Contoh Pidato Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018

Contoh Pidato Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018. Pada kesempatan kali ini kami ingin coba membagikan informasi mengenai naskah Pidato atau sambutan pada upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada hari Senin, Tanggal 1 Oktober 2018. Masing-masing instansi pemerintahan baik pusat, provinsi maupun daerah dihimbau untuk melaksanakan upacara bendera guna memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Untuk itu, kami coba membantu beberapa panitia pelaksanaan untuk memberikan contoh pidato upacara yang dapat digunakan, misalnya pidato langsung dari menteri atau presiden sulit untuk ditemukan atau belum dikeluarkan.

Berikut ini merupakan isi dari naskah contoh pidato yang dapat digunakan pada upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang dibuat sendiri dan merujuk pada pidato presiden pada peringatan sebelumnya. 

CONTOH PIDATO UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2018
Bismillahirahmanirrahim,
Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi, salam sejahtera


Yang kami hormati, Bapak Kepala...
Yang kami hormati, Bapak/Ibu..
dan para .... yang saya sayangi dan banggakan.

Pertama-tama tak lupa kami panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita semua masih bisa berkumpul disini dengan keadaan sehat wal'afiat dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 ini dengan lancar, aman dan tertib.

Pada hari ini, kita merayakan Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila adalah dasar negara bagi bangsa Indonesia. Selama ini Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh, memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masyarakat kita. Sebagai warga negara yang baik, tentu kita berkewajiban mendukung upaya untuk menjaga, mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Pada tahun 2018 ini tema Hari Kesaktian Pancasila adalah " Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa".

Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini dibutuhkan semangat persatuan dan kesatuan serta kerja keras bersama yang berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bansa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mencapai prestasi bangsa. Sudah saatnya kita wujudkan prestasi bangsa ini dengan bersatu, bergotong-royong, bersungguh-sungguh, bekerja keras, dan bekerja cerdas pada bidang tugas masing-masing.

Saudara-saudara Sebangsa dan Setanah Air Yang Saya Muliakan,

Salah satu fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Di antara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme. Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.

Sudah tentu radikalisme dan faham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya.

Saudara-saudara Sekalian Yang Saya Hormati,

Kita semua, tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup.
(SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD)

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018"

Posting Komentar