RPP Matematika Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP Matematika Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018. Pada kesempatan ini kami ingin membagikan file RPP Matematika Kelas XII (12) SMA semester 1 yang menggunakan kurikulum 2013 edisi Revisi 2018. Dikarenakan buku K13 edisi revisi 2018 tahun ini baru diluncurkan jadi otomatis guru yang mengajar di kelas XII mata pelajaran Matematika harus mengutak-atik RPP yang dimiliki sebelumnya dan mencocokkannya sesuai dengan materi yang terdapat di dalam buku K13 edisi revisi tahun 2018 ini. Memang diakui bahwa perkembangan mengenai perubahan materi yang terdapat di dalam kurikulum 2013 ini membuat para guru sedikit kewalahan, mereka harus membuat Perangkat Pembelajaran Baru yang disesuaikan dengan materi buku terbaru yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. 

Download RPP Matematika Kelas XII Semester 1 / Ganjil Terbaru 2018. Pada artikel ini akan kami sediakan link download untuk dapat digunakan dalam proses pengunduhan file RPP matematika kelas XII untuk semester 1. File yang kami bagikan berbentuk .rar, anda bisa langsung mengunduhnya dan mengekstraknya di komputer masing-masing. Namun, dalam proses mengekstrak data Anda membutuhkan sebuah password, tapi passwordnya sudah kami sediakan pula pada halaman ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Contoh RPP yang kami bagikan ini dapat di ubah-ubah sesuai dengan format yang dminta oleh pihak sekolah. Silahkan saja download dan sesuaikan. 


Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP yang telah kami bagikan, Untuk dapat melihat versi lengkap dengan gambarnya, Anda bisa langsung mengunduhnya di link download. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA/SMK …
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XII / 1
Materi Pokok : Dimensi Tiga
Alokasi waktu : 6 x 45 menit

A. Kompetensi Inti 
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta alam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar 
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (Antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang).

C. Tujuan Pembelajaran 
Tujuan pembelajaran dari pembelajaran tentang dimensi tiga adalah siswa mampu mendeskripsikan dan menentukan jarak dalam ruang yang meliputi jarak antartitik, jarak titik ke garis, dan titik ke bidang. Pengalaman belajar yang diharapkan dalam pembelajaran adalah:
  1. mengamati dan mendeskripsikan masalah jarak antartitik, jarak titik ke garis, dan titik ke bidang pada ruang, 
  2. mengamati dan menerapkan konsep jarak antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang untuk menyelesaikan masalah pada dimensi tiga, dan
  3. Mengonstruksi rumus jarak dua titik dan jarak titik ke garis.

D. Materi Pembelajaran 
Dimensi Tiga yang terdiri dari Subbab;
- Jarak titik ke titik
- Jarak Titik ke Garis
- Jarak Titik ke Bidang
E. Metode Pembelajaran
Pembelajaran menggunakan metode problem solving. Pada proses pembelajaran terdapat proses mengati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. 

F. Media dan Bahan
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop

G. Sumber Belajar
Buku paket K13 revisi 2018


H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Untuk memotivasi siswa, Guru dapat meminta siswa untuk membaca biografi Euclid yang disajikan di buku siswa.
- Awal pembelajaran, siswa diberi pengantar tentang masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep jarak pada dimensi tiga. Masalah yang diajukan tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat atap rumah, yaitu kuda kuda kayu. Detail kuda kuda kayu disajikan dalam gambar berikut.

Selain masalah kuda kuda di atas, dapat diberikan contoh lain seperti kamar tidur yang berbentuk balok, kotak makanan yang berbentuk kubus, kaleng susu yang berbentuk tabung dan lain lain.

b. Kegiatan Inti
Subbab 1.1. Jarak Antartitik
Mengamati
Pada bagian Ayo Mengamati, siswa diminta untuk mengamati beberapa masalah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan jarak pada dimensi tiga. Pertama, siswa diberi kubus ABCD.EFGH dan bidang yang memuat titik P, Q, dan R. Dari kubus tersebut dijelaskan jarak antartitik. Pada Masalah 1, siswa diberi masalah tentang menentukan lintasan terpendek dari suatu kota ke kota lain. Pada Masalah 2, siswa diberi masalah tentang konsep jarak dari dua bangun.
- Guru meminta siswa untuk mengamati Gambar 1.4 pada Buku Siswa.

Masalah 1.1.
Masalah 1 memuat masalah menentukan lintasan terpendek dari dua kota. Minta siswa untuk mengamati Bangun 2.2 di buku siswa. Bangun 2.2 merupakan representasi dari kota yang dihubungkan dengan jalan. Pada Bangun 2.2 titik merepresentasikan kota dan segmen garis merepresentasikan jalan yang menghubungkan kota.

Tugasi siswa untuk menentukan rute yang dapat ditempuh Nasyitha dari A ke C dan menghitung panjang lintasannya. Kemudian instruksikan ke siswa untuk menulisnya pada Tabel 1.1.


Setelah siswa melengkapi Tabel 1.1, beri kesempatan siswa untuk menentukan jarak antara kota A dan C.

Masalah 1.2
Masalah 2 berisi uraian tentang pengertian jarak antara bangun G1 dan G2. Setelah siswa mengamati Masalah 1.1 dan Masalah 1.2, beri kesempatan kepada siswa untuk menuliskan istilah penting dari pengamatan pada tempat yang telah disediakan.

Menanya
Minta siswa untuk menulis pertanyaan dari masalah-masalah yang disajikan dalam kegiatan Ayo, Mengamati. Beri kesempatan kepada siswa untuk menulis dugaan yang mungkin muncul dari hasil pengamatan. Pertanyaan yang diharapkan muncul dari siswa adalah: (1) apa pengertian jarak antara dua titik?, (2) bagaimana menentukan jarak antara dua titik?

Mengumpulkan Informasi
gambar, ada di file aslinya...

Menalar
Pada kegiatan Ayo Menalar, ajak siswa untuk mengonstruksi rumus jarak antartitik. Dalam mengonstruksi rumus, siswa diberi pengantar tentang cara kerja Radar.

Mengkomunikasikan
- Beri kesempatan kepada siswa untuk membuat kesimpulan tentang jarak antartitik.
- Minta siswa untuk menukarkan kesimpulan yang telah dibuatnya dengan siswa lain.
- Kemudian beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan kesimpulannya.
- Setelah siswa selesai membuat kesimpulan dan mengomunikasikannya, minta siswa untuk mengerjakan soal latihan Subbab 1.1 Jarak Antartitik.

Subbab 1.2. Jarak Titik ke Garis
Mengamati
Pada kegiatan mengamati, minta siswa untuk mencermati Tabel 1.3. Pada Tabel 1.3 disajikan informasi tentang jarak titik ke garis pada ruang dimensi tiga.

Setelah siswa mengamati, beri kesempatan kepada siswa untuk menuliskan istilah penting hasil pengamatan pada tempat yang telah disediakan.

Menanya
Minta siswa untuk menulis pertanyaan dari masalah-masalah yang disajikan dalam kegiatan Ayo, Mengamati. Beri kesempatan kepada siswa untuk menulis dugaan yang mungkin muncul dari hasil pengamatan. Pertanyaan yang diharapkan muncul dari siswa adalah: (1) Apa pengertian jarak titik ke garis? (2) Bagaimana menentukan jarak titik ke garis?

Mengumpulkan Informasi dan Menalar
Pada kegiatan menggali informasi dan menalar, siswa diberi tiga masalah yaitu:
masalah 4, masalah 5, dan masalah 6. Masalah 4 merupakan aktivitas siswa dalam menentukan jarak titik ke garis. Aktivitas tersebut diilustrasikan dari paku yang ditancapkan pada papan. Pada masalah 5 siswa di beri kubus, kemudian siswa diminta untuk menentukan jarak titik ke diagonal. Pada masalah 6, siswa diajak untuk mengonstruksi rumus menentukan jarak pada suatu segitiga siku-siku.

Mengkomunikasikan
- Beri kesempatan kepada siswa untuk membuat kesimpulan tentang jarak titik ke garis.
- Minta siswa untuk menukarkan kesimpulan yang telah dibuatnya dengan siswa lain.
- Kemudian beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan kesimpulannya.

Setelah siswa selesai membuat kesimpulan dan mengomunikasikannya, minta siswa
untuk mengerjakan soal latihan subbab 1.2 Jarak Titik ke Garis

Subbab 1.3. Jarak Titik ke Bidang
Mengamati
Pada kegiatan mengamati, minta siswa untuk mencermati Tabel 1.4 dan masalah 2.7. Tabel 1.4 berisi informasi tentang jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga. Ajak siswa untuk mencermati informasi dalam Tabel 1.4. Setelah siswa mencermati Tabel 1.4, minta siswa untuk mencermati masalah 1.7.
Masalah 1.7 berisi informasi tentang bagaimana menentukan panjang tiang penyangga. Masalah ini merupakan penerapan konsep jarak titik ke bidang. Berikut disajikan Tabel 1.4 dan Masalah 7.

Setelah siswa mengamati, beri kesempatan kepada siswa untuk menuliskan istilah
penting hasil pengamatan pada tempat yang telah disediakan

Mengamati
Minta siswa untuk menulis pertanyaan dari masalah-masalah yang disajikan dalam kegiatan Ayo Mengamati. Beri kesempatan kepada siswa untuk menulis dugaan yang muncul dari hasil pengamatan. Pertanyaan yang diharapkan muncul dari siswa adalah: (1) Apa pengertian jarak titik ke bidang?, (2) Bagaimana menentukan jarak titik ke bidang?

Mengumpulkan Informasi dan Menalar
Pada kegiatan menggali informasi dan menalar, siswa diberi dua masalah yaitu:
masalah 1.8, dan masalah 1.9. Masalah 1.8 merupakan aktivitas siswa dalam menentukan jarak titik ke bidang pada kubus. Pada masalah 1.9 disajikan cara menentukan jarak titik ke bidang pada limas

Mengumpulkan Informasi
- Beri kesempatan kepada siswa untuk membuat kesimpulan tentang jarak titik ke garis.
- Minta siswa untuk menukarkan kesimpulan yang telah dibuatnya dengan siswa lain.
- Kemudian beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan kesimpulannya.

Setelah siswa selesai membuat kesimpulan dan mengomunikasikannya, minta siswa untuk mengerjakan soal latihan subbab2.3 Jarak Titik ke Bidang. Pembahasan soal latihan subbab 1.3 disajikan dalam bagian evaluasi dalam buku guru ini.

c. Kegatan Penutup
 - Minta beberapa siswa untuk menyimpulkan hasil kegiatan belajar. Bersama-sama dengan siswa, berikanlah review dan penguatan terhadap kegiatan belajar.


J. Penilaian
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap siswa dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Format penilaian sikap dapat menggunakan contoh Penilaian Jurnal Perkembangan Sikap sebagai berikut;

2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara memberikan tugas mengerjakan soal latihan.

3) Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan siswa dalam diskusi dan mengerjakan permasalahan soal.

Untuk melihat file lengkap yang disertai dengan gambar pada RPP Matematika Kelas XII Semester 1 / Ganjil K13 Revisi 2018, Anda bisa langsung mengunduhnya pada link download di bawah ini. Untuk membuka file .rar nya anda bisa menggunakan password di bawah ini:
password: www.arsipguru.web.id
Link Download:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Matematika Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018"

Posting Komentar