun 2017. Pengumuman Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas biasanya diumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pada tahun 2017 ini, Menpat telah memberikan pengumuman kepada putra-putri terbaik lulusan SMA atau sederajat mengenai pemerimaan calon siswa-siswi/taruna-taruni pada kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2017. Pendaftaran Pendidikan kedinasan dilaksanakan secara online melalui website: www.panselnas.id


 Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas PNS Tahun 2017

Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas / Pendidikan Kedinasan tahun 2017. Pada Tahun 2017 ini, ada 8 Instansi/Lembaga pendidikan kedinasan yang membuka pendaftaran peserta didik baru. Diantaranya adalah Kementerian Keuangan (STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Perhubungan (STTD), Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM), Badan Intelegen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (STIS) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), Lembaga Sandi Negara (STSN). Namun, peserta hanya diperbolehkan mendaftar pada satu Instansi/Lembaga, jika peserta mendaftar pada 2 lembaga atau lebih, maka akan otomatis didiskualifikasi.

Pandaftaran seluruh Sekolah Ikatan Dinas tahun 2017 dimulai pada tanggal 9 Maret 2017 sampai dengan 31 Maret 2017 melalui website http://panselnas.id


1. Persyaratan Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
  • a. Program Studi DiplomaIII Statistika (150 orang)
  • b. Program Studi DiplomaIV Statistika (350 orang)
  • c. Program Studi DipolamaIV Komputasi Statistik (100 orang)
Lulusan Program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan diangkat sebagai alon aparatur sipil Negara Golongan II/c dan ditugaskan sebagai Kordinator Statistik Kecamatan (KSK) pada wilayah wilayah Papua,Papua Barat, Maluku, MalukuUtara, NusaTenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau,dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara lulusan Program DiplomaIV akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.) dan diangkat sebagai calon aparatur sipil Negara Golongan III/a dan akan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik dikantor BPS Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

PERSYARATAN Pendaftaran STIS

Untuk dapat mengikuti seleksi PMBSTIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:

a. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun dilapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.

b. Program DiplomaIV (450 mahasiswa):
- Lulusan SMA/MA Jurusan IPA;atau
- Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2016/2017 kelas XII;
- Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;

c. Program Diploma III (150 mahasiswa):
(Khusus Pendaftar yang berdomisili pada wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung)

- Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS;atau
- Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2016/2017 kelas XII;
- Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;

d. Umur tidak lebih dari 22 tahun per 1Oktober 2017.

e. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan PNS;

f. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;

g. Bersedia mematuhi peraturan STIS.

h. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS;

i. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ketingkat kabupaten/kota.

BIAYASELEKSI SEKOLAH IKATAN DINAS PNS

Calon peserta di kenakan biaya seleksi sebesar Rp.300.000, (tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI atau Bank Mandiri, setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Biayaseleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.


2. Persyaratan Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Dalam rangka memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di Lembaga Sandi Negara, Sekolah Tinggi Sandi Negara membuka kesempatan bagi putera/puteri terbaik bangsa untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STSN Tahun Anggaran 2017 dengan ketentuan sebagai berikut:

A. PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Siswa kelas XII jurusan IPA ;
  3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (teori/pengetahuan) masing-masing minimal 80, pada semester IV dan V ;
  4. Usia minimal 17 tahun dan tidak melebihi dari 21 tahun pada tanggal 31 Desember 2017;
  5. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental;
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STSN;
  7. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan STSN dan menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).

PERSYARATAN ADMINISTRASI

  1. Asli surat lamaran kepada Ketua STSN ditulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp. 6.000,-;
  2. Foto copy rapor semester IV dan V dan lembar identitas diri padarapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan;
  3. Asli surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila nilai rapor menggunakan skala huruf);
  4. Asli SKCK dari Kepolisian Sektor (Polsek) setempat;
  5. Asli surat pernyataan yang ditandatangani oleh pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar, bermaterai Rp. 6.000,- (contoh format disediakan panitia);
  6. Asli surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas;
  7. Asli surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan setempat;
  8. Foto copy identitas diri berfoto seperti KTP atau SIM atau Kartu Pelajar;
  9. Foto copy KK (Kartu Keluarga);
  10. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar, berlatar belakang merah.
  11. Membayar biaya pelaksanaan seleksi TKD BKN sesuai PP no 63 tahun 2016 sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per peserta bagi yang lulus seleksi administrasi.

WAKTU PENDAFTARAN DAN PENGIRIMAN BERKAS

Waktu pendaftaran online : 9 – 31 Maret 2017
Pengiriman Berkas : 9 Maret – 3 April 2017 (cap pos)

Peserta yang sudah mendaftar online di situs panseldikdin paling lambat 2x24 jam harus segera mendaftar online di situs STSN, dan peserta yang sudah mendaftar online di STSN wajib mengirimkan berkas persyaratan administrasi paling lambat 2x24 jam sejak mendaftar.


3. Persyaratan Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) / (PKN-STAN)

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Diploma I, Diploma II, dan Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:
  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan cukai;
  3. Program Studi Diploma I pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai ; dan
  10. Program Studi Diploma IV Akuntansi;
SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN PKN STAN 2017

1). Lulus tahun 2016 dan sebelumnya atau calon lulusan 2017 SMA atau sederajat;

2). Untuk lulusan tahun 2016 dan sebelumnya, nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70.00 Untuk calon lulusan 2017, memiliki rata-rata raport tidak kurang dari 70 atau 2,80 dari skala 4,00.


3). Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2017 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1997).

4). Berbadan sehat dan bebas dari narkoba

5). Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan

6). Khusus Prodi Kepabenana dan Cukai ditambah syarat tinggi badan untuk laki-laki minimal 165 cm, perempuan 155 cm. Tidak cacat badan, tidak buta warna dan untuk pengguna kacamata mata diberi toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

7). Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran ditanggung oleh pendaftar.

8). Pendaftar tidak sedang menjadi mahasiswa atau tidak pernah dikeluarkan dari pendidikan di PKN STAN.

Pendaftaran awal bisa dilaksanakan melalui website: http://panselnas.id


4. Persyaratan Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN (POLTEKIP) DAN CALON SISWA POLITEKNIK IMIGRASI (POLTEKIM)

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA mengundang putra dan putri terbaik lulusan Sekolah Menengah Atas Sederajat untuk mengikuti seleksi Calon Siswa Ikatan Dinas Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dengan ketentuan sebagai berikut :

PERSYARATAN

1. Warga Negara Republik Indonesia.

2. Pria/Wanita.

3. Pendidikan SMA sederajat dengan nilai Ijazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) dan nilai Bahasa Inggris sekurang-kurannya 7,0 (tujuh koma nol) pada rapor semester akhir. Khusus untuk putra daerah asli Papua dan Papua Barat nilai Ijazah rata-rata 6,0 (enam koma nol) dan nilai Bahasa Inggris 6,0 (enam koma nol).

4. Usia pada tanggal 1 Maret 2017 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun (dibuktikan dengan akte Kelahiran/surat keterangan lahir).

5. Tinggi Badan minimal Pria 165 cm, Wanita minimal 158 cm, berat badan seimbang (ideal) berdasarkan hasil pengukuran yang dilaksanakan pada saat verifikasi dokumen asli.

6. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata dan softlens, tidak tuli, dan tidak buta warna.

7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga.

9. Belum pernah menikah dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.

10. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh Wilayah Indonesia.

11. Tidak pernah putus studi / drop out (DO) dari POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN dan POLITEKNIK IMIGRASI dan atau Akademi/Sekolah kedinasan pemerintah lainnya;

12. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat keterangan lainnya setelah dinyatakan diterima sebagai Calon Siswa / Siswi .

13. Tidak sedang menjalani ikatan dinas / pekerjaan dengan instansi / perusahaan lain.

14. Bagi peserta yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM, selain harus memenuhi persyaratan diatas (angka 1 s.d. 13), juga harus memenuhi syarat :

a. Mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat/gol. ruang setinggi-tingginya Pengatur Muda Tk.I / (II/b) dibuktikan dengan surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon I atau Kepala Kantor Wilayah);

b. Umur pada tanggal 1 Maret 2017 setinggi-tingginya 25 tahun, yang dibuktikan dengan akte/surat keterangan lahir;

c. Tidak dalam proses pemeriksaan atau sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Satuan Kerja;

d. Hanya mendaftar di 1 (satu) program pendidikan yang sesuai dengan formasi asal PNS (PNS di jajaran Pemasyarakatan hanya boleh mendaftar di POLTEKIP dan PNS di jajaran Imigrasi hanya boleh mendaftar di POLTEKIM).


Berkas pendaftaran yang harus disiapkan diantaranya adalah:

a. Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bewarna hitam (format surat lamaran dapat diunduh di http://catar.kemenkumham.go.id).

b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (asli).

c. Ijazah atau STTB (asli).

d. Transkrip Nilai terakhir (asli).

e. Nilai Raport semester Akhir (asli).

f. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres asli dan masih berlaku (asli).

g. Akta kelahiran / Surat Keterangan Lahir(asli) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

h. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dan tidak tuli dari dokter RS. Pemerintah (asli).

i. Surat Keterangan belum pernah menikah dari Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli).

j. Surat Pernyataan dari pelamar yang berisi tentang sanggup mentaati perjanjian ikatan dinas, Sanggup mengganti seluruh biaya selama mengikuti pendidikan apabila mengundurkan diri, Bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan, Sanggup tidak menikah selama pendidikan dan tidak terikat dengan instansi pemerintah lain/ swasta ditandatangani dengan pena berwarna hitam, bermaterai Rp. 6000,-. (dapat diunduhhttp://catar.kemenkumham.go.id)

k. Pas photo berlatar belakang warna merah untuk POLTEKIP dan warna biru untuk POLTEKIM, berukuran 3 x 4.

l. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran I dari Panselnas (asli).

m. Khusus bagi peserta lulusan SMA Sederajat Tahun 2017, persyaratan pada huruf c dan d dapat digantikan dengan Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah masing-masing (asli).


5. Persyaratan Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Pada Tahun Akademik 2017/2018 mengundang para pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi pemerinaam menjadi tahuna sekolah tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dengan Ketentuan sebagai berikut;


Jenjang dan Program Studi;

Jenjang Sarjana Terapan dengan program studi;

1. Meteorologi

2. Klimatologi

3. Geofisika

4. Instrumentasi-MKG


Persyaratan Calon Taruna STMKG:

Persyaratan Umum:

  1. WNI
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada 1 september 2017
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan
  5. Bebas Narkoba
  6. Tinggi badan minimal 163 untuk pria dan 155 untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  7. Bersedia bekerja di BMKG dengan ketentuan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Persyaratan Akademik:
  1. Lulus/akan lulus SMA sederajat, SMK (Teknik elektro Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer dan Jaringan)
  2. Nilai raport untuk 3 semester terakhir (3,4,5) pada mata pelajaran (Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris Masing-Masing minimal 70.
  3. Bagi yang sudah lulus SMA sederajat nilai 2 semester sama dengan point atas



 6. Persyaratan Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas IPDN 2017

Menysul Surat Edaran Menteri Dalam negeri Nomor892.1/811/SJ tanggal 9 Februari 2017 tentang Seleksi Penerimaan Calon PrajaInstitut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2017, Menindak lanjuti Surat Menpan-RB nomor B/115/M.SM.01.00/2017 tanggal 28 Februari 2017 hal Persetujuan prinsip tambahan kebutuhan CPNS siswa/siswi IPDN Tahun anggaran 2017/2018, serta implementasi Peraturan Pemerintah nomor 63 tahun 2016 tentang Jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Badan kepegawaian negara, berama disampaikan perubahan jadual seleksi penerimaan calon paraja IPDN tahun 2017 sebagamana terlampir dalam lampiran Surat Edaran ini yang merupakan bagian tidak terpisahkan dan lebih lanjut dapat dilihat pada website: http://kemendagri.go.id an http://spcp.ipdn.ac.id


Untuk proses pendaftarannya melalui website: http://panselnas.id



7. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT (STTD)

SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT (STTD) - KEMENTERIAN PERHUBUNGAN, MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA PUTRA PUTRI TERBAIK UNTUK MENGIKUTI SELEKSI CALON TARUNA TAHUN AJARAN 2017/2018 MELALUI MEKANISME POLA PEMBIBITAN. ADAPUN PROGRAM STUDI DAN PERSYARATAN SEBAGAI BERIKUT :


PERSYARATAN PENDAFTARAN :
1. Merupakan putra/putri daerah yang menjalin kerjasama Pola Pembibitan dengan STTD (daftar daerah sesuai poin E);
2. Usiamaksimum 23tahunpadabulan September 2017;
3. JenisKelamin : Pria / Wanita;
4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat pernyata an;
5. Tinggi badan minimal Pria : 165 cm danWanita : 160 cm;
6. Rata-rata NilaiRaport minimal 7 (tujuh) untuk matapelajaran Matematika dan Fisika mulai semester 1 sd 5;
7. Melampirkan Pas Photo terbaruukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakangmerah, Ijazah/STTB, nilai UN, AkteKelahiran/Surat Keterangan Lahirdan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa;
8. Bagi yang masihduduk di Kelas XII SLTA, melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
9. Sehat Jasmani dan Rohani, tidak buta warna dan tidak menggunakan kacamata (lensa kontak).

LAIN – LAIN

1. Jadwal tahapan seleksi akan diumumkan melalui website http:// sipencatar.dephub.go.id;

2. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan CalonTaruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan;

3. Biaya pendaftaransebesar Rp 150.000, dan uang yang sudah disetorkan tidakdapatditarikkembali;

4. Total biaya seleksiseluruhtahapan Rp. 1.850.000;

5. Tahapan seleksi menggunakan sistem gugur.

6. Hasil Seleksi tiap tahapan akan diumumkan pada website Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id), BPSDMP (bpsdm.dephub.go.id)dan SIPENCATAR KEMENHUB (http://sipencatar.dephub.go.id);




8. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara.

Alamat: Sumur Batu, Babakan Madang, Sumur Batu, Bogor, Jawa Barat 16810, Indonesia


UNTUK SELURUH CALON MAHASISWA STIN YANG SUDAH MELAKUKAN REGISTRASI PENDAFTARAN ONLINE DI www.panselnas.id DAN SUDAH MENERIMA NOTIFIKASI EMAIL BISA LOG-IN KEMBALI UNTUK MELENGKAPI DATA DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI DI pmb.stin.ac.id DENGAN MENGGUNAKAN.

USERNAME : (NIK YANG SUDAH DIDAFTARKAN KETIKA REGISTRASI DI www.panselnas.id)

PASSWORD : (PASSWORD YANG SUDAH DIBUAT KETIKA REGISTRASI DI www.panselnas.id)

Demikianlah tadi, beberapa daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas yang membuka pendaftaran untuk Pendidikan Ikatan Dinas Pada Tahun 2017/2018. Anda bisa memilih salah satu dari instansi/lembaga tersebut. Apabila niatan Anda sudah mantab, selanjutnya silahkan langsung saja mendaftar pada Lembaga pendidikan Kedinasan yang membuka pendaftaran tahun 2017/2018. Selamat Mencoba, Semoga Anda bisa Beruntung.

Subscribe to receive free email updates: