Download Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kelas 8 K13 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kelas 8 K13 Edisi Revisi 2017. Bagi para guru yang masih bingung belum memiliki buku pegangan guru / buku panduan untuk mengajar peserta didiknya Anda bisa download Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kelas 8 / VIII edisi Revisi Tahun 2017 pada artikel ini. Apalagi pada tahun ajaran 2017/2018 ini masih banyak siswa dan guru yang bingung mencari buku guru dan siswa K13 edisi revisi 2017. Sebelumnya, kami membagikan file Buku Guru dan Buku Siswa untuk SMP/MTs kelas 8 ini dengan tujuan untuk berbagi bersama tanpa ada niatan apapun. Sehingga para guru mendapatkan kemudahan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya bagi peserta didik tempat mereka mengajar setiap hari. Semoga file buku yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan dipergunakan untuk kegiatan yang positif.

Download Download Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kelas 8 K13 Edisi Revisi 2017

Kumpulan Buku Guru dan Buku Siswa SMP kelas 8 edisi revisi 2017 Semua Mata Pelajaran. Anda bisa langsung mendownload buku paket K13 tersebut pada link download yang terdapat pada paling bawah artikel ini. Pada buku guru dan siswa yang diterbitkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan percetakan yang telah ditunjuknya tersebut, sudah mempunyai disclaimer untuk produk buku tersebut, diantaranya berbunyi sebagai berikut:

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Buku Guru dan Buku Siswa yang dapat Anda download adalah :
Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKN,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKN,  Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Buku Guru Kelas 8 Semester 1 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA,  Buku Siswa Kelas 8 Semester 1 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA,  Buku Siswa Kelas 8 Semester 2 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS,  Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PJOK,  Buku Siwa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PJOK, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya, Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya,  Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya,  Buku Siswa Kelas 8 Semester 1 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya,  Buku Siswa Kelas 8 Semester 2 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya,  Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Kristen,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Kristen, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Katolik,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Katolik,  Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Budha,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Budha, Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Khonghucu,  Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Khonghucu,  Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Hindu dan Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Hindu

Berikut ini adalah contoh isi dan penjelasan yang berada dalam buku Guru salah satu mata pelajaran PPKn di SMP kelas 8.
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.
Buku ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting, guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2016/2017 dan seterusnya. 
Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Buku Siswa:
Buku Siswa adalah buku pegangan siswa atau buku yang diberikan kepada siswa supaya siswa dapat mempelajari materi pembelajaran yang diberikan oleh para guru di kelas. BUku ini juga dicetak langsung oleh Mendikbud dan memiliki disclaimer yang berbunyi sebagai berikut:
implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2016/2017 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Adapun cuplikan isi dari buku siswa tersebut salah satunya dari satu materi pembelajaran:
Pancasila sebagai Dasar Negara

Semua negara di dunia haruslah memiliki dasar atau fondasi negara. Fondasi ter- sebut berupa ciri, cita-cita, acuan, dan tujuan yang akan dicapai suatu negara yang tentunya berbeda dari negara lain. Para pendiri negara Republik Indonesia sudah dengan jelas menyatakan bahwa bangsa Indonesia membutuhkan sebuah dasar bagi
penyelenggaraan negara. Dasar tersebut dijadikan tujuan, cita-cita, dan acuan yang ingin dicapai atau disebut dengan pandangan hidup bangsa dan ideologi negara.
Latar belakang Pancasila sebagai dasar negara tidak dapat dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan berlangsung selama berabad- abad. Sebelumnya di kelas VII, kalian telah memahami BPUPKI menyusun Pancasila dan suasana serta semangat para pendiri negara dalam menetapkan Pancasila dalam Sidang PPKI.

Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pertanyaan dan pemikiran
tentang dasar negara apa yang akan dijadikan dasar Indonesia merdeka. Pertanyaan
dan pemikiran Soekarno tergambar dalam kutipan Pidato Ir. Soekarno seperti
berikut ini.

”Saja mengerti apakah jang paduka Tuan ketua kehendaki! Paduka Tuan ketua minta dasar, minta philosophi grondslag, atau djikalau kita boleh menggunakan perkataan jang muluk-muluk, Paduka tuan Ketua jang mulia meminta suatu ”weltanschauung” di atas mana kita mendirikan Negara Indonesia itu... Apakah ”weltanschauung” kita, djikalau kita hendak mendirikan Indonesia yang merdeka”.

Pertanyaan dan pemikiran para pendiri negara mengenai apakah dasar negara Indonesia merdeka. Berhasil dijawab oleh para pendiri negara dalam Sidang BPUPKI dan PPKI dengan merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara termaktub dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat terdapat rumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pancasila disebut juga sebagai dasar falsafah negara (philosofische Grondslag) dan ideologi negara (staatidee). Dalam hal ini, Pancasila berfungsi sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara dinyatakan secara jelas dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi ”...maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada...”

Rumusan Pancasila yang terdapat dalam alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara yuridis-konstitusional sah, berlaku, dan mengikat seluruh lembaga negara, lembaga masyarakat, dan setiap warga negara, tanpa kecuali. Rumusan lengkap sila dalam Pancasila telah dimuat dalam Instruksi Presiden RI Nomor 12 Tahun 1968 tanggal 13 April 1968 tentang Tata Urutan dan Rumusan dalam Penulisan/Pembacaan/Pengucapan Sila-Sila Pancasila, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Peneguhan Pancasila sebagai dasar negara sebagaimana terdapat pada Pem-bukaan, juga dimuat dalam Ketetapan MPR Nomor XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR Nomor II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetya Pancakarsa) dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. Status ketetapan MPR tersebut saat ini sudah masuk dalam kategori Ketetapan MPR yang tidak perlu dilakukan tindakan hukum lebih lanjut, baik karena bersifat einmalig (sekali), telah dicabut, maupun telah selesai dilaksanakan.
......... dst.
Download Juga: Buku Guru dan Buku Siswa SMP Kelas 7 K13 Edisi Revisi 2017 Semua Mata Pelajaran
Itulah tadi beberapa cuplikan dari isi Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTS.

Link Download:
 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKN
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKN

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

 Buku Guru Kelas 8 Semester 1 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA
 Buku Siswa Kelas 8 Semester 1 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA
 Buku Siswa Kelas 8 Semester 2 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PJOK
 Buku Siwa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PJOK

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya
 Buku Siswa Kelas 8 Semester 1 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya
 Buku Siswa Kelas 8 Semester 2 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Kristen
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Kristen

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Katolik
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Katolik

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Budha
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Budha

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Khonghucu
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Khonghucu

 Buku Guru Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Hindu
 Buku Siswa Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Agama Hindu

Subscribe to receive free email updates: