Soal UAS/PAS Penjasorkes (PJOK) Semester 1 kelas 7 SMP K13 2018/2019

Soal UAS/PAS Penjasorkes Semester 1 kelas 7 SMP K13 2018/2019. Kali ini, kami akan membagikan soal UAS pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) untuk kelas VII (7) SMP Tahun ajaran 2018/2019 yang menggunakan kurikulum 2013. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mata pelajaran Penjasorkes ini kebanyakan didapat oleh para peserta didik di luar kelas, atau di lapangan. Kebanyakan materi yang diberikan adalah Olahraga. Namun meskitu begitu pada saat UAS/PAS Semester 1 kelas VII / 7 SMP mereka juga akan diberikan soal berupa pilihan ganda dan juga esay untuk mengukur kemampuan mereka dalam menguasai materi Penjasorkes.

Berikut ini merupakan informasi mengenai terkait mengenai Soal UAS Semester 1 Penjasorkes Kelas 7 SMP tahun ajaran 2018/2019


Cuplikan Materi:
A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola 
Siapakah di antara kalian yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan kuat. Agar tubuh kita sehat dan kuat maka kita harus giat berolahraga. Apakah olahraga kegemaranmu? Apakah sepak bola termasuk olahraga kegemaranmu? Bagaimana teknis permainan sepak bola? Agar kalian bisa memahami tentang permainan sepak bola, pelajari materi bab ini dengan cermat!

Aktivitas pembelajaran gerak spesifik permainan sepak bola:
Gerak dan keterampilan aktivitas permainan sepak bola dapat dikelompokkan menjadi (a) Menciptakan skor: pasing, kontrol bola, tendangan ke gawang, dan mendukung pembawa bola; (b) Mencegah skor: mengawal lawan (marking), dan merebut bola; (c) Memulai permainan: lemparan ke dalam, tendangan penjuru, dan tendangan bebas.
Gerak spesifik aktivitas pembelajaran permainan sepak bola terdiri dari berbagai macam gerakan, antara lain: (1) Gerak spesifik menendang bola, (2) Gerak spesifik menahan bola (trapping), (3) Gerak spesifik menggiring bola (dribbling), (4) Gerak spesifik tipu, (5) Gerak spesifik menyundul bola (heading), (6) Gerak spesifik merebut bola (tackling), (7) Gerak spesifik lemparan ke dalam (throw-in).
Keahlian seseorang dalam mainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik dan terampil, seorang pemain sepak bola dituntut untuk menguasai gerak spesifik sepak bola.
Tanpa penguasaan gerak yang baik, pemain sepak bola tidak mungkin dapat menguasai atau mengontrol bola dengan baik pula. Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain. Kerja sama dalam permainan sepak bola merupakan inti dari permainan sepak bola.
Sebelum kamu mempelajari gerak dasar permainan sepak bola, coba kamu bermain sepak bola yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportifitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin. Sambil bermain kamu amati dan rasakan menendang bola menggunakan kaki yang mana mudah dilakukan.
Cara bermain sepak bola yang dimodifikasi adalah berikut ini.
1) Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.
2) Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
3) Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bola voli yang memiliki garis tengah.
4) Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
5) Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
6) Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.
7) Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
8) Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
9) Waktu permainan untuk setiap tim 5 – 10 menit.

Setelah bermain sepak bola yang dimodifikasi, selanjutnya pada bab ini kamu akan mempelajari teknik dasar menendang dan menahan bola permainan sepak bola yang benar. Teknik-teknik menendang dan menahan bola pada permainan sepak bola tersebut akan diuraikan berikut ini.
a. Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Menendang Bola Salah satu gerak yang dominan dalam permainan sepak bola adalah menendang bola. Mungkin kamu masih ingat pada waktu masih kecil pernah bermain sepak bola. Waktu itu kamu tentu belum memilki keterampilan untuk menggunakan seluruh organ tubuh dalam memainkan bola.

Aktivitas Permainan Bola Kecil

A. Aktivitas Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Kasti
1. Pengertian permainan kasti
Permainan kasti merupakan olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu terdiri dari 12 orang pemain. Permainan ini dimainkan di lapangan berbentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis batas dengan lebar 5 cm. Sebagai alat permainan menggunakan bola kasti dan kayu pemukul.
Unsur gerak dasar permainan, yaitu melambungkan bola, menangkap bola, melempar bola, berlari, taktik dan strategi, dan peraturan permainan.

dan seterusnya...

Contoh Soal UAS Semester 1 PJOK Kelas 7 SMP:
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar. Tugas ini dikerjakan di buku tugas.
1. Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah . . . .
    a. menendang bola c. menggiring bola
    b. menahan bola d. menyundul bola
2. Gerakan menendang bola yang digunakan untuk memberikan bola jarak pendek antar pemain adalah . . . .
    a. menendang bola dengan kaki bagian luar
    b. menahan bola dengan kaki bagian dalam
    c. menendang bola dengan punggung kaki
    d. menendang bola dengan tumit
3. Awalan, kaki lurus dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping boladengan jari-jari menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk, gerakan ini merupakan awalan menendang bola dengan . . . .
    a. kaki bagian luar b. kaki bagian dalam
    c. punggung kaki d. tumit
4. Awalan lurus, kaki tumpu diletakkan di sisi bola, jari-jari kaki menghadap ke depan dengan lutut sedikit ditekuk, gerakan ini merupakan awalan menendang bola dengan . . . .
    a. kaki bagian luar b. punggung kaki
    c. punggung kaki bagian dalam d. punggung kaki bagian luar
5. Berikut ini adalah gerakan menghentikan bola dalam permainan sepak bola, kecuali . . . .
    a. menghentikan bola dengan telapak kaki
    b. menghentikan bola dengan dada
   c. menghentikan bola dengan paha
   d. menghentikan bola dengan tumit

Selengkapnya untuk soal yang diujikan pada UAS Semester 1 silahkan langsung download pada link di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS Penjasorkes (PJOK) Semester 1 kelas 7 SMP K13 2018/2019"

Posting Komentar