Soal dan Jawaban USBN IPS SMP/MTS 2018 K13 & KTSP

Soal dan Kunci Jawaban USBN IPS SMP/MTS 2018. Kali ini kami akan membagikan file Prediksi Soal dan Kunci Jawaban USBN SMP yang sudah semakin hari semakin dekat pelaksananya. pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada tahun 2018 ini mengalami peningkatan jumlah mata pelajarannya. Ada hal yang spesial dalam pelaksanaan USBN di tahun 2018 ini. Dimana pelaksanaan ujian mengalami kemajuan, yaitu ada beberapa sekolah yang menggunakan sistem ujian berbasis komputer namun juga ada yang memakai basis kertas atau tulis seperti pada ujian pada umumnya. Bagi siswa kelas 9 tentunya sudah harus memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi USBN di tahun 2018 ini, mengingat tahun pelajaran 2017/2018 sudah semakin mepet bagi siswa kelas 9 SMP/MTS.

Download Prediksi Soal dan Jawaban USBN SMP IPS 2017/2018. Soal yang akan keluar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang SMP/MTS di tahun 2018 ini tentunya merupakan soal-soal yang ada kaitannya dengan kisi-kisi soal USBN yang sudah dikeluarkan secara resmi oleh BSNP pada tahun ajaran 2017/2018. Karena tidak semua sekolah sudah menggunakan Kurikulum 2013 jadi, pada kisi-kisi tersebut juga disampaikan untuk USBN yang menggunakan materi kurikulum 2006. Prediksi soal USBN yang akan dikeluarkan pastinya sudah sesuai dengan kisi-kisi yang telah di bagikan tersebut. Namun, pada artikel ini kami juga akan membagikan beberapa contoh soal USBN yang hampir sama dengan kisi-kisi tersebut. Mungkin saja, akan ada beberapa soal yang nantinya sama pada saat pelaksanaan USBN SMP untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) jenjang SMP/MTS di tahun 2018 ini.


Berikut ini merupakan materi yang terkait dengan soal USBN IPS SMP/MTS yang sesuai dengan kisi-kisi.
Untuk Sekolah yang terdaftar menggunakan kurikulum 2006 dalam pelaksanaan proses belajarnya, maka saat USBN mereka juga akan mengerjakan soal yang sesuai dengan kurikulum 2006 / KTSP yang terdiri dari lingkup materi Bentuk Muka Bumi Gejala Geosfer; Sosialisasi dan Perubahan Sosial; Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik Indonesia; dan Perekonomian Indonesia dan Kerjasama Internasional. 

Sedangkan untuk sekolah yang terdaftar menggunakan kurikulum 2013 / K13 dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, maka pada saat USBN juga akan menerima soal yang sesuai dengan kurikulum 2013 / K13 yang terdiri dari lingkup materi Keruangan dan Konektivitas; Lembaga Sosial dan Dinamika Sosial; Perkembangan sosial, ekonomi, budaya dan Politik Indonesia; dan Perekonomian Indonesia dan Kerjasama Internasional.

Demikianlah tadi beberapa muatan kisi-kisi yang berada pada soal USBN di tahun 2018 ini. Berikut ini akan kami tampilkan pula cuplikan soal-soal yang terdapat dalam beberapa file Soal IPS SMP/MTS yang telah kami bagikan, Semoga file tersebut dapat bermanfaat buat para pengunjung website ini.

Contoh Soal USBN IPS Kurikulum 2006 / KTSP
1. Perang Dunia II tidak hanya terjadi di wilayah Eropa melainkan terjadi pula di wilayah Asia Pasifik. Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik diawali dengan peristiwa ... .
A.  Pendudukan Jepang di Indonesia
B.  Penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
C.  Penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
D.  Penyerangan  Jepang  atas  Pearl  Harbour,  pangkalan  Angkatan  Laut Amerika Serikat

2. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)  Nasionalisasi De Javasche Bank oleh Pemerintah
2)  Pembentukan Propinsi Irian Barat di Soa Siu Maluku
3)  Pemogokan buruh secara total pada perusahaan-perusahaan milik Belanda
4)  Menyampaikan  masalah  Irian  Barat  di  depan  Majelis  Umum  PBB  melalui pidato yang berjudul “To Build World a New”
Upaya  Konfrontasi  ekonomi  yang  dilakukan  oleh  pemerintah  Indonesia dalam merebut Irian Barat dari tangan Belanda ditunjukan oleh nomor .....
A.  1, dan 2   C.  2, dan 4
B.  1, dan 3   D.  3 dan 4

3. Setelah  peristiwa  pemberontakan  G30S/PKI  tahun  1965  para  mahasiswa dan elemen masyarakat  di  Jakarta  melakukakan  serangkaian  aksi.  Latar belakang lahirnya kesatuan-kesatuan aksi tersebut  adalah ... .
A.  Presiden belum menyempurnakan Kabinet Dwikora
B.  Presiden  tidak  segera  membubarkan  PKI  yang  telah  nyata memberontak
C.  Pasukan Cakrabirawa masih tetap bebas melakukan penembakan
D.  Hubungan diplomasi dengan Cina tidak segera diputuskan

4. Di  kota  besar  seperti  Jakarta  percampuran  (akulturasi)  unsur  kebudayaan sering terjadi. Unsur kebudayaan yang tidak mudah diterima dalam proses akulturasi adalah ....
A.  Unsur Mata Pencaharian
B.    Unsur Sistem pemerintahan
C.  Unsur Teknologi
D.  Unsur Kepercayaan

5. Jika  kamu  dianggap  seorang  anak  yang  berbudi,  sopan,  patuh  pada  orang tua,  mudah menyesuaikan  diri  dengan  orang  lain.  Kemudian  berubah menjadi  suka  membolos,  merokok,  dan  tidak  sopan.
Prosesterjadinya  penyimpangan dalam kasus kamu tersebut  sesuai dengan ....
A.  Teori Pergaulan Berbeda
B.   Teori Labeling
C.  Teori Merton
D.  Teori Fungsi

Selengkapnya bisa Anda download pada link downoad yang sudah tersedia di bawah.

Contoh Soal USBN IPS Kurikulum 2013 / K13
1. Berdasarkan kemungkinan pemulihannya, sumber daya alam terdiri dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resource) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources). contoh-conth sumber daya alam unreable resources adalah...
A. Udara, tembaga, dan tanah
B. Batu bara, udara dan timah
C. Belerang, air dan pasir besi
D. Minyak bumi, gas alam dan batu bara

2. Komponen alam merupakan komponen lingkungan abiotik atau lingkungan biotik, sedangkan unsur budaya merupakan komponen binaan. Kedua komponen tersebut dapat terjadi saling keterkaitan. Contoh keterkaitan antara komponen alam dengan komponen binaan adalah...
A. Di daerah pantai, berkembang kehidupan nelayan
B. Untuk kepentingan pertanian, pemerintah membangun bendungan.
C. Di darah yang berbukit, rumah-rumah dibangun secara terpencar atau menyebar.
D. Penduduk dalam memenuhi kebutuhan pangannya membua hutan untuk dijadikan lahan pertanian.

3. Berikut ini yang tidak termasuk faktor-faktor pendorong bangsa Eropa ingin menguasai wilayah Indonesia adalah...
A. Letak indonesia yang sangat strategis
B. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah
C. Bangsa eropa memerlukan daerah pemasaran berbagai komoditasnya
D. Bangsa eropa ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

4. Lembaga operator adalah lembaga yang secara langsung melakanakan pengelolaan terhadap sumber daya alam, bentuk-bentuk lembaga operator di Indonesia adalah...
A. BUMN, BUMS, dan koperasi
B. PT, CV, dan Firma
C. Perusahaan industri, perusaan perkebunan dan perdagangan
D. BUMD, persero, dan perjan

5. Salah satu peran Indonesia dalam kerjasama antar negara di bidang politik adalah...
A. Pendiri Liga Bangsa-bangsa
B. Pendiri Perserikatan Bangsa-bangsa
C. Pendiri SEATO
D. Pendiri gerakan Non Blok

untuk lebih lengkapnya bisa didownload pada link download yang sudah tersedia di bawah ini; 

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Jawaban USBN IPS SMP/MTS 2018 K13 & KTSP"

Posting Komentar