Soal UAS/PAS IPA Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019

Soal UAS/PAS IPA Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019. Kali ini kami akan membagikan contoh Soal UAS/PAS mata pelajaran IPA Semester 1 Kelas VIII atau 8 SMP/MTs. Contoh soal yang kami bagikan ini dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk mengerjakan soal, supaya ketika ujian berlangsung anda sudah tidak ragu dan memilik kemudahan dalam menghadapi berbagai macam-macam soal UAS Semester 1 IPA kelas 8 SMP. Pada ujian semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 ini tentunya sekolah-sekolah sudah menggunakan tipe soal dengan kurikulum 2013 atau K13, ada juga yang menggunakan format materi mengikuti yang revisi terbaru, namun ada juga yang masih menggunakan yang K13 biasa, itu semua tergantung dari guru di sekolahnya masing-masing.


Berikut ini merupakan beberapa informasi terkait soal UAS semester 1 IPA SMP Kelas 8.

Cuplikan materi terkait soal UAS semester 1:

Rangkuman bab 1 Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar 
1. Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh, sedangkan perpindahan merupakan jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda.
2. Gerak Lurus dibedakan menjadi dua, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
3. Gerak Lurus Beraturan (GLB) terjadi apabila kecepatan gerak suatu benda konstan.
4. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) terjadi apabila suatu benda bergerak dengan percepatan yang konstan.
5. Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.
6. Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
Gaya sentuh contohnya adalah gaya otot dan gaya gesek. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak membutuhkan kontak langsung dengan benda yang dikenai.
7. Hukum I Newton menyatakan bahwa benda yang tidak mengalami resultan gaya (ΣF=0) akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.
8. Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya.
9. Hukum III Newton menyatakan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya (Faksi) pada benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya (Freaksi) yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau Faksi=−Freaksi.
10. Fungsi rangka yaitu memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita; melindungi organ dalam, misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak; tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang; sebagai tempat pembentukan sel darah (pada jenis tulang tertentu, seperti tulang paha).
11. Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi empat jenis tulang, yaitu tulang panjang (misalnya tulang lengan atas atau humerus),tulang pipih (misalnya tulang dada atau sternum), tulang pendek (misalnya tulang ruas jari atau falang), dan tulang tidak beraturan (misalnya tulang punggung atau vertebra).
12. Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Sendi dapat dikelompokkan berdasarkan banyak sedikitnya gerakan yang mungkin dilakukan. Sendi yang tidak dapat digerakkan disebut dengan sinartrosis, misalnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak. Sendi yang dapat digerakkan namun terbatas disebut dengan amfiartrosis, misalnya sendi antarruas tulang belakang. Sendi yang dapat digerakkan dengan bebas disebut dengan diartrosis. Sendi diartrosis dibagi menjadi sendi peluru, endi engsel, sendi putar, sendi pelana, dan sendi geser.
13. Ada tiga jenis jaringan otot yang menyusun tubuh manusia, yaitu otot rangka, otot jantung, dan otot polos.
14. Ada beberapa macam gangguan dan kelainan yang terjadi pada sistem gerak antara lain, riketsia, osteoporosis, fraktura (patah tulang), artritis, lordosis, kifosis, dan skoliosis.
15. Hewan yang hidup di air dapat melayang-layang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi karena adanya gaya angkat oleh air.
16. Kecenderungan hewan yang hidup di darat adalah memiliki otot dan tulang yang kuat. Hal tersebut diperlukan untuk mengatasi inersia (kecenderungantubuhuntukdiam)danuntukmenyimpan energi pegas (elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas.
17. Berdasarkan asal datangnya rangsangan, gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
18. Gerak endonom adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan yang berasal dari dalam sel atau tubuh tumbuhan.
19. Gerak higroskopis adalah gerak yang terjadi karena adanya perubahan kadar air di dalam sel secara tidak merata. Contohnya membukanya buah polong-polongan dan membukanya dinding sporangium tumbuhan paku.
20. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan (lingkungan sekitar). Berdasarkan arah respons gerak yang dilakukan tumbuhan, gerak esionom dapat dibedakan menjadi gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.

Rangkuman Bab 2 Usaha dan Pesawat Sederhana dalam 2 Kehidupan Sehari-hari

1. Usaha adalah besarnya energi yang digunakan gaya untuk memindahkan suatu benda.
2. Besarnya usaha (W) ditentukan oleh besar gaya yang diberikan pada benda (F) dan besar perpindahannya (Δs).
3. Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
4. Keuntungan mekanis (KM) adalah bilangan yang menunjukkan berapa kali pesawat menggandakan gaya.
5. Jenis-jenis pesawat sederhana ada empat, yaitu katrol, roda berporos, bidang miring, dan pengungkit.
6. Katrol terdiri atas katrol tetap dan katrol bebas. Katrol tetap berfungsi untuk mengubah arah gaya. Pada katrol tetap tunggal, gaya kuasa yang digunakan untuk menarik beban sama dengan gaya beban. Keuntungan mekanis katrol tetap sama dengan 1.
Katrol bebas berfungsi untuk melipatkan gaya, sehingga gaya pada kuasa yang diberikan untuk mengangkat benda menjadi lebih kecil daripada gaya beban.
7. Katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas yang dirangkai menjadi satu sistem yang terpadu.
8. Keuntungan mekanis dari katrol majemuk sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.
9. Beberapa benda yang menerapkan prinsip roda berporos di antaranya roda sepeda, kursi roda, mobil, dan sepatu roda.
10.Bidang miring merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut tertentu sehingga dapat memperkecil gaya kuasa.
11. Beberapa benda yang menerapkan prinsip bidang miring di antaranya tangga, sekrup, dan pisau.
12. Pengungkit terdiri atas tiga jenis, yaitu jenis pertama yang titik tumpunya terletak di antara beban dan kuasa, jenis kedua yang titik bebannya ada di antara kuasa dan tumpu, serta jenis ketiga yang titik kuasanya ada di antara beban dan tumpu.
13. Beberapa benda yang menerapkan prinsip pengungkit antara lain gunting, linggis, jungkat-jungkit, pembuka botol, pemecah biji kenari, sekop, koper, pinset, dan sebagainya.
14.Pengungkit dapat memudahkan usaha dengan cara mengganda- kan gaya kuasa dan mengubah arah gaya.
15. Koordinasi otot dan tulang memiliki kesesuaian dengan prinsip pesawat sederhana.
16. Lengan merupakan salah satu organ yang menerapkan prinsip pesawat sederhana yaitu merupakan pengungkit jenis ketiga.
17. Alat-alat dalam kehidupan yang mengikuti prinsip pesawat sederhana terdiri atas katrol, roda berporos, bidang miring, dan pengungkit.

dan seterusnya..

Contoh Soal UAS IPA Semester 1 SMP Kelas 8 K13:
 
1. Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka, kecuali ....
A. Alat gerak aktif, sehingga tulang dapat bergerak
B. Tempat utama menyimpan kalsium dan fosfor
C. Memberikan bentuk pada tubuh dan mendukung tubuh
D. Melindungi organ internal

2. Manakah diantara kelompok tulang di bawah ini yang kesemuanya tergolong tulang pipa?
A. Tulang kering, tulang betis, dan tulang dada
B. Tulang paha, tulang belikat, dan tulang ubun-ubun
C. Tulang pengumpil, dan tulang hasta, dan tulang paha
D. Tulang pergelangan tangan, tulang jari, dan tulang lutut

3. Persendian yang terjadi antara tulang lengan atas dan bahu disebut sendi .....
A. Engsel B. Pelana C. Putar D. Peluru

4. Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut
adalah ......
A. Otot lurik dan otot jantung C. Otot lurik dan otot rangka
B. Otot jantung dan otot polos D. Otot polos dan otot rangka

5. Kelainan tulang belakang yang membengkok ke kanan atau kekiri disebut ....
A. Lordosis B. Rakitis C. Skoliosis D. Kifosis

Untuk lebih jelasnya mengenai soal dan kunci jawabannya Soal UAS Semester 1 IPA SMP Kelas 8, silahkan langsung unduh file naskah soalnya pada link di bawah:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS IPA Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019"

Posting Komentar