Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018

Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Selamat datang, pada kesempatan ini kami akan membagikan file Kumpulan Silabus Terbaru dan Terlengkap untuk SD/MI kurikulum 2013 tahun ajaran 2017/2018. Menjelang masuknya awal semester baru baik semester 1 maupun semester 2 para guru mempunyai tugas yang juga harus dituntaskan, yaitu mereka harus menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Prosem, Silabus, dan RPP. Hal yang paling rumit yang harus dibuat oleh para guru adalah membuat sebuah RPP yang mengacu pada silabus yang sudah ditentukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Download Kumpulan Silabus SD/MI Terbaru. Pada artikel ini akan kami sediakan beberapa link download untuk menuju ke file Silabus yang anda cari. Ada beberapa silabus yang bisa Anda download di sini. File silabus yang anda download ada yang berupa file microsoft word, ada juga yang berupa file .pdf, tergantung dari mata pelajaran yang sesuai dengan pengajaran anda. File silabus ini juga hanya tidak diperuntukkan oleh para guru yang mengajar saja. Para peserta didik juga dapat melihat silabus guna untuk mengetahui peta kompetensi yang harus mereka miliki untuk menghadapi ujian akhir semester.


Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Berdasarkan perrmendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, komponen silabus meliputi:
a. Identitas Mata Pelajaran
(1) Identitas Mata Pelajaran; tulislah mata pelajaran PPKn
(2) Identitas Sekolah; tulislah nama sekolah saudara dan kelas,
(3) Program Studi; tulislah nama program studi yang akan disusun silabusnya.
(4) Kelas/semester; tulislah kelas dan semester dimana silabus ini akan
dikembangkan.

b. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.
Kompetensi inti bisa dikutip dari permendikbud No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20.

c. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh siswa atau kemampuan minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari standar kompetensi untuk suatu mata pelajaran.

d. Materi Pokok dan Uraian materi
Adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana pencapaian Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran.

e. Kegiatan Pembelajaran atau Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar adalah kegiatan fisik maupun mental yang perlu dilakukan oleh siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan materi pokok. Kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan yang dil akukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan Berbagai alternatif pengalaman belajar dapat dipilih sesuai dengan jenis ompetensi serta materi yang dipelajari. Dengan demikian pengalaman belajar menunjukkan aktivitas yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk mencapai kompetensi dasar

f. Penilaian
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Bentuk penilaian berbasis kelas dapat dilakukan melalui tes maupun non tes. Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis dan perbuatan, sedangkan bentuk penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan jurnal, lembar observasi, skala sikap, cek list, kuesioner, observasi, studi kasus dan portofolio .

g. Alokasi Waktu
Alokasi waktu pembelajaran suatu kompetensi dasar tertentu diperhitungkan berdasarkan analisis dan atau pengalaman penggunaan jam pelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar di kelas. Jadi alokasi waktu berisi perkiraan alokasi waktu yang akan digunakan dalan mencapai kompetensi yang diharapkan.

h. Sumber Belajar
Dalam proses belajar mengajar, sarana pembelajaran sangat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sarana pembelajaran dalam uraian ini lebih ditekankan pada sarana dalam arti media/alat peraga.

Download Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Pada artikel ini akan kami bagikan beberapa file silabus diantaranya adalah: Silabus Terbaru SD Tematik Terpadu, Silabus SD/MI Pendidikan Agama Islam (PAI), Silabus SD/MI Bahasa Indonesia, Silabus SD/MI PPKn, Silabus SD/MI Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Silabus SD/MI Seni budaya, Silabus SD/MI Ilmu pengetahuan Sosial (IPS), Silabus SD/MI Ilmu pengetahuan Alam (IPA) dan Silabus Terbaru SD/MI Matematika.

Link Download:

Subscribe to receive free email updates: