Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 K13 t.a 2018/2019

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 K13 t.a 2018/2019 . Pada kesempatan ini kami akan membagikan Soal UAS Bahasa Indonesia untuk kelas VII (7) SMP semester 1 (ganjil) K13 tahun ajaran 2018/2019. Contoh soal yang kami bagikan dapat digunakan oleh guru maupun siswa sekolah menengah pertama (SMP)/MTs. Guru dapat menggunakannya sebagai bahan percontohan dalam membuat soal untuk anak didiknya disekolahannya masing-masing. Adapun siswa juga dapat memilikinya dengan cara dibuat latihan untuk mengerjakan soal UAS bahasa Indonesia semester 1 SMP kelas VII (7) tersebut. Dimana dengan sering-sering mengerjakan soal, nantinya kita akan terbiasa menghadapi berbagai macam soal yang akan diujikan oleh para guru di sekolah kita masing-masing.

Sebelum mengunduh contoh soal tersebut alangkah baiknya jika anda melihat dahulu mengenai materi dan indikasi mengenai soal yang akan dikeluarkan pada UAS semester 1 (ganjil) tahun ajaran 2018/2019 ini.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut:

Materi Pokok
Teks deskripsi
- Pengertian teks deskripsi
- Isi teks deskripsi
- Ciri umum teks deskripsi
- Struktur teks deskripsi
- Kaidah kebahasaan

Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya
- Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contohcontoh telaahannya
-Teknik penyuntingan teks deskripsi

Pengertian dan contohcontoh teks narasi (cerita fantasi)
- Unsur-unsur teks cerita narasi
- Struktur teks narasi
- Kaidah kebahasaan teks narasi
- Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
- Penceritaan kembali isi teks narasi ini.

Cuplikan Materi Bahasa Indonesia Kelas VII (7):

Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Pernahkah kamu mendengar atau membaca teks deskripsi? Tentu kamu pernah melihat acara jalan-jalan dari sebuah televisi yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia dengan pemaparan yang menarik. Atau pernahkah kamu membaca info perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia? Ya, itulah beberapa contoh teks deskripsi. Teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan, dan program televisi tentang jalan-jalan.
Pada kegiatan ini gurumu akan memandu agar kamu aktif menemukan ciri umum dan pemetaan isi teks deskripsi. Ikuti rangkaian kegiatan berikut dengan penuh gairah! Selamat belajar menjadi pendeskripsi andal.

Bacalah teks berikut.

Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.
Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.
Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.


Adapun contoh soal bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
I. Berilah tanda silang pada huruf A, B, C, atau D yang kau anggap benar!
Bacalah teks deskripsi berikut!
Rumah Tongkonan
Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adanya yang unik dan cantik. Oleh kar ena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan r amah setiap pengunjung yang datang.
Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan ber motif garis- garis lengkung yang harmonis.
Rumah adat yang ber jenis rumah panggung ini juga terbuat dar i kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan pelitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga r atusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.
Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai arsitek yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan war isan budaya yang perlu kita jaga.

Soal nomor 1 s/d 6 berkaitan dengan teks di atas.
1. Tujuan teks deskripsi di atas adalah mendeskripsikan ....
A. tongkonan merupakan rumah adat bagi masyarakat Toraja sebagai war isan budaya
B. rumah adat yang terbuat dari bahan kayu yang bagus dengan hiasan indah
C. rumah tersebut tidak perlu di vernis maupun di sirlak sampai ratusan tahun lamanya
D. kita bangga kalau tinggal di tanah Toraja karena memiliki rumah yang unik

Adapun jawabannya adalah: A

Soal Selengkapnya bisa Anda download pada link download di bawah ini:

Link Download:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 K13 t.a 2018/2019"

Posting Komentar