Soal USBN SMP PAI dan Budi Pekerti 2018 & Jawaban

Soal USBN SMP PAI dan Budi Pekerti 2018 & Jawaban. Kali ini kami akan membagikan Kumpulan File Soal, Prediksi dan Jawaban USBN SMP mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti yang menggunakan kurikulum 2006 dan juga kurikulum 2013 atau K13, untuk sekolah yang menggunakan K13 maka nama mata pelajaran PAI di tambah dengan Budi Pekerti. USBN merupakan ujian sekolah yang merupakan salah satu ujian penentu kelulusan siswa kelas 9 SMP/MTS pada tahun ajaran 2017/2018 ini. Maka dari itu, sebelum menginjak pelaksanaan USBN SMP tahun 2018 ini para siswa kelas 9 harus banyak-banyak belajar mengenai mata pelajaran yang nantinya akan diujikan pada hari Ha nanti. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan mencoba membagikan beberapa file contoh soal USBN PAI  dan Budi pekerti yang dapat digunakan untuk latihan belajar.


Download Soal USBN PAI SMP 2018. Pada artikel ini kami akan mencoba menyediakan link download untuk soal-soal USBN terutama mata pelajaran PAI dan Budi pekerti yang terdiri dari soal dengan kurikulum KTSP / 2006 dan juga soal yang menggunakan kurikulum 2013 atau K13. Beberapa contoh soal yang kami hadirkan adalah soal-soal dari USBN tahun lalu dan juga soal uji coba USBN tahun 2018 ini yang sengaja diujikan terlebih dahulu kepada para siswa kelas 9 SMP di suatu daerah tertentu. 

Prediksi Soal USBN PAI 2018. Bisa jadi, beberapa contoh soal yang telah kami hadirkan disini akan keluar pada USBN SMP Tahun 2018 nanti. Karena soal-soal yang dikeluarkan memiliki tipe yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yang jelas soal yang akan keluar di tahun 2018 ini kriterianya sudah sesuai dengan kisi-kisi soal USBN SMP Tahun pelajaran 2017/2018 yang telah di keluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 

Kisi-kisi soal USBN SMP tahun 2018 yang menggunakan kurikulum 2006 terdiri dari lingkup materi Alqur'an, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan juga Tarikh. 

Sedangkan untuk kisi-kisi soal USBN SMP Tahun 2018 yang menggunakan kurikulum 2013 atau K13 memiliki lingkup materi Al-qur'an, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Sejarah Peradaban Islam. 

Berikut ini juga akan kami tampilkan cuplikan soal yang terdapat di dalam file contoh soal yang akan dibagikan. 

1. Perhatikan wacana berikut!
Tanggal 9 Dzulhijjah setelah matahari tergelincir jamaah sudah berada berkumpul di Arafah. Setelah melaksanakan jamak takdim shalat Dzuhur dan Ashar mereka memperbanyak doa dan dzikir.

Rukun haji yang dimaksud pada wacana tersebut adalah….
A.     Wukuf                                              C. sai
B.     Tahalul                                             D. tawa

2. Selama melaksanakan umrah para jamaah memusatkan perhatian pada ibadah yang menjadi rukunnya. Kegiatan tersebut dilakukan dengan ikhlas dan rida karena Allah. Salah satu hikmah dari kegiatan umrah tersebut adalah…
A.     melahirkan solidaritas dan kekeluargaan
B.     meningkatkan kualitas diri dalam beribadah
C.     meningkatkan kedisiplinan
D.     meningkatkan dakwah

3. Perhatikan kutipan sejarah berikut!
Saat berdakwah di Thaif Rasulullah SAW. disambut dengan cemoohan dan lemparan batu. Datanglah malaikat Jibril menawarkan diri untuk menghukum penduduk Thaif. Rasulullah menolaknya bahkan mendoakan kebaikan untuk penduduk Thaif.

Sikap yang patut di teladan dari kisah tersebut adalah….
A.     pendendam   B. membiarkan C. tolera  D.  pemaaf

4. Perhatikan beberapa situasi daerah Madinah pada masa Rasulullah SAW:
1)          Penduduk Madinah memiliki tanah pertanian
2)            Kota Madinah berada pada jalur perdagangan
3)           Kaum Muhajirin belum memiliki pekerjaan
4)           Barang-barang kebutuhan hidup berasal dari daerah lain
Faktor yang menyebabkan terjalinnya kerjasama dalam bidang pertanian terdapat pada nomor ….
A.     1 dan 2              B. 1 dan 3                  C. 4 dan 1                  D. 4 dan 2

5. Perhatikan wacana di bawah ini!
Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Umayah berkembang pesat termasuk ilmu agama. Peran khalifah Umar bin Abdul Aziz dalam perkembangan ilmu agama adalah memprakarsai….
A.       pembukuan hadits                    C. penterjemahan hadits          
B.       pembukuan al Quran                D. pendirian madrasah

6. Perhatikan kutipan sejarah berikut ini :
Setelah masuk Islam, penduduk setempat ingin mempelajari Islam lebih dalam. Hal ini menyebabkan para ulama tergerak untuk menyelenggarakan tempat untuk memperdalam ajaran Islam. Dari tempat ini Islam pun semakin berkembang.
Dari kutipan tersebut Islam berkembang melalui ….
A.     perdagangan        B. kesenian  C. perkawinan D. pengajaran

7. Perhatikan wacana berikut!
Kerajaan ini berada di Selat Malaka. Karena letaknya yang strategis maka kerajaan ini
diincar oleh Portugis. Akibat serangan Portugis dan pertentangan antar pewaris kerajaan menyebabkan kerajaan ini ditaklukkan Portugis pada tahun 1521. Kerajaan yang dimaksud adalah ….
A.     Mataram
B.     Gowa-Tallo
C.     Samudra Pasai    
D.     Banten

8. Kekompakan gerak tangan, kepala dan badan penari ini selalu memikat perhatian penonton sekalipun jumlah penarinya cukup banyak. Syair berbahasa daerah bernuansa Islam menjadi pengiringnya. Pada tahun 2011 tarian ini resmi diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Tarian yang dimaksud adalah tari….
A.     Saman
B.     Serampang Dua Belas
C.     Serimpi
D.     Seudati

9. Berziarah ke makam menjelang kedatangan bulan Ramadhan menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat Jawa Barat untuk mendoakan arwah para almarhum. Tradisi tersebut dikenal dengan nama….
A.     khitanan
B.     ruwahan
C.     tujuh bulanan        
D.     sekaten

10. Di bawah ini yang termasuk sikap toleransi adalah ....
A.     Ketika Yosep terjatuh dari motor, Fahad tidak mau
menolongnya karena Yosep bukan seorang muslim
B.     Ketika Roberto terkena musibah kebakaran, Rahman membantunya
C.     Supardi tidak  mau menengok Ucok yang sakit karena mereka berbeda suku
D.     Maria makan pisang goreng di depan Fatimah yang sedang berpuasa

dan seterusnya.. 
Download Juga: Kumpulan SOAL USBN SMP 2018 Lengkap semua Mapel
untuk melihat koleksi soal USBN PAI dan Budi pekerti SMP/MTS anda bisa langsung mengunduhnya pada link download yang sudah kami sediakan di bawah ini. 

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal USBN SMP PAI dan Budi Pekerti 2018 & Jawaban"

Posting Komentar