Kumpulan RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII Lengkap

Kumpulan RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII. Kali ini kami akan membagikan link / tautan untuk download atau mengunduh file RPP Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru di Tahun ajaran 2017/2018 untuk Semester 2 (Genap) khususnya kelas VII SMP/MTs. File ini sangat berguna sekali bagi para guru yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah di seluruh Indonesia. Memasuki awal semester 2 pastinya para guru sudah sangat disibukkan dengan kegiatan pembelajaran di Sekolah, belum lagi mereka harus mengerjakan tugas berat yaitu membuat perangkat pembelajaran seperti Prota, Prosem, Silabus dan RPP yang harus segera dikumpulkan ke pihak kurikulum sebagai bukti kelengkapan sekolah mengenai data pengajar di masing-masing sekolah. 


Download RPP Kelas VII SMP/MTs Semester II 2017/2018. Pada artikel ini sengaja akan kami sediakan kumpulan link download yang dapat membantu anda dalam proses pengunduhan file RPP yang sekiranay dibutuhkan. File RPP ini kami buat langsung dari beberapa sumber referensi, salah satunya yaitu adalah buku siswa dan buku guru Kurikulum 2013 Edisi terbaru yaitu edisi tahun 2017 untuk tahun pelajaran 2017/2018. Jadi semua Materi Pokok pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator dan Tujuan Pembelajaran sudah mengacu pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 yang terbaru ini yang digunakan oleh sekolah yang menggunakan K13. 

Karena dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 yang terbaru ini ada beberapa materi pembelajaran yang mengalami perubahan materi pokok, jadi otomatis RPP yang tahun sebelumnya sudah tidak bisa digunakan lagi, karena materi yang akan diajarkan juga sudah berbeda dan Kompetensi dasar dan juga indikator yang dicantumkan juga sudah berbeda dari sebelumnya.

RPP Kelas VII SMP/MTs Semester 2 (Genap) Yang dapat Anda download meliputi RPP Kelas VII Semester 2 IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Penjaskes (PJOK) dan Seni Budaya.

Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  adalah  rencana  kegiatan pembelajaran  tatap  muka  untuk  satu  pertemuan  atau  lebih.  RPP  dikembangkan darisilabusuntuk  mengarahkan  kegiatan  pembelajaran  peserta  didik  dalam  upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran  berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien,  memotivasi  peserta  didik  untuk berpartisipasi aktif,serta  memberikan  ruang  yangcukup  bagi  prakarsa,  kreativitas,  dan kemandirian  sesuai  dengan  bakat,minat,  dan  perkembangan  fisik  serta  psikologispeserta didik.  RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

RPP yang kami buat ini juga sudah mengacu pada Permendikbud no. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Komponen RPP.

Berdasarkan  perrmendikbud  No.  22  tahun  2016  tentang  standar  proses, komponen RPP meliputi:
a.  Identitas Sekolah, yaitu nama satuan pendidikan;
b.  Identitas Mata Pelajaran;
c.  Kelas/Semester;
d.  Materi Pokok; ditentukan berdasarkan materi yang ada pada KD pada KI 3.
e.  Alokasi  Waktu;  ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan  beban  belajar  dengan mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran  yang  tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.

f.  Kompetensi Inti
Isi dari komponen kompetensi inti adalah sebagaimana yang tertera dalam
permendikbud  No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20.  Jadi,
pendidik  atau  guru  tinggal  menuliskan  kembali  atau  menyalin  kompetensi  inti
sebagaimana isi permendikbud tersebut.

g.  Tujuan Pembelajaran;
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata  kerja  operasional  yang  dapat  diamati  dan  diukur,  yang  mencakup  sikap,  pengetahuan, dan keterampilan.

h.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi; 
Kompetensi  dasar  ditulis  dengan  mengutip  sebaran  kompetensi  dasar sebagaimana yang ada dalam  permendikbud No. 24/2016 lampiran 20 secara utuh,  yang meliputi  KD  pada  KI 1,  2, 3, dan  4.  Masing-masing  sebanyak  satu buah KD.
Indikator  pencapaian  kompetensi  dikembangkan  berdasarkan  KD  yang telah  dikutip sebelumnya.  Pengembangan  IPK  harus  dilakukan  secara  benar sesuai  dengan  KKO  dan  substansi  kajian.  Setiap  satu  KD  dikembangkan minimal 2 buah IPK.
Indikator  pencapaian  kompetensi  adalah  perilaku  yang   dapat  diukur dan/atau  diobservasi  untuk  menunjukkan  ketercapaian  kompetensi  dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat  diamati  dan  diukur,  yang  mencakup  pengetahuan  dan  keterampilan, sedangkan  aspek  sikap,  dirumuskan   dengan  menggunakan   kata   kerja operasinal yang dapat diamati.

i.  Materi Pembelajaran;
Materi  ajar  atau  materi  pembelajaran,  memuat  fakta,  konsep,  prinsip, prosedur,  dan  metakognitif  yang  relevan,  dan  ditulis  dalam  bentuk  butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
Muatan materi  pembelajaran dapat berasal  dari  buku  teks pelajaran dan  buku panduan  guru,  sumber  belajar  lain  berupa  muatan  lokal,  materi  kekinian, konteks  pembelajaran  dari  lingkungan  sekitar  yang  dikelompokkan  menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial;

j.  Metode Pembelajaran
Metode  pembelajaran  digunakanolehpendidikuntukmewujudkan  suasana belajar  dan  proses  pembel ajaran  agar  peserta  didik  mencapai  KD  yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
Penjabaran  kegiatan  pembelajaran  yang  ada  pada silabus  dalam  bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan  sumber  belajar.Kegiatan  pembelajaran  mencakup  kegiatan  pendahuluan, kegiatan  inti,  dan  kegiatan  penutup.  Guru  dapat  mengembangkan  kegiatan pembelajaran mengacu kepada buku guru, namun dapat juga mengembangkan kegiatan lain sesuai dengan kreatifitas guru tanpa mengesampingkan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.

k.  Media Pembelajaran;
Media  pembelajaran  berupa  alat  bantu  proses  pembelajaran  untuk menyampaikan materi pelajaran;

l.  Sumber Belajar;
Sumber  belajar  yang  dipergunakan  dalam  kegiatan  pembelajaran  dapatberupa  buku,media  cetak  dan  elektronik,  alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

m.  Langkah-langkah Pembelajaran;
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan  melalui tahapan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup;

n.  Penilaian Hasil Pembelajaran
Prosedur   dan   instrumen   penilaian   proses   dan   hasil  belajar disesuaikan  dengan  indikator  pencapaian  kompetensi  dan  mengacu  kepada Standar Penilaian.
Penilaian  diisi  dengan  penilaian  aspek  pengetahuan,  penilaian  aspek keterampilan  dan  penilaian  aspek  sikap.Teknik  dan  instrument  penilaian disesuaikan  dengan  karakteristik  KD  untuk  pengetahuan,  keterampilan  dan sikap.
Pengembangan  penilaian  pembelajaran  dengan  cara  menentukan  teknikpenilaian  yang  dipergunakan,  bentuk  instrumen  penilaian,  kisi-kisi,  instrumen penilaian, kunci jawaban serta pedoman penskoran pada setiap pertemuan.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai komponen-komponen yang harus dimiliki oleh sebuah RPP yang bagus dan sesuai dengan perrmendikbud  No.  22  tahun  2016  tentang  standar  proses, komponen RPP. Untuk mendownload beberapa RPP RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII adna bisa langsung pada link download di bawah ini:

Link Download: 
RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII Bahasa Indonesia
RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII Bahasa Inggris
RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII PJOK
RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII Seni Budaya
RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII PAI

Atau File RPP Kelas VII Semester 2 IPA Lainnya: 


Silabus SMP IPA KLS VII.doc 

RPP/Silabus Bahasa Indonesia SMP Semester 2 Revisi 2016 Kelas VII
 A. Materi Pokok: Menyimpulkan  ciri umum puisi rakyat
Unduh RPP SMP 5.1    Unduh RPP SMP 5.2    Unduh RPP SMP 5.3    Unduh RPP SMP 5.4    Unduh RPP SMP 5.5   

B. Materi Pokok: Menyimpulkan  ciri unsur  cerita  fabel pada  teks yang
Unduh RPP SMP 6.1    Unduh RPP SMP 6.2    Unduh RPP SMP 6.3    Unduh RPP SMP 6.4   Unduh RPP SMP 6.5   

C. Materi Pokok: Ciri umum surat  pribadi  dan surat  dinas
Unduh RPP SMP 7.1    Unduh RPP SMP 7.2   Unduh RPP SMP 7.3   Unduh RPP SMP 7.4    Unduh RPP SMP 7.5   

D. Materi Pokok: Menemukan unsur-unsur dari buku  ksi dan non ksi
Unduh RPP SMP 8.1    Unduh RPP SMP 8.2    Unduh RPP SMP 8.3    Unduh RPP SMP 8.4   

Bahasa Inggris 
Penjaskes 
Seni Budaya : 

Subscribe to receive free email updates: