RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2017/2018

RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan file untuk para guru-guru SMP, yaitu file RPP mata pelajaran IPS khusus untuk guru yang mengajar pada kelas VII / 7 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) / atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Nah, bagi Anda yang tergolong guru SMP/MTs yang mengajar mata pelajaran IPS di daerah anda, tentunya anda membutuhkan sebuah RPP guna melengkapi perangkat mengajar Anda pada awal Semester 2 atau Semester Genap tahun ajaran 2017/2018 ini. Semoga artikel yang kami tulis ini dapat bermanfaat. 

Download RPP IPS Semester 2 Kelas VII (7) SMP. Pada artikel ini telah kami tulis mengenai RPP dari pelajaran IPS di SMP. Anda dapat mendownload file RPP yang berbentuk Microsoft Word tersebut dengan mudah dan gratis, namun file RPP tersebut sudah kami kompres dalam bentuk zip atau .rar supaya aman dari serangan virus atau software berbahaya lainnya yang bisa menyusup pada saat Anda mendownload RPP yang kami bagikan ini. Untuk membukanya anda membutuhkan sebuah password yang sudah kami sertakan juga dalam artikel ini. untuk passwordnya silahkan lihat di bawah. 


Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2017/2018 yang telah kami bagikan, namun cuplikan ini tidaklah utuh, untuk melihat versi utuhnya silahkan langsung download saja pada link download yang sudah disediakan di bawah artikel ini: 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah               : SMP … 
Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VII / Genap 
Materi Pokok      : Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
Alokasi waktu    : 

A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
  • K.I. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  • K.I. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • K.I. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • K.I. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
  • KD 3.3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia. 
  • KD 4.3. Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi,konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
C. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
a. Menjelaskan kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia
b. Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia
c. Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
d. Menjelaskan kegiatan produksi
e. Menjelaskan kegiatan distribusi
f. Menjelaskan kegiatan konsumsi
g. Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
h. Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat
i. Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi 
j. Menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
k. Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

D. Materi Pembelajaran 

1. Kelangkaan dan kebutuhan manusia
a. Kelangkaan sebagai permasalahn ekonomi
b. Kebutuhan manusia
c. Tindakan, motif dan prinsip ekonomi

2. Kegiatan Ekonomi 
a. Kegiatan produksi
b. Kegiatan distribusi
c. Kegiatan konsumsi

3. Permintaan, penawaran, pasar dan harga
a. Permintaan
b. Penawaran
c. Pasar
d. Harga 

4. Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi
a. Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi
b. Peran Iptek dalam menunjang kegiatan ekonomi

5. Peran Kewrirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
a. Kreativitas
b. Kewirausahaan 

6. Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia

E. Metode Pembelajaran 
    Pendekatan umum : scientific
    Metode : Problem based learning

F. Media dan Bahan 
    Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
    Bahan : Buku Paket dan LKS

G. Sumber Belajar 
    a. Buku Paket K13
    b. Referensi dari Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran 

1. Pertemuan Pertama sampai pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan

1). Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2). Apersepsi:
Dengan menanyakan pada peserta didik : Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan manusia? Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi? Dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar yang disajikan pada prawacana.
3). Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.

b. Kegiatan Inti
1). Mengamati: Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan :
2). Menanya: Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
3). Mengumpulkan data/informasi

a). Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi.
b). Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (aktivitas kelompok pada buku siswa).

4). Mengasosiasi

a). Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk mengalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (aktivitas kelompok pada buku siswa).
b). Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (aktivitas kelompok pada buku siswa).

5). Mengomunikasikan
a). Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok, dan anggota kelompok lain memberikan tanggapan. 
b). Peserta didik menyajikan hasil simpulan tersebut pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah atau menuliskan pada lembar kertas sebagai laporan hasil diskusi masing-masing kelompok.

c. Penutup 
1). Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2). Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3). Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4). Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
5). Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6). Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya yaitu kegiatan ekonomi dan mengerjakan aktivitas Individu pada buku siswa

2, Pertemuan Keempat sampai Keenam
a. Pendahuluan

1). Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2). Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
3). Guru memberi motivasi kepada peserta didik
4). Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa untuk mengamati keadaan di lingkungan sekitar mereka selanjutnya Guru menanyakan tentang kegiatan apa saja yang kalian lihat ? 
5). Peserta didik menerima informasi topik dan tujuan pembelajaran dari guru

b. Kegiatan Inti

1). Mengamati
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang kegiatan ekonomi:
2). Menanya

Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang :
a. Kegiatan produksi
b. Kegiatan distribusi
c. Kegiatan konsumsi
Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar. 

3). Mengumpulkan data/informasi
a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan tentang kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
b) Peserta didik mencari informasi tentang kegiatan produksi (aktivitas kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (aktivitas kelompok pada buku siswa).

4). Mengasosiasi

a) Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis kegiatan produksi (aktivitas kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (aktivitas kelompok pada buku siswa ).
b) Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi.

5). Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan hasil analisis informasi di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan. 
b) Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media antara lain: 
majalah dinding kelas/sekolah atau majalah sekolah

c. Penutup
1) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2) Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3) Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4) Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
5) Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6) Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab permintaan, penawaran dan harga.
7) Peserta didik diberikan tugas untuk mengerjakan aktivitas individu berikut ini.

J. Penilaian 

a. Teknik Penilaian
    1. Sikap
    2. Pengetahuan 
    3. Keterampilan 

b. Remidial 
Bagi Peserta Didik yang belum mencapai KKM diberi remedial yaitu mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru. 
Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan belajar dan topik-topik yang belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada rencana kegiatan yang telah ditetapkan. 

c. Pengayaan 
Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian. Pengayaan dapat dilakukan dengan cara peserta didik dapat membaca buku teks lain atau browsing internet terkait dengan materi yang materi yang dipelajari.

……………..,…………………………


Mengetaui, 
Kepala Sekolah …                           Guru Mata Pelajaran 

_____________________             ________________________

NIP. …                                          NIP. ...
*keterangan: 
Demikianlah tadi beberapa cuplikan mengenenai RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Untuk melihat versi lengkapnya Anda bisa langsung mendownload file aslinya pada link download dibawah ini : 

password: www.arsipguru.web.id

Link Donwload: 

Subscribe to receive free email updates: