SOAL UAS PPKN Kelas X, XI, XII Semester 1 2018/2019 dan Jawaban

SOAL UAS PPKN Kelas X, XI, XII Semester 1 2018/2019. Pada kesempatan ini, kami ingin berbagi file Soal dan Jawaban PPKn untuk UAS Semester 1 Kelas X, XI dan XII yang bisa digunakan untuk bahan referensi UAS Semester 1 di tahun ajaran 2018/2019 ini. Menjelang Ulangan Akhir Semester 1 Tahun ajaran 2018/2019 ini, biasanya para guru sudah sangat sibuk sekali mempersiapkan kartu soal dan kisi-kisi soal UAS yang rencananya akan dikeluarkan untuk UAS Semester 1 Tahun ajaran 2018/2019 depan. Dimana pada tahun pelajaran 2018/2019 ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan sebutan K13. Selain itu, soal-soal ini juga bisa digunakan oleh para siswa di kelas X, kelas XI dan kelas XII yang akan menghadapi ulangan akhir semester. Dengan melakukan sering-sering banyak latihan mengerjakan soal UAS semester 1 PPKN kelas X, XI dan XII maka peserta didik akan lebih mudah menghadapi soal yang keluar saat UAS berjalan. 


Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas X, XI, XII tahun ajaran 2018/2019 Kurikulum 2013. Pada file kumpulan soal PPKn atau Soal PKN UAS Semester 1 Kelas X, XI dan XII ini terdapat pulan kunci jawaban dan pembahasan yang disertakan dalam file tersebut. selain itu, juga terdapat beberapa contoh kartu soal dan kisi-kisi yang akan kami bagikan supaya untuk mempermudah para guru dalam menyusun soal UAS di tahun pelajaran ini. Ada beberapa tipe soal yang kami sediakan dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan soal untuk peserta didik di masing-masing sekolah Anda.

Beberapa review materi pelajaran PPKN di SMA/MK/MA kelas X, XI dan XII.
Pendidikan PPKn di SMA/MA/SMK/MAK  diharapkan dapat berfungsi sebagai menjadi wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan sikap kewarganegaraan, pengetahuan kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari–hari. Pendidikan PPKn di SMA/MA/SMK/MAK  menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu memahami, meneledani, dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari berdasarkan pengetahuan yang dipelajari. 

Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Dasar dan Menengah untuk ruang lingkup Pancasila adalah:
  • Menghayati dan bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; Menganalisis dan menerapkan keputusan bersama berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mensyukuri dan mendukung perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara; Menganalisis  dan mendemonstrasikan langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Menghayati dan menghargai nilai-nilai yang melekat dalam pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban  warga negara sesuai dengan  Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; Menganalisis dan menyaji nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kompetensi yang harus dicapai peserta didik setelah mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan sebagai berikut:

Pancasila   

Menghayati, menghargai, menganalisis dan menyaji nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945   
Mensyukuri, mendukung, memprediksi dan menalar hasil evaluasi praksis  (kehidupan  nyata) pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Bhinneka Tunggal Ika   
Menghayati, membedakan, mengkontraskan dan menyaji hasil evaluasi  pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Negara Kesatuan Republik Indonesia    
Mengembangkan, mempertahankan, mengevaluasi dan mendemonstrasikan dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

KOMPETENSI INTI SMA/MA/SMK/MAK KELAS X XI dan XII
Kelas X
  • KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI.2  Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kelas XI
  • KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI.2  Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI.3  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta  mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kelas XII
  • KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
  • KI.2  Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI.4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Peta Materi PPKn SMA/MA/SMK/MAK

Kelas X
  1. Nilai-Nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara.
  2. Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan  
  3. Kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  5. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  6. Indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, social, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  7. Arti pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kelas XI
  1. Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif  Pancasila.
  2. Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4. Dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  5. Kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  6. Faktor pedorong dan   penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kelas XII
  1. Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
  2. Pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
  3. Pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEKterhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  4. Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Link Download: 


Soal UAS PKN X SMA :

Soal UAS PKN XII SMA:
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas XII

Subscribe to receive free email updates: