Download Soal UAS Matematika SMA Kelas X, XI dan XII Semester 1 2018/2019

Download Soal UAS Matematika SMA Kelas X, XI dan XII Semester 1 2018/2019. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Kumpulan Soal UAS Matematika Semester 1 untuk jenjang SMA Kelas X, XI dan XII. Soal ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan soal UAS oleh para guru yang mengajar di masing-masing sekolah. Namun, soal-soal ini juga dapat dijadikan sebagai latihan oleh para siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat untuk persiapan menghadapi Ulangan AKhir Semester di sekolahnya masing-masing. Anda cukup dapat langsung mendownloadnya pada link download di paling bawah artikel ini. Setelah itu Anda dapat mempelajarinya di rumah dengan guru pembimbing ataupun sendirian. Tentunya harus dengan berpatokan kepada buku paket, untuk lebih memantapkan materinya. Di dalam artikel kumpulan soal ini terdapat beberapa soal UAS Matematika, diantaranya adalah: Soal UAS Semester 1 Matematika Kelas X, Soal UAS Semester 1 Matematika Kelas XI dan  Soal UAS Semester 1 Matematika Kelas XII.


Download Soal Matematika UAS Semester 1 SMA Kelas X, XI dan XII 2018/2019. Pada tahun ajaran 2018/2019 ini memang rencana pelaksanaan UAS akan dilaksanakan pada bulan november atau desember tahun 2018. Ada beberapa sekolah yang memang sengaja diajukan pelaksanaan UAS, ada juga yang mengikuti kalender pendidikan yang sudah diterbitkan oleh dinas provinsi masing-masing daerah. Yang jelas, sebelum pelaksanaan UAS ini dimulai, para guru biasanya sangat sibuk sekali mempersiapkan soal-soal yang kemungkinan akan dikeluarkan dalam UAS mendatang.

Review Materi Matematika SMA Kelas X, XI dan XII.
Kerangka Pengembangan Kurikulum Matematika Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

Pengembangan kurikulum Matematika ke depan diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun kreativitas, kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi atau bekerjasama dan keterampilan berkomunikasi. Selain itu, pengembangan kurikulum matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).

Kompetensi Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK sebagai berikut:
Aljabar
Menggunakan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak, sistem persamaan linear tiga variabel, fungsi, logika matematika, induksi matematika, program linear dua variabel, matriks, barisan dan deret dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
Geometri
Menggunakan matriks pada transformasi geometri, bidang datar, tranformasi geometri, geometri ruang dalam pemecahan masalah
Statistika dan Peluang
Menggunakan statistik deskriptif dari data berkelompok, kaidah pencacahan, dan peluang dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Trigonometri
Menggunakan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut-sudut yang berelasi, identitas, aturan sinus dan cosinus, fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
Kalkulus
Menggunakan limit, turunan, dan integral tak tentu fungsi aljabar dalam pemecahan masalah.

Peta materi pada mata pelajaran Matematika SMA/SMK/MA/MAK sebagai berikut:
Aljabar
Menggunakan aljabar yang meliputi: persamaan dan pertidaksamaan linear nilai mutlak, sistem persamaan linear tiga variabel, fungsi (relasi dan fungsi, komposisi fungsi polinomial dan fungsi rasional, fungsi invers), logika matematika (dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal penalaran induktif, deduktif, dan penyangkal untuk menguji validitas argument, induksi matematika), pertidaksamaan linear dua variabel, program linear, matriks (ordo, jenis, operasi, transpos, determinan, sifat determinan, invers e untuk matriks berordo 3×3), pola bilangan, barisan dan deret (aritmetika, geometri, dan deret tak hingga) Menggunakan aljabar meliputi: sistem persamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat), sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) , fungsi eksponensial dan logaritma, pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional, skalar, vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua dan tiga, polinomial dan operasi pada polinomial (penjumlahan, pengurangan, dan perkalian), keterbagian, dalil sisa dan faktorisasi polinomial.

Geometri dan Pengukuran 
Menggunakan geometri yang meliputi transformasi geometri dengan matriks, geometri bidang datar, (kesebangunan dan kekongruenan, garis istimewa), tranformasi geometri, dan geometri ruang tiga dimensi (jarak dalam ruang) Menggunakan geometri yang meliputi: irisan kerucut (lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola), hubungan antar lingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan dua lingkaran.
Statistika dan Peluang Menggunakan statistika yang meliputi: statistika (ukuran pemusatan dan penyebaran data) yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram, serta kaidah pencacahan (penjumlahan, perkalian, permutasi, kombinasi)peluang Menggunakan statistik inferensial yang meliputi distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial, karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data berdistribusi normal

Trigonometri
Menggunakan trigonometri yang meliputi: pengukuran sudut,perbandingan trigonometri sudut sudut, berelasi identitas trigonometri, aturan sinus dan cosinus serta fungsi trigonometri Menggunakan trigonometri yang meliputi persamaan trigonometri, rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus, perubahan rumus perkalian menjadi jumlah dan selisih serta penerapannya Kalkulus Menggunakan kalkulus yang meliputi: limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar (perkalian, pembagian, aturan rantai (chain rule)) dan integral tak tentu turunan fungsi trigonometri, keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri, keberkaitan turunan kedua suatu fungsi dengan titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi trigonometri

Kalkulus
Menggunakan kalkulus yang meliputi: jumlah Riemann untuk menghampiri luas daerah tertutup, teorema dasar kalkulus yang mengaitkan integral tentu dan integral, kaitan luas daerah yang dibatasi fungsi aljabar , asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, limit di ketakhinggaan untuk fungsi aljabar dan trigonometri, turunan pertama trigonometri, diferensial lanjut trigonometri (maksimum, minimum, garis singgung fungsi trigonometri) kemonotonan, titik belok, selang kecekungan).

Link Download:

Soal UAS Semester 1 Matematika Kelas X model A

Subscribe to receive free email updates: