Soal LKS SMK Desain Grafis 2018 (Graphic Design Technology)

Soal LKS SMK Graphic Design (Desain Grafis) 2018. Pada kesempatan ini, kami juga akan membagikan Soal LKS SMK Tahun 2018 Bidang Lomba Graphic Design Technology (Desain Grafis). Biasanya lomba Desain grafis ini diikuti oleh anak SMK yang berada di jurusan Multimedia. namun juga tidak menutup kemungkinan ada jurusan desain grafis di SMK. Kreativitas dan imaginasi dituntut lebih pada bidang lomba ini, karena peserta didik diminta untuk membuat desain sebuah kemasan atau dan yang lain sebagainya namun juga harus kreatif dan inovatif dan belum pernah ada desain sebelumnya. untuk Tahun lalu para peserta tingkat nasional disajikan dengan sebuah kemasan/botol dan mereka diminta untuk mendesain sebuah kemasan air mineral tersebut. Lantas untuk yang tahun 2018 ini akan seperti apakah soal LKS SMK bidang Desain Grafis ini. Simak terus informasinya di bawah ini. 

Contoh Modul 4: LKS Tahun lalu

Berikut ini merupakan cuplikan informasi dari soal LKS SMK Tahun 2018 bidang Desain Grafis;

Deskripsi Lomba
Graphic Design Technology terdiri dari berbagai keterampilan dan disiplin yang berbeda dalam produksi dan hasil desain grafis. Keragaman keterampilan yang dibutuhkan dalam industri Graphic Design Technology sangat luas menjadikan orang-orang yang terlibat dalam industri ini menjadi spesialis dalam aspek tertentu. Pada akhirnya sebuah tim dalam proses proyek Graphic Design Technology dapat terdiri dari anggota yang memiliki kekuatan sendiri, spesialisasi dan peranan.
Design Graphic Technologymelibatkan klien eksternal dan internal dalam pekerjaanya untuk menciptakan solusi untuk kebutuhan mereka dan tidak jarang dapat mencakup pencetakan atau produksi publikasi online. Orang yang bekerja di industri ini sering bekerja sama dengan klien mereka dan harus menjadi komunikator yang kuat sehingga mereka berhasil mencapai tujuan klien. Mereka membutuhkan interaksi, riset, desain dan Skill. Dalam rangka untuk memiliki kemampuan ini mereka perlu memahami target audiens, market, trend dan perbedaan budaya dan apa yang diinginkan klien. Mereka harus mampu bekerja dalam tim baik formal maupun informal, atau bekerja sendiri.
Setelah menyelesaikan tahap penelitian dan perencanaanproyek, kemudian ditafsirkan untuk membentuk desain dalam perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan industri yang spesifik. Desain harus disiapkan dengan spesifikasi teknis yang benar untuk output atau publikasi online. Sangat penting bahwa praktisi memahami semua tahapan prosedur termasuk kendala proses pencetakan tertentu. Keterampilan ini juga berlaku untuk mendesain ulang atau memperbarui desain.
Ada berbagai kesempatan kerja dalam industri ini. Seperti pekerja lepas, pengusaha, atau bekerja pada sebuah perusahaan periklanan, sebuah perusahaan desain, perusahaan percetakan atau perusahaan dengan departemen desain. Praktisi mungkin memiliki peran yang luas, atau mengkhususkan diri sebagai desainer grafis, operator percetakan, typographer, typesetter, type designer, imagemanipulation specialist, illustrator, art director, production manager, digital printer, informationdesigner, publisher or packaging
specialist.

Proyek Uji LKS
Ketentuan Umum
Tujuan dari Proyek Uji adalah untuk memberikan kesempatan penuh dan seimbang untuk penilaian dan menandai seluruh Standar Spesifikasi, dalam hubungannya dengan Skema Marking. Hubungan antara Proyek Uji, Menandai Skema dan Standar Spesifikasi akan menjadi indikator kunci dari kualitas.
Proyek Uji tidak akan mencakup area di luar Standar Spesifikasi, atau mempengaruhi keseimbangan tanda dalam Spesifikasi Standar selain dalam keadaan yang ditunjukkan oleh Bagian 2.
Proyek Ujiakan memungkinkan pengetahuan dan pemahaman yang akan dinilai hanyamelalui aplikasi dalam kerja praktek.
Proyek Ujitidak akan menilai pengetahuan tentang aturan dan peraturan WorldSkills.
Deskripsi Teknis ini akan mencatat setiap masalah yang mempengaruhi kapasitas Proyek Ujiuntuk mendukung penuh berbagai penilaian relatif terhadap Standar Spesifikasi.

Persyaratan Proyek Uji
Format atau struktur proyek uji LKS terdiri dari 4 - 5 modul dalam 3 hari kompetisi. Modul dapat terdiri dari beberapa spesifikasi dalam list di bawah.
 Desain Editorial dan Media baru (sampul majalah atau isi, leaflet, menu restoran, booklet, UI design, PDF Interactive, Data Merge, Page Transition),
 Ketrampilan menggunakan perangkat lunak grafis (Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CS6, Adobe Indesign CS6, Adobe Acrobat Pro X)
 Dicetak pada sheetfed atau web offset press, menggunakan warna proses dan atau warna spot; bisa termasuk header, sub-header, dan teks, gambar, grafik, atau tabel, elemen halaman master, dll.
 Desain Kemasandan Ilustrasi vector kreatif(kotak biasa, kotak rak, label)
 Dicetak pada sheet offset atau dalam flexography, menggunakan warna proses dan atau warna spot; bisa termasuk teks, daftar bahan, nama merek, gambar, barcode, garis potong, garis lipat, dll.
 Corporate identity dan desain informasi ( kartu nama, logo, kop surat, penanda arah atau lokasi, simbol, info grafis, tabel, dll )
 Dicetak pada sheet offset atau dalam pencetakan silkscreen, menggunakan warna proses dan atau warna spot; bisa termasuk beberapa baris teks, ilustrasi, pembuatan logo, simbol, vektor, dll.
 Advertising dan display design ( poster, banner, billboard, car mapping, full page advert, large format, dll.)
 Dicetak pada sheet offset atau pada plotter inkjet, menggunakan warna proses dan atau warna spot;
 Bisa termasuk beberapa baris teks atau slogan, manipulasi gambar atau photomontage,penggunaan resolusi besar, dll

Langsung aja pada soal Lombanya ya.. 

A. Deskripsi Lomba:
Bidang Kompetensi : Graphic Design Technology
Modul yang di lombakan:
 Modul 1: HOME ASSIGNMENT
 Modul 2: CORPORATE IDENTITY DESIGN
 Modul 3: PACKAGING DESIGN
 Modul 4: PROMOTION DESIGN
 Modul 5: PUBLICATION DESIGN
 Modul 6: NEW MEDIA DESIGN
Waktu: Pelaksanaanlomba3 hari

B.Kisi-kisi dan kriteria Lomba

TEST PROJECT
Melakukand emonstrasi/unjuk ketrampilan terhadap proses kerja yang diharapkan pada soal yang terdiri dari modul-modul yang akan dikerjakan sebagai berikut:

MODUL 1 : HOME ASSIGNMENT
Tes yang WAJIB dikerjakan sebelum lomba dimulai dan dikumpulkan paling lambat 1 minggu sebelum lomba dilaksanakan yang dikirimkan ke inaskillgd@gmail.com sesuai ketentuan yang terdapat di  MODUL 1: HOME ASSIGNMENT dengan tujuan untuk memberikan bahan pelatihan, mengukur potensi dan keahlian peserta agar penilaian lebih objektif.

MODUL2: CORPORATE IDENTITY
Corporate Identity/identitas perusahaan adalah Kombinasi antara warna, desain, kata-kata, dan element visual lainnya yang bertujuan untuk membuat pernyataan visual mengenai dirinya sendiri secara unik, pandangan dan bagaimana ingin dilihat oleh orang lain, serta bagaimana orang lain mengenali dan diingat. Corporate Identity tidak hanya terbatas kepada logo dan stationary perusahaan, tetapi juga meliputi hingga media promosi dan publikasi yang dipandu oleh GSM (Graphic Standard Manual).
Adapun apabila sebuah perusahaan menjadi besar dan mempunyai beberapa produk, jasa atau cabang perusahaan, maka dibutuhkan sebuah Brand architecture yang baik untuk mengelola produk, jasa atau cabang perusahaan tersebut.

MODUL3 : PACKAGING DESIGN
Packaging design atau desain kemasan adalah desain grafis yang menggunakan teknologi kemasan yang bertujuan melindungi produk untuk distribusi, disimpanan dan penjualan. Desain kemasan juga bertujuan untuk menginformasikan produk dibalik kemasan yang disampikan dengan visual untuk mengajak orang untuk membeli

MODUL 4 : PROMOTION DESIGN
Promotion Design adalah desain grafis yang menggunakan media atau sarana yang untuk mempromosikan, memuat informasi atau penjelasan tentang produk atau jasa.

MODUL5 : PUBLICATION DESIGN
Publikasi adalah karya seni dibidang desain grafis yang diperuntukkan mengkomunikasikan informasi bagi publik atau umum seperti surat kabar, majalah, katalog.

MODUL6: NEW MEDIA DESIGN
New Media Design adalah media baru yang sedang berkembang di era digital.
Dalam perkembanganya desain grafis digunakan dalam banyak media digital yang memberikan pengalaman baru mulai dari UI design, PDF Interactive, Data Merge, Page Transition dll.
Download Juga; Pedoman Pelaksanaan LKS SMK Ke-26 Tahun 2018
Untuk Soal lebih detailnya, anda bisa langsung mendownloadnya pada link download yang telah kami sediakan di bawah ini:

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal LKS SMK Desain Grafis 2018 (Graphic Design Technology)"

Posting Komentar