Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018

Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Selamat datang para pengunjung website arsipguru, yang pastinya disini kami akan membagikan file Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2017/2018 SMP/MTs kelas VII, VIII dan IX (7,8 dan 9). Memasuki awal semester tahun pelajaran 2017/2018 baik semester 1 ataupun semester 2, pastinya para guru sudah disibukkan dengan beberapa dokumen yang harus mereka buat sebelum memulai proses pembelajajaran di sekolah. Para guru diharuskan membuat perangkat mengajar yang tentunya nanti akan dikirimkan ke pihak kurikulum di sekolah tempat mereka mengajar. 


Download Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru. Pada artikel ini kami akan sediakan link download yang dapat digunakan oleh para pengunjung website ini untuk mengunduh file Silabus yang telah mereka cari, semoga file yang kami bagikan ini dapat berguna bagi para guru yang membutuhkan. Namun, sebelumnya kami juga menyediakan cuplikan sebagian isi dan penjelasan mengenai Silabus Terbaru untuk pengajaran di SMP/MTs. 

MODEL SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2017

I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Pengajaran  bahasa  Inggris  berfokus  pada  peningkatan  kompetensi  siswa  untuk  mampumenggunakan  bahasa  tersebut  dalam  mencapai  tujuan  komunikasi  di  berbagai  konteks,baik  lisan  maupun  tulis.  Salah  satu  pendekatan  yang  berfokus  pada  peningkatankompetensi  siswa  untuk  menggunakan  bahasa  yang  dipelajarinya  dalam  berbagai  tujuankomunikasi  adalah  pengajaran  berbasis  teks.  Pembelajaran  ini  adalah  pembelajaran  yangmengacu  pada  fungsi  bahasa  dan  penggunaannya,  yang  merupakan  satu  kesatuan  maknabaik  lisan  maupun  tulis.  Adapun  yang  dimaksud  dengan  teks  adalah  kesatuan  makna  yangdapat  terdiri  atas  satu  kata  seperti  kata  ‘stop’  dipinggir  jalan,  satu  frase  ‘no  smoking’,  satukalimat  berupa  pengumuman  sampai  satu  buku.  Dengan  demikian,  pembelajaran  berbasisgenre sangat relevan untuk diterapkan.
Teks  dipelajari  bukan  sebagai  sasaran  akhir,  tetapi  sebagai  alat  untuk  melakukan  berbagaiaktivitas  dalam  kehidupan  nyata.  Pada  tingkat  dasar  ini,  materi  ajar  terdiri  atas  teks-tekspendek  dan  sederhana.  Pembelajaran  dirancang  untuk  memberikan  pengalaman  dalammenggunakan  teks-teks  berbahasa  Inggris  untuk  memahami  dan  menerapkan  pengetahuanfaktual,  konseptual,  dan  prosedural  terkait  fenomena  dan  kejadian  tampak  mata,  melaluikegiatan  berbicara,  menyimak,  membaca,  dan  menulis  dalam  ranah  konkret.  Penggunaanteks  juga  bertujuan  untuk  mengembangkan  sikap  menghargai  dan  menghayati  nilai-nilaiagama  dan  sosial,  termasuk  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (toleransi,gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara  efektif  dengan  lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Pembelajaran  bahasa  Inggris  berbasis  teks  mendukung  pembelajaran  pada  mata  pelajaranlain  dalam  kurikulum.  Misalnya,  pembelajaran  teks  deskriptif  akan  mengembangkankemampuan  siswa  antara  lain  pada  mata  pelajaran  Seni  Budaya  untuk  mempromosikanwisata  di  Indonesia.  Selain  itu,  pembelajaran  jenis  teks  lain  akan  membantu  siswa  dalammemperluas  wawasan  keilmuannya  tentang  materi  dalam  mata  pelajaran  lain  dalam  skalainternasional.
Silabus  ini  disusun  dengan  format  dan  penyajian/penulisan  yang  sederhana  sehinggamudah  dipahami  dan  dilaksanakan  oleh  guru.  Penyederhanaan  format  dimaksudkan  agarpenyajiannya  lebih  efisien,tidak  terlalu  banyak  halaman  namun  lingkup  dan  substansinyatidak  berkurang,  serta  tetap  mempertimbangkan  tata  urutan  (sequence)  materi  dankompetensinya.  Penyusunan  silabus  ini  dilakukan  dengan  prinsip  keselarasan  antara  ide,desain,  dan  pelaksanaan  kurikulum;  mudah  diajarkan  oleh  guru  (teachable);  mudahdipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untukdipelajari  (worth  to  learn)  sebagai  bekal  untuk  kehidupan  dan  kelanjutan  pendidikan siswa.
Silabus  inimerupakan  acuan  bagi  guru  dalam  melaksanakan  pembelajaran  bersifatfleksibel,  kontekstual,  dan  memberikan  kesempatan  kepada  guru  untuk  mengembangkan dan  melaksanakan  pembelajaran,  serta  mengakomodasi  keunggulan-keunggulan  lokal.
Atas  dasar  prinsip  tersebut,  komponen  silabus  mencakup  kompetensi  dasar,  materipembelajaran,  dan  kegiatan  pembelajaran.  Uraian  pembelajaran  yang  terdapat  dalamsilabus  merupakan  alternatif  kegiatan  yang  dirancang  berbasis  aktivitas.  Pembelajarantersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagaimodel  yang  sesuai  dengan  karakteristik  masing-masing  mata  pelajaran.  Dalammelaksanakan  silabus  ini  guru  diharapkan  kreatif  dalam  pengembangan  materi,pengelolaan  proses  pembelajaran,  penggunaan  metode  dan  model  pembelajaran,  yangdisesuaikan  dengan  situasi  dan  kondisi  masyarakat  serta  tingkat  perkembangankemampuan siswa.

B. Kompetensi  yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Inggris di Pendidikan
Dasar dan Pendidikan Menengah
Secara  umum  kompetensi  Bahasa  Inggris  adalah  kemampuan  berkomunikasi  dalam  tigajenis  wacana,  (1)  interpersonal,  (2)  transaksional,  dan  (3)  fungsional,  secara  lisan  dantulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam kontekskehidupan  personal,  sosial  budaya,  akademik,  dan  profesi.  Siswa  dipandu  untukmenggunakan  berbagai  bentuk  teks  untuk  kebutuhan  literasi  dasar,  dengan  struktur  yangberterima  secara  koheren  dan  kohesif  serta  unsur-unsur  kebahasaan  secara  tepat.  Berikutruang lingkup kompetensi dan materi Bahasa Inggris.

KOMPETENSI
 Menunjukkan perilaku yang berterimadalam lingkungan personal, sosialbudaya, akademik, dan profesi;
 Mengidentifikasi fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaandari teks pendek dalam kehidupan dankegiatan siswa sehari-hari;
 Berkomunikasi secara interpersonal,transaksional dan fungsional tentangdiri sendiri, keluarga, serta orang,binatang, dan benda, kongkret danimajinatif yang terdekat dengankehidupan dan kegiatan siswa seharihari di rumah, sekolah, danmasyarakat,  serta terkait dengan matapelajaran lain dan dunia kerja;
 Menangkap makna dan menyusun tekslisan dan tulis, dengan menggunakanstruktur teks secara urut dan runtutserta unsur kebahasaan secara akurat,berterima, dan lancar.

RUANG LINGKUP MATERI
 Teks-teks pendek dalam wacana interpersonal,transaksional, fungsional khusus, dan fungsionaldalam bentuk teks descriptive, recount, narrative,procedure, report, explanation, analyticalexposition, dan news item, pada tataran literasiinformasional;
 Penguasaan setiap jenis teks mencakup tigaaspek, yaitu fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan, yang ketiganya ditentukan dandipilih sesuai tujuan dan konteks komunikasinya;
 Sikap mencakup menghayati dan mengamalkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),santun, responsif dan proaktif dan menunjukkansikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan;
 Keterampilan mencakup menyimak, berbicara,membaca, menulis, dan menonton, secara efektif,dengan lingkungan sosial dan alam dalam lingkup
pergaulan dunia;
 Unsur-unsur kebahasaan mencakup penandawacana, kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanankata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan kerapiantulisan tangan;
 Modalitas: dengan batasan makna yang jelas.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
A. Kelas : VII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran  tidaklangsung  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  danKompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolahdengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang  prosespembelajaran  berlangsung  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalammengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagaiberikut ini.

Kompetensi Dasar
Siswa mampu:
3.1 mengidentifikasi fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan teks interaksiinterpersonal lisan dan tulisyang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan,mengucapkan terimakasih, danmeminta maaf, sertamenanggapinya, sesuai dengankonteks penggunaannya
4.1  menyusun teks interaksiinterpersonal lisan dan tulissangat pendek dan sederhanayang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuaikonteks

Materi Pokok
 Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
 Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
 Unsur kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yanglazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
 Topik
Interaksi antara siswa di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI

Pembelajaran
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungkapan yang sedangdipelajari
- Belajar menanyakan halhal yang tidak diketahui atau yang berbeda
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dariberbagaisituasi lain yang serupa
- Membiasakan menerapkan tindakan yangsedang dipelajari. dalaminteraksi dengan guru danteman secara alami didalam dan di luar kelas- Melakukan refleksitentang proses dan hasilbelajar

Kelas : VIII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran  tidaklangsung  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  danKompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolahdengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang  prosespembelajaran  berlangsung  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalammengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Peterampilan  sebagaiberikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1  menerapkan fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan teks interaksiinterpersonal lisan dantulis yang melibatkantindakan memintaperhatian, mengecekpemahaman, menghargaikinerja, meminta danmengungkapkanpendapat, sertamenanggapinya, sesuaidengan kontekspenggunaannya
4.1 menyusun teks interaksiinterpersonal lisan dantulis sangat pendek dansederhana yangmelibatkan tindakanmeminta perhatian,mengecek pemahaman ,menghargai kinerja, sertameminta danmengungkapkanpendapat, danmenanggapinya denganmemperhatikan fungsisosial, struktur teks, danunsur kebahasaan yangbenar dan sesuai konteks
 Fungsi Sosial
Menjaga hubunganinterpersonal dengan guru danteman
 Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
 Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is itclear?, Great, I think so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata,intonasi, ejaan, tanda baca,dan tulisan tangan
 Topik
Interaksi antara siswa dan gurudi dalam dan di luar kelas yang tindakan meminta perhatian,mengecek pemahaman,menghargai kinerja, memintadan mengungkapkan pendapt yang dapat
menumbuhkanperilaku yangtermuat di KI
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapacontoh percakapan, denganucapan dan tekanan katayang benar
- Mengidentifikasi ungkapanyang sedang dipelajari- Menanyakan hal-hal yangtidak diketahui atau yangberbeda
- Menentukan ungkapan yangtepat secara lisan/tulis dariberbagai situasi lain yangserupa
- Membiasakan menerapkanyang sedang dipelajari dalaminteraksi dengan guru danteman secara alami di dalamdan di luar kelas
- Melakukan refleksi tentangproses dan hasil belajar

Kelas : IX
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran  tidak langsung  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  dan Kompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang  proses pembelajaran  berlangsung  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1  menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapanselamatatassuatuk ebahagiaandanprestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1  menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan
ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya,dengan memperhatikanfungsi sosial, strukturteks, dan unsurekebahasaan yang benardansesuaikonteks
 Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru danteman
 Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
 Unsur kebahasaan
- Ungkapan a.l.
Congratulations,I hope so,Iwish you luck; dll.
- Ucapan, tekanan kata,intonasi, ejaan, tanda baca,dan tulisan tangan
 Topik
Prestasi dan kebahagiaan yangdapat menumbuhkanperilakuyang termuat di KI
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
- Melakukan percakapan terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

Demikianlah tadi beberapa cuplikan sekilas mengenai isi dari Silabus Bahasa Inggris K13 Revisi 2017 SMP/MTs yang dapat anda lihat selengkapnya pada file yang dapat anda download pada link download yang telah kami sediakan di bawah ini:

Link Download:

Subscribe to receive free email updates: