Pedoman Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017 (ke-69)

Pedoman Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017. Dalam rangka menyambut Hari Bela Negara Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2017, kami akan membagikan Pedoman Peringatan Hari Bela Negara Ke-69 Tahun 2017 yang berasal dari Surat Menteri Pertahanan Republik Indonesia kepada Menteri Dalam Negeri bahwa dalam rangka menyambut peringatan hari bela negara tahun ini supaya melaksanakan upacara bendera di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia. Biasanya para panitia pelaksanaan upacara bendera di tiap instansi sangat sibuk sekali mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan upacara peringatan sebelum hari pelaksanaan. Maka dari itu, kami akan membagikan file yang berisi pedoman peringatan hari bela negara tahun 2017 ini. 


Download Pedoman Peringatan ke-69 Hari Bela Negara Tahun 2017. Anda dapat mendownload file pedoman tersebut pada artikel ini. Namun, kami juga akan mencantumkan cuplikan isinya di bawah ini. Jadi, sebelum mendownload file tersebut anda juga dapat melihat inti dari informasi yang terdapat dalam file pedoman tersebut. Informasi yang disampaikan mengenai urutan pelaksanaan upacara bendera hingga pada lampiran-lampiran yang berupa Ikrar bela negara dan contoh-contoh format spanduk dan banner yang dapat dipasang di tiap-tiap instansi di provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia. 

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari file Pedoman Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017:

Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017

1. Dasar
a. Pasal 27 ayal (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik lndonesia Tahun 1945, mengamanatkan bahwa "Setiap Warga Negara Berhak dan Wajib ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara".
b. Pasal 9 ayat (1) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, mengamanatkan bahwa: Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang di wujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.
c. Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 tentang Penetapan ranggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara.

2. Sehubungan dengan dasar di atas, disampaikan bahwa Kementerian Pertahanan RI akan melaksanakan kegiatan Peringatan ke 69 Hari Bela Negara yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2017, kegiatan ini sebagai tindak lanjut Gerakan Nasional Bela Negara yang telah dicanangkan oleh Presiden Rl Bapak lr. Joko Widodo pada tahun 2014 yang lalu. Dalam Peringatarr ke 69 Hari Bela Negara tersebut dilaksanakan kegiatan sebagai berikut:
a. Upacara Peringatan Hari Bela Negara yang dilaksanakan secara serentak di tingkat Provinsi dan KabupateniKota Seluruh lndonesia pada tanggal 19 Desember 2017, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa sebagai Peserta Upacara dengan lnspektur Upacara Kepala Daerah.

b. Dalam rangka menyongsong Peringatan ke 69 Hari Bela Negara, diselenggarakan kegiatan Gelar Parade Budaya dan Senr Nasronal di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 6 Desember 2017 yang diikuti oleh seluruh Provinsi Seluruh lndonesia sebagai peserta Gelar Parade Budaya dan Seni Nasional

3. Berkaitan dengan hal tersebut, mohon Bapak Mendagri berkenan menyampaikan dan menghimbau kepada Gubernur/BupatiAtValikota di seluruh lndonesia untuk melaksanakan beberapa kegiatan sebagai berikut:
a. Mengirimkan penwakilannya untuk tampil sebagai peserta dalam pagelaran
Parade Budaya dan Seni Nasional di Manado Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 6 Desember 2017. ( Kontak Person Panitia di Manado, Bpk Steven Liouw 082197212345 )
b. Melaksanakan Upacara Peringatan ke 69 Hari Bela Negara pada tanggal 19 Desember 2017, yang dilaksanakan di masing-masing Daerah provinsi/ Kabupaten Kota dengan dipimpin oleh Kepala Daerah dengan susunan acara terlampir.
c. Memasang Banner, spanduk dan/atau baliho pada Peringatan ke 69 Hari Bela Negara mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Desember 2017 yang bertemakan "Tiada Hari Tanpa Bela Negara" (contoh Banner berdiri dan spanduk serta Slogan/tagline terlampir).

Demikian atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

URUTAN UPACARA
PERINGATAN KE 69 HARI BELA NEGARA 2017

A. ACARA PERSIAPAN
1. PersiaPan Pasukan
2. Pasukan Upacara memasuki Tempat Upacara
3. Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara

B. ACARA PENDAHULUAN
  1. Laporan Penvira Upacara kepada lnspektur Upacara
  2. lnspektur Upacara menuju Mimbar Upacara
Download Juga: Doa Upacara Peringatan Hari Bela Negara 2017
C. ACARA POKOK
  1. Penghormatan Pasukan
  2. Laporan Komandan Upacara kepada lnspektur Upacara
  3. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh lnspektur Upacara
  4. Pembacaan lkrar Bela Negara oleh Perwakilan yang ditunjuk
  5. Amanat lnspektur Upacara (membacakan Amanat Presiden Rl)
  6. Menyanyikan Mars Bela Negara oleh seluruh peserta
  7. Pembacaan Doa
  8. Laporan Komandan Upacara kepada lnspektur Upacara
  9. Penghormatan Pasukan kepada lnspektur Upacara
  10. lnspektur Upacara meninggalkan Mimbar Upacara
  11. Komandan Upacara meninggalkan Lapangan Upacara
  12. Upacara Selesai

D. ACARA TAMBAHAN (dapat dikembangkan sesuai dengan potensi Daerah) Acara tambahan dapat berupa panggung budaya dan seni, demontrasi atau acara lainnya sesuai dengan kesiapan dan kemampuan Daerah.
Download juga: Pidato Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017
IKRAR BELA NEGARA

KAMI WARGA NEGARA INDONESIA, MENYADARI SEPENUHNYA BAHWA' I]ALAM RANGKA MENJAGA KEDAULATAN NEGARA, KEUTUHAN WILAYAH, DAN KESELAMATAN BANGSA DEMI KELANGSUNGAN HIDUP NEGARA I(ESATUAN REPUBLIK INDONESIA, BERJANJI IJNTUK SELALU BERSIKAP DAN BERPERILAKU :
1. MENCINTAI TANAH AIR
2 MEMILIKI KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
3. SETIA PADA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
4. RELA BERKORBAN BAGI BANGSA DAN NEGARA
5 MEMILIKI KEMAMPUAN AWAL BELA NEGARA

Mars Bela Negara
Download DISINI

Contoh Banner, Spanduk dan Slogan/Tagline Peringatan Ke-69 Hari Bela Negara Tahun 2017
Format Bisa Anda donwload DI SINI.

Demikian itulah tadi beberapa cuplikan isi dari file Pedoman Peringatan hari Bela Negara Tahun 2017. Semoga file yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan berguna. Sekian Terima Kasih.

Link Download:

Subscribe to receive free email updates: