Download Pidato / Sambutan Upacara Hari Guru 2018 dan HUT PGRI Ke-73

Download Pidato / Sambutan Hari Guru dan HUT PGRI Ke-73 Tahun 2018. Pada kesempata ini kami akan membagikan file Naskah Pidato atau Sambutan di Upacara Bendera Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-73 di tahun 2018 ini. Seperti biasanya setiap tanggal 25 Nopember akan diperingati sebagai Hari Ulang Tahun PGRI dan juga sebagai Hari Guru Nasional. Maka dari itu, untuk membantu para panitia pelaksanaan upacara kami akan membagikan file yang bisa digunakan sebagai persiapan pelaksanaan yaitu file Pidato dan beberapa contoh Sambutan yang biasa digunakan untuk Upacara Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI. 


Naskah Pidato / Sambutan HUT PGRI Ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018. Anda bisa langsung mendownload secara gratis tanpa bayar file pidato atau contoh sambutan dari Bapak Presiden Joko Widodo maupun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada artikel di website ini. Untuk mendownloadnya Anda hanya perlu mengklik link download dan mengikuti proses download selanjutnya. Namun, sebelum Anda mendownload beberapa file pidato dan sambutan, Anda juga dapat melihat contoh isinya pada tulisan di bawah ini:



PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Pada Upacara  Hari Guru Nasional, 25 November 2018

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu,

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Dengan mengucap alhamdulillah, marilah kita peringati Hari Guru Nasional tahun 2018  ini  dengan  penuh  rasa  syukur  ke  hadirat  Allah  Swt.,  Tuhan  yang  Maha Kuasa,  karena rahmat dan anugerah-Nyalah hari ini kita masih bisa berkhidmat dan mengabdikan diri di dunia pendidikan demi kemajuan dan kecerdasan putraputri bangsa Indonesia.
Atas nama pribadi dan pemerintah,  saya menyampaikan ucapan selamat kepada semua guru dan tenaga kependidikan Indonesia, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri.  Terima  kasih dan penghargaan  yang  setinggi-tingginya  juga kami sampaikan  atas  dedikasi,  komitmen,  dan  segala  ikhtiar  yang  telah  dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam kesempatan yang sangat baik ini pula,  mari  kita  berdoa,  semoga  martabat  guru  semakin  dijunjung  tinggi  seiring dengan  meningkatnya  profesionalisme,  yang  diikuti  dengan  peningkatan kesejahteraan, dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya.

Selengkapnya Silahkan langsung Download pada link download di paling bawah.

Contoh Sambutan Ketua Umum PGRI.

SAMBUTAN KETUA UMUM PENGURUS BESAR PGRI PADA UPACARA HARI ULANG TAHUN KE-73 PGRI DAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2018

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Selamat Pagi (siang), Salam Sejahtera, Shalom, Om Swastiastu, Namo Budhaya, Salam Kebajikan.

Yang saya hormati,

Bapak/Ibu Gubernur, Bupati,Walikota, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota, Anggota Forkompimda, Dewan Pendidikan, para undangan, Segenap Pengurus PGRI, serta anggota PGRI di seluruh tanah air yang berbahagia,

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karuniaNya, kita bersama-sama dapat melaksanakan upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 PGRI.
Bapak/Ibu, para guru anggota PGRI dan hadirin yang saya hormati,

Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang juga merupakan Hari Ulang Tahun PGRI sesuai Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Penetapan ini diperkuat dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pada setiap tahun, di seluruh pelosok negeri, di sekolah-sekolah dan kantor pemerintahan, kita semua bersama-sama memperingati HGN dan HUT PGRI dengan hidmat.

Dengan dijiwai semangat proklamasi 17 Agustus 1945, PGRI lahir di bawah panji perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. PGRI hadir bukan hanya

ikut serta memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetapi juga berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, sekaligus berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat guru.
Bapak Ibu, para guru, dan hadirin yang saya hormati,

Dan seterusnya... (silahkan langsung download)

 Beberapa Contoh Pidato / Sambutan Upacara Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI.

 PIDATO HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI


Bismillahirahmannirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om swastiastu.


Ibu dan Bapak Guru, Para Pamong dan Tenaga Kependidikan yang saya hormati,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT / Tuhan YME atas beberapa nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada hari ini kita semua masih dapat melaksanakan upacara dalam memperingati Hari Guru Nasional dan memperingati Hari Ulang Tahun PGRI Ke-72 dengan aman dan tertib.

Bapak ibu guru yang kami hormati,
Pada kesempatan ini kami turut serta mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru-guru dan tenaga kependidikan disini dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam kesempatan ini pula, kami turut mengucapkan selamat memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI yang Ke-72.

Tema pada peringatan hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI yang ke-72 ini adalah “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter”.

Sesuai dengan tema pada Hari Guru tahun ini, marilah kita semua sebagai guru dalam mendidik siswa di sekolah harus menerapkan asas disiplin dan menjadi seorang guru/pendidik yang mempunyai prilaku baik sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didiknya. Guru adalah seorang panuta bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, dalam bahasa jawa ada istilah “guru diguru lan ditiru”, itu mempunyai arti bahwa seorang guru itu dipercaya oleh muridnya dan diikuti setiap tindak tanduknya. Berarti apapun yang dikatakan oleh seorang guru pasti akan dipercaya oleh muridnya, dan apapun yang lakukan oleh guru dalam mendidik pasti akan diikuti juga oleh muridnya.

Bapak ibu guru yang berbahagia,
Pada 25 November  2017  ini PGRI  genap berusia  72  tahun.  Usia yang cukup  matang  dan  dewasa  bagi  sebuah  organisasi.  Selama  kurun waktu tersebut, banyak pengabdian yang telah disumbangkan, banyak aktivitas  yang  telah  dilaksanakan,  banyak  perjuangan  yang  telah dikerjakan,  banyak  kegiatan  perlindungan  terhadap  anggota  yang telah diberikan. Di samping itu, telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapinya.

Peringatan  HUT  ke-72  PGRI  dan  Hari  Guru  Nasional  tahun  ini  akan diadakan  sejumlah  kegiatan  yang direncanakan  berlangsung sebelum bulan  November  2017.   Melalui  kegiatan  di  berbagai  tingkat  dan jenjang  ini  diharapkan  mampu  meningkatkan  eksistensi  PGRI, menjadikan  PGRI  sebagai  organisasi  profesi,  serta  membangun solidaritas  dan  kesetiakawanan  anggota.  Selain  itu  juga  diharapkanmampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam  memuliakan guru  dan meningkatkan mutu  pendidikan  di  Indonesia,  termasuk  menjadikan  PGRI  sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Selamat berhari Guru, harinya orang-orang mulia yang menyiapkan generasi masa depan yang Iebih cemerlang. Insya-Allah kita semua akan dimuliakan oleh Yang Maha Mulia. Jadilah guru berkemajuan. Ayo hormati guru!

Terimakasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pada Hari Guru dan HUT PGRI

Sambutan / Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Pada Upacara Hari Guru Nasional dan HUT PGRI

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sejahtera,

Ibu dan Bapak Guru, Para Pamong dan Tenaga Kependidikan yang saya hormati,

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah mentakdirkan kita sebagai hamba pengabdi di dunia pendidikan, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita masih bisa menjalankan pengabdian di dunia pendidikan dengan baik.
Perkenankan saya atas nama pribadi dan pemerintah, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, pamong dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam kesempatan ini pula, saya ucapkan selamat memperingati Hari Guru Nasional
Guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. Berbanggalah menjadi seorang guru. Sebab di tangan para Guru, Pamong, dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan. Melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar, kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru.

Sejak ditetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Namun demikian bukan berarti sebelum itu para guru bekerja secara tidak profesional. Harus diakui bahwa hingga kini profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Masih diperlukan upaya-upaya yang Iebih keras agar pekerjaan guru di Negara kita betul-betul sebagai pekerjaan professional di masa yang akandatang.
Pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru itu sendiri.
Pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru itu sendiri.

Ibu dan Bapak Guru yang saya hormati,
Pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Saya berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa. Kedepan perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri.

Profesionalisme guru, khususnya berkaitan dengan pengembangan keprofesian dan karirnya makin terus ditumbuhkembangkan. Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan. Peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional.
Download Juga: Doa Upacara Hari Guru dan HUT PGRI Tahun 2018
Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Selamat berhari Guru, harinya orang-orang mulia yang menyiapkan generasi masa depan yang Iebih cemerlang. Insya-Allah kita semua akan dimuliakan oleh Yang Maha Mulia. Jadilah guru berkemajuan. Ayo hormati guru!
Terimakasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

PIDATO MENDIKBUD di UPACARA HARI GURU TAHUN 2017
 

Subscribe to receive free email updates: