Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018

Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD/MI Revisi Terbaru 2017/2018. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan file Silabus Seni Budaya dan Prakarya jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang digunakan pada tahun ajaran 2017/2018. Silabus ini telah diterbitkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tujuan dari silabus ini supaya materi yang diajarkan untuk materi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada anak Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki kesamaan di seluruh Sekolah di INdonesia.

Pada artikel ini Anda dapat mendownload Silabus mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terabaru di tahun ajaran 2017/2018 dengan gratis. Namun, anda juga dapat melihat sedikit cuplikan isi dari silabus serta gambaran umum mengenai silabus yang dapat anda download pada link download yang sudah tersedia.


Berikut ini merupakan gambaran umum dan cuplikan dari isi silabus dari Kemendikbud tersebut.

SILABUS MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)

I. PENDAHULUAN
Di Sekolah Dasar pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bersifat rekreatif memberi pengalaman estetik melalui eksperimentasi, keberanian mengutarakan pendapat serta dapat dilaksanakan secara terpadu maupun single subject (mata pelajaran tunggal). Terpadu dalam bentuk mencipta karya seni yang dikaitkan dengan pengetahuan lain dan rasionalisasi penciptaannya, di dalamnya memuat sikap (perilaku, apresiatif, toleransi dan bertanggungjawab penuh), keterampilan (bersifat pragmatis, aplicable [dapat diterapkan] dan teknologis-sistemis), pengetahuan (kemampuan merekronstruksi dan mengungkapkan kembali ide dan gagasan secara sistematis).

Silabus mata pelajaran seni budaya dan prakarya SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I sampai dengan Kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran seni budaya dan prakarya ini dan silabus Mata Pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.

C. Kompetensi Setelah Mempelajari Seni Budaya di Sekolah Dasar/Madrasyah Ibtidaiyah
Kelas I-III
Memiliki kemampuan dalam berpikir, bertindak, dan berkarya seni melalui kegiatan apresiasi dan kreasi berupa dinamika gerak, karya dekoratif, menampilkan pola irama dan membuat karya dari bahan alam yang sistematis dan logis serta mencerminkan anak sehat, dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga

Kelas IV-VI

Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual dalam berkarya seni estetis melalui kegiatan apresiasi dan kreasi berupa gambar cerita dan reklame, interval nada, tari kreasi daerah, membuat kolase, topeng dan patung dengan memperhatikan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

Kerangka Pengembangan silabus Seni Budaya mengikuti elemen pengorganisasian Kompetensi Dasar berdasarkan Kompetensi Inti pada kelas I sd VI yaitu:

Kompetensi Inti pada kelas I s.d III
Kelas I
KI 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kelas II
KI 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kelas III

KI 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kompetensi Inti pada kelas IV s.d VI
Kelas IV
KI 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

Kelas V
KI 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

Kelas VI
KI 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, dispilin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kelas I
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

Materi Pembelajaran
• Gambar ekspresi (melukis)
• Membentuk ekspresi tiga dimensi
• Pembuatan gambar ekspresi
• Pembuatan karya bentuk ekspresi tiga dimensi

Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati berbagai bentuk gambar ekspresi melalui gambar, media cetak, elektronik, pameran
• Mengamati berbagai karya bentuk ekspresi tiga demensi melalui karya, media cetak, elektronik atau kegiatan pameran langsung
• Mengumpulkan informasi tentang bahan,dan alat yang akan digunakan dalam pembuatan gambar ekspresi dan membentuk tiga demensi
• Menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan dalam proses pembuatan gambar ekspresi dan membentuk tiga demensi
• Membuat karya gambar ekspresi dengan berbagai bahan dan teknik.
• Membuat karya bentuk ekspresi tiga dimensi dengan berbagai bahan dan teknik.
• Menyajikan gambar ekspresi dan bentuk karya ekspresi tiga demensi hasil buatan sendiri.
• Mempresentasikan secara lisan atau tulisan tentang gambar ekspresi dan bentuk ekspresi tiga demensi

B. Kelas II
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1. Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1. Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi

Materi Pembelajaran
• Gambar imajinatif
• Bentuk imajinatif tiga dimensi
• Pembuatan gambar imajinatif
• Pembuatan bentuk imajinatif tiga dimensi

Kegiatan Pembelajaran
• Mencermati gambar imajinatif dan bentuk imajinatif tiga dimensi
• Mengumpulkan informasi tentang bahan, alat, teknik dan atau langkah-langkah dalam membuat gambar imajinatif dan membentuk tiga demensi
• Memilih dan menyiapkan bahan, alat sesuai teknik yang akan di gunakan dalam menggambar imajinatif dan membentuk imajinatif tiga demensi
• Bereksperimen membuat gambar imajinatif dan membentuk imajinantif tiga demensi dengan bahan bahan, alat, dan teknik yang ditentukan
• Menyajikan karya imajinatif dua dan tiga dimensi hasil buatan sendiri
• Mempresentasikan secara lisan atau tulisan tentang karya imajinatif dua dan tiga dimensi yang dibuat.

C. Kelas III
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1 Membuat karya dekoratif
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
4.3 Meragakan dinamika gerak tari
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung

Materi Pembelajaran
• Unsur unsur gambar dekoratif (motif, pola, ornamen)
• Pembuatan karya dekoratif dengan berbagai bahan dan teknik

Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati berbagai karya dekoratif, bahan, alat yang digunakan dalam membuat gambar dekorasi melalui media cetak/elektronik , pameran dan berbagai sumber.
• Mengumpulkan informasi melalui kegiatan wawancara dan selanjutnya memilih jenis karya, bahan, media, alat dan teknik yang akan digunakan dalam proses gambar dekorasi.
• Membandingkan berbagai karya gambar dekoratif/ornamen mengenai motif, pola, bahan, media, jenis, dan teknik.
• Bereksperimen dalam pembuatan gambar dekoratif dengan berbagai media an teknik.
• Menyajikan gambar dekoratif hasil buatan sendiri dan mempresentasikannya dalam bentuk tulis dan lisan.

D. Kelas IV

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi

Materi
Pembelajaran
• Gambar bentuk
• Membentuk tiga dimensi berdasarkan objek
• Pembuatan gambar berdasarkan objek
• Pembuatan bentuk tiga dimensi berdasarkan objek


Kegiatan Pembelajaran
• Mencermati gambar melalui kegiatan melihat karya, membaca buku tentang konsep, prinsip, dan prosedur menggambar.
• Mencermati bentuk tiga dimensi melalui kegiatan melihat karya, membaca buku tentang konsep, prinsip, dan prosedur membentuk tiga dimensi.
• Menggali informasi melalui kegiatan menanyakan tujuan, konsep, prinsip, unsur, dan prosedur menggambar bentuk dan membuat bentuk tiga dimensi berdasarkan objek
• Mengeksplorasi melalui kegiatan pencarian informasi untuk menggambar berdasarkan objek.
• Membuat bentuk tiga dimensi berdasarkan objek yang ada di lingkungan sekitar
• Mempresentasikan hasil karya gambar dan bentuk tiga dimensi secara lisan dan tertulis.

E. Kelas V
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita

Materi
Pembelajaran
• Gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
• Pembuatan gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)

Kegiatan Pembelajaran
• Mencermati gambar cerita melalui kegiatan membaca dan mengamati gambar ilustrasi, komik, karikatur dan kartun
• Menggali informasi melalui kegiatan membaca, bertanya tentang tujuan, konsep, prinsip, prosedur gambar cerita.
• Mengeksplorasi melalui kegiatan membandingkan,menghubungkan,dan menerapkan nilai estetis dengan proporsi, komposi, dan bentuk pada gambar cerita.
• Menggambar cerita komik, karikatur, kartun berdasarkan idenya sendiri.
• Mempresentasikanhasil karya gambar cerita dalam bentuk tulisan, lisan, dan pameran kelas.
Download Juga: Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018

*keterangan:

itulah tadi beberapa contoh cuplikan dari isi silabus yang dapat kami tampilkan. Untuk lebih jelasnya silahkan saja langsung di download Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD/MI kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018 pada link download yang sudah tersedia di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates: