Soal UAS/PAS PAI Semester 1 Kelas 7 SMP K13 2018/2019

Soal UAS/PAS PAI Semester 1 Kelas 7 SMP K13 2018/2019. Pada kesempata ini kami akan membagikan file naskah Soal UAS/PAS kelas VII (7) Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester 1 yang menggunakan kurikulum 2013 atau K13 tahun ajaran 2018/2019. Pada artikel ini kami menyediakan link dowload yang dapat digunakan untuk mengunduh file Soal Ujian yang disertai dengan kunci jawaban, jadi anda juga dapat mempelajarinya dengan cara mengerjakan soal-soal tersebut terlebih dahulu untuk mengukur kemampuan anda, setelah itu barulah anda mencocokkan dengan kunci jawaban tersebut.

Sebelum Mengunduh file Soal UAS Pendidikan Agama Islam kelas 7 semester 1 tahun ajaran 2018/2019, Anda juga dapat memperhatikan beberapa infomormasi yang berkaitan dengan soal UAS semester 1 PAI kelas 7 tersebut; 


Contoh materi PAI kelas 7 Semester 1, 
 
"Lebih dekat dengan Allah SWT yang sangat Indah nama-Nya".
 
Pada dasarnya manusia memerlukan bekal untuk mengarungi kehidupan di dunia maupun akhirat. Iman merupakan bekal utama bagi seseorang untuk menentukan arah kehidupannya. Hidup tanpa dilandasi iman ibarat orang tersesat. Orang tersesat tidak mengerti arah mata angin dan tidak tahu ke mana harus melangkah. Betapa pentingnya masalah keimanan ini sehingga sebagai muslim kita semua harus betul-betul memahami hakikat iman, cara beriman, dan kepada siapa kita harus beriman.
Secara harfiah iman berarti percaya. Sedangkan menurut istilah, iman berarti percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan. Tanda-tanda keimanan dalam diri seseorang dapat terlihat dari amal perbuatan yang dikerjakan, karena kepribadian diri seseorang merupakan pancaran dari iman yang ada di dalam diri seseorang.Iman kepada Allah Swt. merupakan pokok dari seluruh iman yang tergabung dalam rukun iman. Dengan demikian, keimanan kepada Allah Swt. harus tertanam dengan benar kepada diri seseorang. Sebab jika iman kepada Allah Swt. tidak tertanam dengan benar, maka kekeliruan ini akan berlanjut terhadap keimanan kepada malaikat, kitab, rasul, hari kiamat, serta qadla’ dan qadar-Nya.

Allah Swt. berfirman:
”Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul- Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul- Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.”(Q.S. an-Nisa’/4:136)

Keimanan seseorang itu bisa tebal dan bisa tipis, bisa bertambah atau berkurang.
Salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt. adalah dengan memahami nama-nama-Nya yang baik dan indah. Kita sering mendengar nama-nama indah itu dengan sebutan al-Asmaul Husna.

Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah dan Isiqomah:
 
Jujur adalah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.
Apa yang diucapkan memang itulah yang sesungguhnya dan apa yang diperbuat itulah yang sebenarnya.
Kejujuran sangat erat kaitannya dengan hati nurani. Kata hati nurani adalah sesuatu yang murni dan suci. Hati nurani selalu mengajak kita kepada kebaikan dan kejujuran. Namun, kadang, kita enggan mengikuti hati nurani. Bila kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai hati nurani, maka itulah yang disebut dusta. Apabila kita katakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, itulah yang dinamakan bohong. Dusta atau bohong merupakan lawan kata jujur.
Mengapa kita harus jujur?
Jujur itu penting. Berani jujur itu hebat. Sebagai makhluk sosial, kita memerlukan kehidupan yang harmonis, baik, dan seimbang. Agar tidak ada yang dirugikan, dizalimi dan dicurangi, kita harus jujur. Jadi, untuk kehidupan yang lebih baik kuncinya adalah kejujuran.
dan seterusnya..

Berikut ini merupakan contoh soal UAS PAI kelas 7 semester 1:
1. Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari.....
    A. iman
    B. islam
    C. ihsan
    D. takwa
2. Fatimah disuruh membeli minyak goreng di sebuah warung. Ketika menerima uang kembalian, ia tahu bahwa jumlahnya lebih dari seharusnya, lalu ia mengembalikannya. Ia sadar bahwa Allah Swt. selalu mengawasi perbuatannya, karena Allah Swt. bersifat.....
    A. al-‘Alim C. as-Sami‘
    B. al- Khabir D. al-Basir

Selengkapnya, silahkan download di bawah:

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS PAI Semester 1 Kelas 7 SMP K13 2018/2019"

Posting Komentar