Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban USBN SMA 2018/2019 (Prediksi & Latihan)

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban USBN SMA 2018/2019 (Prediksi dan Latihan). Pada kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa kumpulan soal USBN SMA dan Kunci Jawabannya yang dapat digunakan untuk latihan untuk menghadapi USBN SMA tahun ajaran 2018/2019 ini. Tentunya para murid dan juga para guru saat ini sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri untuk menghadapi pelaksanaan USBN di sekolahnya masing-masing. Karena semakin hari-semakin terasa sangat dekat dengan pelaksanaan USBN SMA/MA maka persiapan yang matang sangatlah dibutuhkan guna mendapatkan nilai yang maksimal dan bagus. Karena nilai USBN ini juga termasuk nilai yang menentukan kelulusan seorang peserta didik dari jenjang pendidikan menengah ke atas seperti SMA/MA/SMK atau sederajat. 

Soal USBN SMA/MA/SMK

Download Soal dan Kunci Jawaban USBN SMA/MA 2018/2019. Pada artikel ini sengaja kami hadirkan beberapa informasi seputar pelaksanaan USBN di SMA dan juga kami bagikan link download yang dapat anda gunakan untuk mengunduh beberapa file Soal dan Kunci Jawaban USBN. Beberapa file ini telah kami kumpulkan dari bebeberapa website dan juga kami dapat dari beberapa guru yang mengajar. Namun, ada beberapa file yang memang sengaja kami buat dan disesuaikan dengan Kisi-Kisi soal USBN SMA Tahun 2018/2019 ini. Jadi, Prediksi Soal USBN SMA/MA Tahun ajaran 2018/2019 juga bisa saja muncul dari beberapa file soal yang telah kami hadirkan tersebut. 

Download Soal Latihan dan Prediksi USBN 2019 Lengkap Semua Mata Pelajaran.  Di alam artikel ini sudah kami sediakan beberapa contoh soal USBN yang dapat Anda download, diantaranya adalah Soal USBN SMA Pendidikan Agama Islam, Soal USBN SMA PPKn, Soal USBN SMA Sejarah, Soal USBN SMA Biologi, Soal USBN SMA Fisika, Soal USBN SMA Kimia, Soal USBN SMA Ekonomi, Soal USBN SMA Geografi, Soal USBN SMA Sosiologi, Soal USBN SMA Bahasa Indonesia dan Juga Soal USBN SMA Antropologi. 

Informasi Seputar pelaksanaan USBN. 
Pada tahun ajaran 2018/2019 ini, pembuatan soal USBN sudah mendapatkan arahan dari Kemendikbud bahwa soal USBN terdiri dari soal Pilihan Ganda dan juga soal Uraian. Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang biasa disebut USBN oleh masyarakat Indonesia ini merupakan sebuah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh masing-masing sekolah untuk beberapa mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan Untuk memperolah pengakuan dari prestasi belajar mereka selama menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajat. 

Adapun soal-soal yang dibuat untuk diujikan pada saat USBN harus merupakan soal yang mengacu pada Kisi-Kisi USBN, dimana kisi-kisi tersebut merupakan acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang terlah diberlakukan saat ini. 

Lantas, Siapa yang menyusun Naskah Soal USBN tahun 2018/2019 ini? yang menyusun soal ujian dan kunci jawaban USBN tahun 2018/2019 ini adalah dari peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), diantaranya adalah Menyusun soal USBN sebanyak 75% sampai dengan 80% sejumlah paket yang ditentukan untuk masing-masing mata pelajaran berikut kelengkapannya seperti format lembar jawaban, pedoman penskoran untuk soal uraian, kunci jawaban untuk pilihan ganda, pakta integritas, tata tertib, daftar hadir, dan berita acara yang semuanya itu dibawah koordinasi Dinas Pendidikan sesuai kewenangannya. 

Selain itu, MGMP mempunyai peran menerima 20% - 25% soal USbn dari Dinas Pendidikan, merakin Soal USBN sejumlah paket yang ditentukan dan juga menyerahkan naskah soal USBN berikut kelengkapannya ke MKKS dengan diketahi oleh Dinas Provinsi / Kabupaten / Kota. 

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai naskah soal USBN perhatikan beberapa informasi mengenai naskah soal USBN berikut ini. 
  1. Soal USBN disusun mengacu pada kisi-kisi USBN: 
  2. Bentuk soal USBN terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan Uraian; 
  3. Sebanyak 20% - 25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti disiapkan oleh Kementerian Agama; 
  4. Sebanyak 75% - 80% butir soal disiapkan oleh MGMP, dibawah koordinasi dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya; 
  5. Khusus 75% - 80% butir soal mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, penyusun 75% - 80% butir soal, dilakukan oleh MGMP atau para guru mata pelajaran agama yang relevan dibawah koordinasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Kantor Wilayah Kementeiran Agama Provinsi sesuai dengan kewenangannya; 
  6. Naskah Soal USBN dirakit oleh MGMP sejumlah paket yang ditentukan untuk masing-masing sesuai mata pelajaran; 
  7. Khusus untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti perakitan soal dilakukan oleh MGMP atau guru mata pelajaran agama yang relevan  dikoordinasikan oleh Kanwil Kementerian Agama/ Kantor Kementerian Agama di Kabupaten/kota; 
  8. Naskah soal USBN beserta kelengkapannya yang disiapkan meliputi naskah soal USBN utama, cadangan san susulan; 
  9. Penggandaan naskah soal USBN beserta kelengkapannya dilakukan oleh sekolah' 
  10. Master soal digandakan dengan menggunakan sumber dana dari APBD atau Biaya Operasional Sekolah (BOS) atau sumber lainnya; 

dan seterusnya.... 
Selengkapnya anda bisa lihat POS USBN. 

Demikianlah informasi seputar pelaksanaan USBN tahun ajaran 2018/2019 yang akan dimulai. Apabila anda langsung penasaran dengan Soal latihan USBN SMA/MA dan Kunci Jawabannya anda bisa langsung mendownloadnya pada link download yang sudah kami sediakan di bawah ini: 

Link Download: 

Soal USBN SMA Pendidikan Agama Islam 

Soal USBN SMA PPKn 

Soal USBN SMA Sejarah

Soal USBN SMA Biologi

Soal USBN SMA Fisika

Soal USBN SMA Kimia

Soal USBN SMA Ekonomi

Soal USBN SMA Geografi

Soal USBN SMA Sosiologi 

Soal USBN SMA Bahasa Indonesia 

Soal USBN SMA Antropologi 

Soal USBN SMA 2018/2019 Tipe 2 (alternatif kedua)

Soal USBN SMA PAI 

Soal USBN SMA Kimia 

Soal USBN SMA Biologi 

Soal USBN SMA Fisika

Soal USBN SMA PPKN 

Soal USBN SMA Sejarah

Soal USBN SMA Geografi

Soal USBN SMA Sosiologi


Soal USBN SMA Ekonomi

Subscribe to receive free email updates: