Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019. Pada kesempatan ini kami akan membagikan file Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas VIII / 8 SMP Semester 1 yang dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk mengerjakan soal, ataupun juga dapat dijadikan contoh dalam pembuatan soal untuk siswa di sekolah bagi para guru yang mengajar di sekolah menangah pertama. Pada soa UAS Bahasa Indonesia kelas 8 semester ganjil tersebut terdapat beberapa model soal, yaitu ada soal piihan ganda dan juga terdapat soal esay. Soal tersebut sudah sesuai dengan materi yang diajarkan menggunakan kurikulum 2013 terbaru sehingga sudah sangat cocok untuk tahun ajaran terbaru yaitu 2018/2019 sekarang ini.


Berikut informasi merupakan cuplikan materi pada kelas 8 mata pelajaran Bahasa INdonesia.

Bab 1 Memperlajari Berita Seputar Indonesia.
Pada era sekarang berita menjadi "menu" utama dalam deretan makanan harian "empat sehat lima sempurna". Tiada hari tanpa berita. Dari waktu ke waktu, detik demi detik, berita datang silih berganti. Beragam informasi terus berhamburan memenuhi ruang kehidupan kita setiap harinya. Dengan banyaknya sajian berita, baik melalui media cetak maupun elektronik, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik.
Pemahaman terhadap struktur dan kaidah teks berita memudahkan kita dalam mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Berita-berita tersebut berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan penambah wawasan.
Ada pepatah, seseorang yang menguasai berita (informasi), dialah yang akan menguasai dunia.

A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :
1. menjelaskan pengertian berita;
2. mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang kamu dengar dan kamu
baca.
dan seterusnya...

Bab 2 Iklan, Sarana Komunikasi
Dalam bab sebelumnya, kita sudah mendalami teks berita dari berbagai media. Ketika mengikuti berita, baik itu melalui media cetak maupun elektronik, kita tidak bisa lepas dari yang namanya iklan. Beragam iklan dapat kita saksikan hampir setiap saat. Tujuannya untuk membujuk dan memengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat sesuai dengan yang dikehendaki iklan itu.
Sebagaimana yang dapat kamu baca di surat kabar ataupun kamu tonton di layar televisi dan di internet, tidak sedikit iklan yang susah dipahami artinya.
Dengan cara berdiskusi, kita bisa memberikan pendapat dan tafsiran tentang hal-hal yang tidak kamu pahami.

Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membelibarang atau jasa yang diberitahukan itu.
A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :
Menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber.

dan seterusnya..

Bab 3  Teks Eksposisi dalam Media Massa

Kamu tentu senang membaca surat kabar atau majalah. Di media massa kamu mudah mendapatkan teks eksposisi. Kalau ingin mengenal lebih dekat dengan teks tersebut, sesungguhnya dalam percakapan sehari-hari pun dengan mudah kamu mendapatkannya.
Ketika menyampaikan uraian dan di dalamnya terdapat banyak pendapat pribadi dengan tujuan untuk meyakinkan orang, berarti kamu sedang menyampaikan teks eksposisi. Pada saat berdiskusi pun demikian; pernyataan-pernyataan yang berisi pendapatlah yang sering kamu lontarkan.

Nah, sekarang kamu tidak lagi asing dengan teks tersebut, bukan?

A. Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan kamu mampu : Mengenali informasi teks eksposisi (gagasan dan fakta) dan pola-pola pengembangannya dalam artikel ilmiah populer.

dan seterusnya..

Bab 4 Indahnya Berpuisi
Selain dalam bentuk prosa (eksposisi), gagasan dapat diungkapkan dalam bentuk puisi. Bahkan, gagasan yang puitis itulah yang sering kamu simak sehari-hari misalnya melalui lagu-lagu. Syair-syair lagu memang banyak yang berupa puisi. Isinya padat makna dan disusun dengan nada-nada yang indah.
Dengan demikian, berpuisi bukan hal yang asing lagi bagi kamu. Suasana hati menjadi indah dengan mendengar dan membaca sesuatu yang dipuisikan, bukan? Apalagi kalau kita sendiri yang mengekspresikannya. Semakin senang karena banyak orang yang suka. Itulah yang namanya berkah dari berpuisi.

A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : Mengartikan puisi dan merinci unsur-unsurnya dari kegiatan membaca dan mendengarkan.

2. Unsur-unsur Puisi
Perhatikan kembali teks pusi ”Hujan Bulan Juni”. Sebagaimana teks lainnya, teks memiliki unsur-unsur sebagai berikut.
a. Majas dan Irama
Berbeda dengan teks eksposisi, berita, ataupun teks lain yang telah kamu pelajari puisi merupakan teks yang mengutamakan majas dan mengutamakan irama.
1) Majas (figurative language) adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk menimbulkan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan.
2) Irama (musikalitas) adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang.
Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang pada akhirnya dapat membangkitkan emosi tertentu seperti sedih, kecewa, marah, rindu, dan bahagia.

dan seterusnya..

Itulah tadi beberapa cuplikan materi yang diujikan pada soal UAS Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP.
Berikut ini merupakan contoh soal yang akan dikeluarkan;

1. Pustakawan harus mempunyai kemampuan manajemen yang baik, menguasai teknik berorganisasi, dan pengetahuan yang luas tentang buku-buku dan bahan-bahan pustaka lainnya. Akan tetapi, hal itu belum tentu mampu mendatangkan pembaca jika pustakawan tidak memberi saran-saran dan masukan kepada pembaca dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, pustakawan harus dapat pula meyakinkan pembaca bahwa buku adalah sahabat kita.
Isi pokok dari kutipan laporan tersebut adalah ...
A. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pustakawan
B. Buku adalah sahabat kita sehari-hari
C. Pustakawan dapat memberi saran dan masukan bagi pembaca
D. Tugas pustakawan sangat menentukan kema-juan perpustakaan

2. Hampir semua jenis penyu dilindungi oleh undang-undang nasional maupun internasional karena dikhawatirkan akan punah. Disamping penyu Belimbing, dua spesies lain yakni yakni penyu Kemp’s Ridley dan penyu sisik juga diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah oleh The World Conversation Union. Penyu hijau, penyu lekang atau penyu abu-abu dan penyu tempayan digolongkan terancam punah. Hanya penyu pipih yang diperkirakan tidak terancam punah.
Isi pokok yang terdapat pada kutipan di atas adalah................
A. Jenis penyu yang dilindungi undang-undang
B. Cara penangkaran penyu yang hampir punah
C. Tempat rekreasi yang menyajikan beberapa jenis penyu
D. Isi undnag-undang yang melindungi satwa yang hampir punah

3. Siswa peserta tour sudah berkumpul di halaman sekolah. Sebelum berangkat, panitia tour mempersiapkan segala sesuatunya. Tujuan pertama Candi Prambanan, kemudian pantaiParangtritis dan Malioboro.
Laporan di atas disampaikan berdasarkan urutan....
A. Waktu B. Tempat C. Ruang D. Topik

Untuk dapat melihat contoh soal full beserta kunci jawabannya, silahkan saja langsung download melalui link di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019"

Posting Komentar