Soal UAS/PAS PPKN Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019

Soal UAS/PAS PPKN Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019. Kali ini kami akan membagikan file naskah soal UAS Semester 1 PPKN Kelas 8 SMP yang menggunakan kurikulum 2013 (K13) untuk menghadapi ujian pada tahun ajaran 2018/2019 ini. Dimana kita ketahui bersama bahwa ujian akhir semester (UAS) akan segera dimulai, dan persiapan yang dilakukan oleh para siswa juga semakin mepet, maka dari itu dengan latihan mengerjakan beberapa contoh soal, anda bisa dengan mudah menghadapi beberapa tipe-tipe soal yang nantinya akan keluar pada saat Ujian Akhir Sekolah Semester 1 ini.


Berikut ini kami juga cantumkan beberapa cuplikan materi yang berkaitan dengan Soal UAS PPKN Kelas 8 Semester 1 K13 ini:

Pada semester 1, beberapa materi yang akan diujiakan adalah mengenai Memahami kedudukan dan Fungsi Pancasila yang terdiri dari beberapa sub bab diantaranya adalah arti kedudukan dan fungsi pancasila, makna Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup dan menyadari pentinya kedudukan dan fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara. Pada bab 2 sendiri materinya mengenai Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD negara republik Indonesia tahun 1945 yang terdiri dari sub bab kedudkan dan makna pembukaan UUD NRI Tahun 1945, kedudukan dan fungsi UUD NRI Tahun 1945, Peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional dan melaksanakan dan mempertahankan UUD NRI 1945. Adapun bab ketiga yaitu mengenai Memaknai Peraturan Perundang-undangan yang terdiri dari sub bab Makna tata urutan peraturan perundang di indonesia, Proses penyusunan peraturan perundang-undangan dan menampilkan sikap sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Adapun rangkuman materi dari bab 1 adalah..
a. Istilah pancasila dalam bahasa Sansakerta, asal kata panca (lima) dan sila (sendi, asas), berarti batu sendi yang lima, juga berarti pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila krama).
b. Pancasila berfungsi sebagai dasar negara. Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyeleng-garaan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.
c. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara dinyatakan secara jelas dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang ber- bunyi ”...maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada...”
d. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, baik dari segi sikap maupun perilaku masyarakat Indonesia haruslah selalu dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila.
e. Semua sila dari Pancasila tersebut tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah, karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan. Sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas.
f. Upaya mempertahankan Pancasila dapat dilakukan dengan melaksana- kan nilai-nilai Pancasila oleh setiap warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari di manapun berada.

Adapun rangkuman bab 2
a. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan uraian terperinci dari Proklamasi Kemerdekaan.
b. Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental, me-muat prinsip-prinsip negara seperti tujuan negara, bentuk negara, dan dasar negara.
c. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki nilai universal dan lestari. Universal mengandung arti bahwa diterima oleh bangsa-bangsa beradab di dunia. Lestari adalah mampu menampung dinamika masyarakat dan akan tetap menjadi landasan perjuangan bangsa.
d. Makna alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
• Alinea pertama mengandung makna dalil objektif dan dalil sub-jektif.
• Alinea kedua mengandung makna perjuangan bangsa Indonesia telah mencapai tingkat yang menentukan.
• Alinea ketiga mengandung makna pengukuhan makna dari proklamasi yang luhur. Makna tersebut didorong dari motivasi spiritual yang luhur.
• Alinea keempat mengandung tujuan negara, bentuk negara, dan dasar negara.
e. Bangsa Indonesia bertekad untuk tidak mengubah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Karena mengubah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada hakikatnya me-ngubah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan 17 Agustus 1945.
f. Sistematika UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebelum perubahan adalah:
(1) Pembukaan, terdiri atas 4 alinea.
(2) Batang Tubuh, terdiri atas 16 bab, 37 pasal, 4 pasal aturan peralihan, 2 ayat aturan tambahan.
(3) Penjelasan, terdiri atas penjelasan umum dan pasal demi pasal.
Sistematika setelah perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah:
(1) Pembukaan, terdiri atas 4 alinea.
(2) Pasal-pasal, terdiri atas 21 bab, 73 pasal, 3 pasal aturan peralihan, 2 ayat aturan tambahan.

rangkuman bab 3
a. Negara Indonesia adalah negara hukum sebagaimana dinyatakan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 1 ayat (3). ”Negara Indonesia adalah negara hukum.”
b. Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

c. Jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan adalah sebagai
berikut.
1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
3. Undang-Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang
4. Peraturan Pemerintah
5. Peraturan Presiden
6. Peraturan Daerah Provinsi
7. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
d. Kesadaran hukum warga negara dapat diukur dari beberapa indikator, berikut.
1. Pengetahuan hukum
2. Pemahaman kaidah-kaidah hukum
3. Sikap dan norma-norma hukum
4. Perilaku hukum

Berikut ini merupakan contoh Soal UAS Semester 1 PPKN Kelas 8 SMP K13 2018/2019:
 
1. Pancasila sebagai norma dasar negara yang fundamental, artinya...
  a. aturan yang menjadi acuan dalam berperilaku
  b. aturan pokok untuk menjalankan kedaulatan rakyat
  c. kaidah negara yang berlaku untuk selamanya
  d. aturan pokok untuk mengatur kehidupan bangsa dan negara
 
2. Pada hakekatnya nilai-nilai pancasila merupakan unsur-unsur yang di gali dari bangsa indonesia yang berupa nilai adat istiadat kebudayaan serta nilai religius dalam kehidupan sehari-hari bangsa indonesia, hal ini termasuk asal mula ...
  a. asal mula bahan (kausa matrialis) c. asal mula karya (kausa efisien)
  b. asal mula bentuk (kausa formalis) d. asal mula tujuan (kausa finalis)
 
3. Berikut yang bukan isi pancasila sebagai dasar negara yang terkandung di dalam pembukaan UUD 1945 adalah...
  a. hukumtata negara c. cita-cita hukum
  b. norma pertama d. pokok kaidah negara
 
4. Dalam menjalankan kehidupan berpancasila, bangsa indonesia menggunakan asas di bawah ini, yang bukan adalah ...
  a. asas kebudayaan c. asas manfaat
  b. asas religius d. asas kenegaraan
 
5. Pancasila sebagai dasar negara selalu dipertahankan sampai sekarang, karena pancasila hasil....
  a. peninggalan budaya asli nenek moyang bangsa Indonesia
  b. konsensus nasional para pemimpin bangsa Indonesia
  c. kristalisasi dari sistem ideologi barat dan timur
  d. kristalisasi dari sistem nilai/budaya bangsa Indonesia

Utuk mengetahui Soal selengkapnya dan kunci jabawannya, silahkan saja langsung download Soal UAS PPKN Kelas 8 SMP Semester 1 K13 2018/2019 di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS PPKN Semester 1 Kelas 8 SMP K13 2018/2019"

Posting Komentar