Download Prediksi Soal US SD/MI 2018 Lengkap Jawaban

Download Prediksi Soal US SD/MI 2018 Lengkap Jawaban. Halo adik-adik dan para pengunjung semuanya, kali ini kami akan mengulas informasi mengenai Prediksi Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SD/MI di tahun 2018 tepatnya pada tahun ajaran 2017/2018 yang jadwal pelaksanaanya sudah mulai mepet nih. Butuh persiapan yang matang, bukan hanya dari pihak siswa kelas 6 SD/MI yang sudah mulai melatih diri dan kemampuan dalam mengerjakan soal akan tetapi dari pihak sekolah juga mempunyai tanggung jawab yang sama besarnya untuk mengantarkan anak didiknya supaya mendapatkan nilai yang bagus sehingga mereka bisa lulus dengan nilai yang membanggakan dan dapat diterima di Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang mereka idam-idamkan. 

Soal Latihan US SD/MI 2018

Prediksi Soal dan Pembahasan US SD/MI Semua Mapel 2017/2018. pada artikel ini memang sengaja akan kami bagikan file kumpulan soal US SD/MI dan juga beberapa prediksi soal yang dapat digunakan untuk latihan dalam menghadapi US tahun 2018 ini. Diantarnya mulai dari Soal US Bahasa Indonesia, Soal US Matematika, Soal US IPA dan lain sebagainya. Banyak model dan tipe soal yang dapat anda download dan miliki untuk bahan latihan dan juga untuk dibahas dengan para guru di sekolah masing-masing apabila ada jenis soal yang menurut kalian terlalu sulit untuk dipahami. 

Soal Persiapan US/MI Tahun 2018. Tentunya para guru dan orang tua sudah mengetahui kabar mengenai desas-desus kabar pelaksanaan US SD/MI di tahun 2018 ini, beberapa jenis soalnya dibuat lebih komplek dan bervariasi, selain ada jenis soal pilihan ganda ada juga soal dengan tipe essay atau soal menjelaskan. Tentunya soal essay adalah jenis yang paling kurang disukai oleh kebanyakan pelajar di Indonesia, mereka lebih senang jika mendapatkan soal pilihan ganda, karena cara menjawabnya sangatlah mudah, hanya perlu memilih salah satu jawaban, dan jika mereka kurang mengerti jawaban dari soal tersebut mereka bisa mengadu nasib atau keberuntungan dengan cara-cara yang berfariatif sehingga memunculkan sebuah jawaban yang memiliki tingkat keberuntungan benar. 

Pada kesempatan ini, kami juga akan memberikan beberapa tips supaya dalam mengerjakan soal US SD/MI tahun 2018 nanti para peserta didik bisa mengerjakan dengan lancar dan tanpa menemui kendala atau kesulitan. Ada beberapa masalah ketika usia SD dihadapkan dengan masalah seperti Ujian Akhir layaknya US atau nama ujian di tahap akhir lainnya. Diantaranya adalah yang pertama mengenai beban mental, meskipun sudah sering menghadapi ujian pada akhir semester atau akhir tingkat namun ujian akhir di jenjang SD/MI terasa sangat berbeda dengan ujian lainnya, karena pastinya akan terbayang dalam benak pikiran mereka bahwa "ujian saya kali ini harus bagus supaya saya nanti bisa lulus dan diterima di SMP/MTS ini,.. dan itu... ", jadi secara tidak langsung mental mereka sangatlah diuji pada pelaksanaan US SD/MI Tahun 2018 ini. 

Hal yang kedua yaitu kemampuan atau pengetahuan mereka dalam menghadai soal untuk dikerjakan, apabila mereka tidak memiliki pengetahuan atau latihan yang cukup dalam mengerjakan soal, maka ketika menghadapi Soal US di Hari pelaksanaanya nanti, pastinya mereka akan mengalami kebingungan dan itu sangat mempengaruhi mentalnya. 

Maka dari itu, ada bebeberapa tips yang dapat dipraktekkan oleh para siswa SD dan juga harus diperhatikan oleh para guru yang mengajar di sekolah dasar (SD) atau MI dalam mempersiapkan peserta didiknya menjelang berlangsungnya ujian US SD/MI Tahun 2018 ini. Diantaranya adalah anak-anak harus sering-sering diajak untuk mengerjakan berbagai soal US dan dijelaskan pembahasannya. Karena jika terlalu banyak diberikan review materi tanpa mengerjakan soal, mereka juga masih akan sangaat kesulitan. 

Berikut ini kami juga akan bagikan beberapa contoh soal atau cuplikan soal yang dapat digunakan sebagai latihan untuk menghadapi US SD/MI Tahun 2018 ini.

Soal US Bahasa Indonesia 
Bacalah teks berikut, lalu jawablah  soal nomor 1-4!
Tidak  semua  orang  memiliki  bakat  menulis.  Kegemaran  menulis  yang  dimiliki  oleh  anak bungsu  dari  pasangan  Pak  Tohari  dan  Ibu  Kanthi  ini  sudah  muncul  sejak  berusia  8  tahun. Kemahirannya  tersebut  bisa  jadi    merupakan  warisan  dari  ayahnya.  Banyak  orang  mengatakan bahwa  ayahnya  adalah  seorang  penulis  yang  hebat.  Hasil  karya  ayahnya  dinilai  mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. 

Meskipun  masih  duduk  di  kelas  6  Madrasah  Ibtidaiyah,   Ahmad  sudah  berhasil menghasilkan    belasan  buku  cerita  yang  dikarangnya  sendiri.  Selain  menghasilkan  beberapa  buku cerita,    Ahmad  juga  selalu  menjadi  juara  dalam  setiap  lomba  yang  diikutinya.  Pernah  ia  menjadi  juara  dalam  lomba  menulis  cerita  anak  tingkat  kota  madya  dan  lomba  menulis  puisi  anak  tingkat  provinsi Jawa  Tengah. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di  dalam lemari kaca  sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. 

Semua  prestasi  yang  diraih  Ahmad  tersebut  tentu  saja  diperoleh  melalui  perjuangan  dan  ketekunan. Dorongan dari seorang  ayah dan  kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis  memang  sangat  berpengaruh.  Ia  berharap  kelak  bisa  menjadi  seorang  penulis  terkenal  seperti  ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak Indonesia. 
1.  Siapakah nama tokoh utama pada paragraf pertama ?
   A.  Anak bungsu
   B.  Pak Tohari
   C. Ahmad
   D.  Ibu Kanthi
2. Kalimat tanya yang sesuai isi paragraf kedua adalah….
   A. Sejak umur berapa bakat menulis Ahmad muncul?
   B. Mengapa karya-karya ayah Ahmad digemari banyak orang?
   C. Apa yang menjadi harapan Ahmad di masa depan?
   D. Selain mengarang buku, prestasi apa saja yang dimiliki Ahmad?
3. Ide pokok yang terdapat dalam paragraf ketiga adalah ….
   A. Setiap orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
   B. Kebahagiaan bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.
   C. Dorongan orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
   D. Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.
4. Kalimat berikut ini yang sesuai dengan paragraf pertama adalah….
   A. Meskipun masih muda, Ahmad memiliki bakat menulis.
   B. Semua orang tidak memiliki bakat menulis.
   C. Bakat seorang ayah selalu diwariskan kepada anaknya.
   D. Karya-karya ayah Ahmad berisi cerita petualangan.

5. PENGUMUMAN
Sehubungan  akan  diadakan  kerja  bakti  membersihkan  halaman  dan  lingkungan madrasah,  maka  diberitahukan  kepada  siswa-siswi  SD Taruma Negara untuk  ikut berpartisipasi  dalam  kegiatan  tersebut.  Kegiatan  dilaksanakan  pada  hari  Sabtu,  tanggal 14  Februari  2018  pukul  07.30  sampai  selesai.  Sehubungan  dengan  acara  tersebut  para siswa diharap membawa peralatan sapu lidi, cangkul, sabit atau alat kebersihan lainnya.
Demikiani, atas perhatian para siswa, saya ucapkan terima kasih. 
Karangginting,  12 Februari  2018
Kepala SD Taruma Negara

Isi pengumuman di atas adalah…
  A. SD Taruma Negara Mandiri telah mengadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan
madrasah.
  B. SD Taruma Negara akan mengadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan
madrasah.
  C. Para siswa wajib memperhatikan setiap ada pengumuman di SD Taruma Negara.
  D. Para siswa wajib membawa alat kebersihan sehubungan dengan akan ada kegiatan
bakti sosial.

Soal US Matematika SD/MI
1.  Hasil dari 1.480 : ( 1015  -  995 ) + 567 = ….
   A.     657
   B.     4657
   C.      641
   D.     551

2.  Seluruh peserta diklat akan disediakan 60 kamar hotel. Setiap kamar dihuni oleh 2 orang. Dalam pembagian tugas, panitia akan membagi menjadi 12 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari ...
orang.
   A.  10
   B.  36
   C.  42
   D.  46

3. Perbandingan berat badan A, B, dan C adalah  3 : 4 : 7 . Jika jumlah umur B  dan C adalah 33 tahun, maka umur A adalah … tahun
   A.   3
   B.   9
   C.  12
   D.  15

4. Rozak dapat mengetik satu halaman naskah cerita dalam waktu 8 menit sedangkan Abdul dalam waktu 12 menit. Jika Rozak dan Abdul pada pukul 08.30 dapat selesai bersamaan maka  mereka akan dapat menyelesaikan pengetikan secara bersamaan lagi pada pukul ....
   A.  08.38
   B.  08.42
   C.  08.50
   D.  08.54

5. Pada  amal bakti hari raya Idul Fitri SDN Taruma  membagikan bingkisan kepada siswa yang kurang mampu berupa 72 botol sirup dan 96 bungkus mie. Jika diberikan kepada  siswa dengan  jumlah  yang  sama  dan  jenis  yang  sama,  maka  jumlah  siswa  yang  menerima  paling banyak ada ... anak
   A.  24
   B.  18
   C.  12
   D.   6

Soal IPA US SD/MI
1. Ibu membuat jus mangga dengan menggunakan blender, prinsip kerja alat yang digunakan menghasilkan perubahan ... .
   A.  energi listrik -> energi cahaya
   B.  energi listrik -> energi gerak
   C.  energi listrik -> energi bunyi
   D.  energi listrik ->  energi kalor

2.  Berikut adalah contoh energi alternatif yang tepat adalah ... .
   A.  bensol, biogas, dan cahaya matahari
   B.  biogas, cahaya matahari dan kerosin
   C.  biomasa, biogas dan cahaya matahari
   D.  cahaya matahari, angin dan kerosin

3.  Kegiatan  manusia  yang  bertujuan  mencegah  atau  mengurangi  terjadinya  erosi  dan  tanah longsor di lahan miring maupun lereng pegunungan adalah ... .
   A.  membuat terasering atau sengkedan dan reboisasi
   B.  membuat cagar alam dan hutan lindung
   C.  membuat bendungan waduk untuk irigasi sawah
   D.  mendirikan pabrik serta membuka pemukiman baru

4. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan cemara beserta fungsinya  adalah … .
   A.  memiliki bunga yang indah untuk menarik serangga
   B.  memiliki batang yang kuat untuk mencegah erosi dan banjir
   C.  daun yang runcing berguna untuk mengurangi penguapan
   D.  memiliki akar yang panjang untuk mencari air kedasar tanah

5. Beriku ini merupakan daur hidup nyamuk yang benar adalah ….
   A.  telur – pupa – tempayak – nyamuk dewasa
   B.  telur – jentik jentik – larva – pupa – nyamuk dewasa
   C.  telur – jentik jentik – pupa – nyamuk dewasa
   D.  telur – tempayak – larva – nyamuk dewasa

Soal, Jawaban dan Pembahasan selengkapnya bisa langsung anda lihat pada file aslinya dengan cara di download terlebih dahulu.

Itulah tadi beberapa contoh soal yang terdapat dalam beberapa Soal prediksi dan latihan US SD/MI untuk tahun 2018 ini. File soal yang kami bagikan ini tidak semuanya kami buat sendiri,namun kami juga membagikan dari beberapa website lain yang menyediakan soal latihan US SD/MI secara gratis yang keberadaanya terkadang sulit untuk dijangkau oleh para netizen semua, maka dalam artikel ini juga akan kami bagikan link downloadnya juga, Dan anda tetap dapat mendownloadnya pada halaman artikel ini.
Kami juga membagikan file Prediksi soal yang telah dibuat oleh tim uasbn.com, maka dari itu apabila ada salah satu file yang anda download harus menyertakan password untuk membukanya, silahkan saja gunakan password uasbn.com untuk membukanya.

Sekian dari kami, apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam tindakan kami, mohon langsung saja hubungi admin website kami atau langsung berkomentar di kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Link Download: 

Link alternatif Latihan Soal US lainnya: 



Soal Lain (USBN) SD/MI
PPKn 

Subscribe to receive free email updates: