Soal UAS/PAS Seni Budaya Semester 1 Kelas 7 SMP 2018/2019

Soal UAS/PAS Seni Budaya Semester 1 Kelas 7 SMP 2018/2019. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan naskah file Soal UAS/PAS Semester 1 mata pelajaran Seni Budaya kelas VII (7) SMP/MTs. Ujian Semester 1 sebentar lagi akan diselenggarakan di berbagai sekolah menengah pertama ata sederajat. Biasanya pelaksanaan ujian tersebut dijadwalkan secara bersamaan, namun ada juga diberbagai daerah yang pelaksanaanya berbeda waktunya. Akan tetapi sekolah SMP dan MTs biasanya berbeda jadwal pelaksanannya. Maka dari itu, Anda dapat mengunduh file Soal UAS Semester 1 mata pelajaran Seni Budaya ini untuk bahan latihan mengerjakan soal.


Berikut ini informasi terkait soal atau beberapa materi yang diujikan pada UAS Seni Budaya Kelas 7 SMP semester 1 depan ini:

Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda:
 
Alam merupakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis untuk digali. Keanekaragaman flora dan fauna dapat menjadi sumber inspirasi dalam menggambar. Selain flora dan fauna, benda-benda alam juga dapat dijadikan sumber inspirasi dalam menggambar. Burung merupakan salah satu fauna yang sering digambar dengan menggunakan berbagai macam teknik dan bahan. Burung Hong merupakan salah satu contoh fauna yang sering menjadi objek batik di pesisir pantai pulau Jawa. Motif burung Hong ini mendapat pengaruh dari China. Di bawah ini ada beberapa gambar burung yang sering digambar menjadi objek atau motif baik pada ukiran kayu maupun motif batik di atas kain.

A. Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang di- anggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekedar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja, tetapi juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.
Menggambar tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata tetapi juga mental. Aktivitas fisik berhubungan dengan ke- terampilan menggunakan peralatan menggambar sedangkan mental berhubungan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia dalam melakukan aktivitas menggambar memerlukan media, alat serta bahan yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Jika pada zaman purba manusia menggambar dengan menggunakan bahan yang tersedia di alam maka pada zaman sekarang peralatan menggambar telah diproduksi oleh pabrik sebagai komoditas ekonomi. Manusia melalui menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi. Jadi menggambar merupakan salah satu sarana untuk mengekspresikan diri.

Rangkuman Bab 1 :
Kegiatan menggambar merupakan induk atau dasar dari karya seni rupa. Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi. Menggambar menggunakan imajinasi dan perasaan melalui alat gambar seperti pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
Objek menggambar dapat berbentuk flora (tumbuhan), fauna (hewan), dan alam benda, baik benda buatan manusia atau benda yang berasal dari alam. Menggambar sebaiknya dimulai dari mengamati objek yang akan digambar, mengatur komposisi gambar, sampai dengan mewarnai hasil gambar.
Prosedur yang harus dilakukan dalam menggambar harus mengikuti kaidah seni rupa yang lugas, imajinatif, kreatif, dan menyenangkan dengan memperhatikan unsur-unsur seni rupa seperti titik, garis, warna, dan bidang. Selain itu menggambar juga harus memperhatikan prinsip-prinsip seni rupa seperti proporsi, komposisi, keseimbangan, tekstur, dan gelap terang.

Rangkuman Bab 2 Menggambar Ragam Hias:
Menggambar ragam hias memiliki pola bentuk gambar teratur dan pola bentuk gambar yang tidak teratur. Pola gambar teratur memiliki ukuran pola sama. Beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Madura, dan Papua memiliki pola ragam hias menggunakan pola teratur. Pada pola ragam hias tidak teratur, ragam hias dibuat lebih ekspresif dan dinamis.
Menggambar ragam hias bagi sebagian masyarakat Indonesia bertujuan sebagai penghormatan kepada roh nenek moyang atau mencari keselamatan hidup misalnya pada gambar ragam hias bentuk manusia. Menggambar ragam hias bentuk manusia dapat diberi warna hijau, biru, dan dibuat secara utuh atau diambil bagian tubuh tertentu seperti bagian muka.

Gambar ragam hias dapat dibuat dengan cara diseder- hanakan atau dilebihkan. Gambar ragam hias dapat dijumpai pada pinggiran rumah adat daerah, kain batik, atau benda- benda kerajinan lainnya. Warna yang digunakan biasanya memiliki ciri khas dan memiliki makna simbolik.
Prosedur yang harus dilakukan dalam menggambar ragam hias adalah gambar harus mengikuti bentuk pola gambar ragam hias yang ada seperti pola gambar ragam hias yang beraturan atau tidak beraturan. Menggambar ragam hias juga harus memperhatikan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan harmonisasi.

dan seterusnya:

Contoh Soal UAS Seni Budaya Semester 1 Kelas VII atau 7 SMP/MTs:
 
1. Ungkapan gagasan atau perasaan estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media titik, garis,
bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu merupakan
pengertian dari ....
  A. seni musik B. seni kerajinan C. seni rupa D. seni kriya

2. Hal yang tidak termasuk dalam pengertian seni adalah ….
  A. Karya manusia   B. Ekspresi jiwa   C. Praktis/instan   D. Bernilai estetis

3. Seni rupa jika dilihat dari fungsinya dibagi menjadi dua, yaitu ....
A. seni rupa kriya dan seni rupa desain
B. seni rupa murni dan seni rupa terapan
B. seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi
C. seni rupa dwimatra dan seni rupa trimatra

4. Karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan hanya dapat dilihat dari depan merupakan
hasil karya seni ....
  A. trimtra   B. dwimatra   C. kriya   D. sketsa/desain

5. Di bawah ini termasuk unsur-unsur seni rupa, kecuali ....
  A. gar is B. tekstur C. bidang D. keindahan
Untuk dapat melihat Soal-soal lengkap dengan kunci jawabannya, silahkan saja langsung unduh pada link di bawah ini: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UAS/PAS Seni Budaya Semester 1 Kelas 7 SMP 2018/2019"

Posting Komentar