RPP Sejarah Indonesia Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP Sejarah Indonesia Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018. Kali ini kami akan membagikan file RPP Sejarah Indonesia SMA Kelas XII (Dua Belas) Semester 1 Terbaru yang menggunakan kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi 2018 yang disesuaikan dengan buku teks keluaran terbaru edisi revisi 2018. Sudah menjadi sebuah tanggung jawab dan kewajiban para guru untuk membuat perangkat pembelajaran. Salah satunya yaitu adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disebut degan RPP. RPP adalah salah satu perangkat yang paling rumit dibuat oleh para guru. Setiap kali pemerintah merubah kurikulum, maka otomatis materi pada mata pelajaran tertentu pastinya akan berubah, dan para guru juga akan membuat sebuah RPP baru yang menyesuaikan dengan kurikulum. 

Download RPP Sejarah Indonesia XII Semester 1 Terbaru K13 Revisi 2018. Pada artikel ini sengaja kita akan ulas lebih dalam lagi mengenai RPP sejarah Indonesia khususnya kelas 3. Pada artikel ini kami juga akan memberikan link yang dapat digunakan untuk mengunduh file RPP tersebut yang berbentuk .docx yaitu format microsoft word. Jika sudah didownload di komputer masing-masing, anda dapat langsung mengeditnya sesuai dengan keinginan dan juga disesuaikan dengan format permintaan masing-masing sekolah, biasanya berbeda-beda meskipun format umumkan sudah ditentukan. 

Berikut ini kami tampilkan cuplikan isi dari RPP Sejarah Indonesia Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018. (Untuk versi lengkapnya yang disertai tabel dan gambar, silahkan langsung download file Contohnya pada link download yang sudah disediakan).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA/SMK … 
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Materi Pokok : Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa
Alokasi waktu : 8 x 45 menit

A. Kompetensi Inti 
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif, sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,  menganalisis dan  mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
Kompetensi Dasar
KD 3.1 Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G 30 S/PKI.
KD 3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965.
KD 4.1 Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun, DI/TII,  APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, dan G30S/PKI.
KD 4.2 Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

Indikator
Melalui kegiatan pembelajaran ini, siswa mampu: 
3.1.1. Menganalisis berbagai pergolakan daerah yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948 hingga 1965. 
3.1.2. Mengaitkan peristiwa pergolakan daerah yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948 hingga 1965 dengan potensi ancaman disintegrasi pada masa sekarang.
3.1.3. Menjelaskan konflik-konflik atas dasar ideologi yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965.
3.1.4. Menganalisis kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya menyelesaikan konflik atas dasar ideologi yang terjadi antara tahun 1948-1965.
3.1.5. Menelaah akibat yang ditimbulkan oleh konflik atas dasar ideologi antara tahun 1948-1965
3.1.6. Mengidentifkasi konflik-konflik atas dasar kepentingan yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965.
3.1.7. Mengomunikasikan materi mengenai konflik atas dasar kepentingan yang terjadi antara tahun 1948-1965.
3.1.8. Mengidentifkasi konflik-konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan di Indonesia antara tahun 1948-1965, yaitu pemberontakan PRRI dan Permesta, serta persoalan negara federal dan BFO.
3.1.9. Mengomunikasikan bentuk-bentuk konflik antara tahun 1948-1965 yang terjadi atas dasar kepentingan serta dampak pertentangan dalam hal sistem pemerintahan antara tahun 1948- 1965, bagi perjuangan dan persatuan bangsa Indonesia yang sedang menghadapi penjajah dan menata sistem pemerintahan.

C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat; 
1. Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G 30 S/PKI.
2. Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965.
3. Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun, DI/TII,  APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, dan G30S/PKI.
4. Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

D. Materi Pembelajaran 
Bentuk-bentuk pergolakan di dalam negeri (1948-1965)
1. konflik dan pergolakan yang berkait dengan ideologi
2. konflik dan pergolakan yang berkait dengan kepentingan
3. konflik dan pergolakan yang berkait dengan sistem pemerintahan.

E. Metode Pembelajaran 
1. Model: Student Facilitator and Explaining (Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan siswa lainnya). 
2. Pendekatan: scientifc, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan.

F. Media dan Bahan 
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop

G. Sumber Belajar 
Buku paket K13 revisi 2018


H. Langkah-langkah Pembelajaran 
Pembelajaran pertama
1. Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan). 
b. Guru menyampaikan topik tentang “Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa”. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. Diusahakan masing-masing siswa bisa tampil untuk memperkenalkan diri (minimal sebut nama dan alamat), terakhir guru memperkenalkan diri.
c. Guru memberikan motivasi dan mengajak bersyukur atas keberagaman yang terdapat di Indonesia.
d. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

2. Kegiatan Inti (60 Menit)
a. Guru meminta siswa membaca bentuk-bentuk pergolakan dan konflik yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia selama masa tahun 1948-1965 dalam buku teks, halaman 7-8.
b. Guru menayangkan beberapa gambar potongan surat kabar yang memberitakan terjadinya konflik di Indonesia pada masa kini. Dalam Buku Siswa gambar ini terdapat pada halaman 6 (Gambar 1.1)
c. Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis gambar tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka.
d. Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil pengamatannya.
e. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya.
f. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu dan mengaitkannya dengan bentuk-bentuk pergolakan dan konflik yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia selama masa tahun 1948-1965.

3. Kegiatan Penutup (15 Menit)
a. Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang “Bentuk-Bentuk Ancaman Disintegrasi Bangsa”.
b. Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah belajar tentang topik “BentukBentuk Ancaman  isintegrasi Bangsa”.
c. Guru sekali lagi menegaskan agar para siswa tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beragam, dan mengajak siswa untuk memahami dan menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu dan tidak terpecah belah oleh pertikaian.
d. Guru melakukan tanya jawab untuk mengukur ketercapaian Indikator Pembelajaran, misalnya dengan mengajukan pertanyaan lisan:
1). Apa saja bentuk pergolakan atau konflik yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965?
2). Antara tahun 1948-1965, pemberontakan apa sajakah yang berkait dengan persoalan kepentingan (vested interest)?
3). Sebutkan peristiwa-peristiwa konflik yang terjadi pada masa kini, dan jelaskan persamaan antara konflik-konflik tersebut dengan beberapa konflik atau pergolakan yang pernah terjadi antara tahun 1948-1965!

Pembelajaran Kedua dan seterusnya..... 

J. Penilaian 
Penilaian dilakukan menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut:
1. Penilaian Pengetahuan
 format tabel penilaian pengetahuanbisa dilihat di file aslinya
2. Penilaian Keterampilan
Penilaian untuk kegiatan mengamati gambar berita koran mengenai konflik yang terjadi di Indonesia dan mengaitkannya dengan bentukbentuk ancaman  isintegrasi bangsa dalam sejarah Indonesia antara tahun 1948-1965.
format tabel penilaian keterampilan bisa dilihat di file aslinya

Keterangan: 
a. Kegiatan mengamati dalam hal ini dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan informasi faktual dengan memanfaatkan indra penglihat, pembau, pendengar, pengecap dan peraba. Maka secara keseluruhan yang dinilai adalah HASIL pengamatan (berupa informasi) bukan CARA mengamati.
b. Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan diperlakukan sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati.
• Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Indikator Pembelajaran (TP).
• Kelengkapan dalam arti semakin banyak komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit sisa (residu) fakta yang tertinggal.
• Kebahasaan menunjukkan bagaimana siswa mendeskripsikan faktafakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami).
c. Skor rentang antara 1 – 4
• 1 = Kurang
• 2 = Cukup
• 3 = Baik
• 4 = Amat Baik
* Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari File RPP Sejarah Indonesia SMA Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018 yang telah kami bagikan. Semoga file ini bermanfaat. Untuk mengekstraknya, silahkan menggunakan password di bawah ini: 
password: www.arsipguru.web.id

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Sejarah Indonesia Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018"

Posting Komentar