Pedoman Peringatan HUT Pramuka ke-58 Tahun 2019

Pedoman Peringatan HUT Pramuka ke-58 Tahun 2019. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Surat Edaran dari GERAKAN PRAMUKA KWARTIR NASIONAL yang isinya tentang Kegiatan Bakti Masyarakat Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019. Pada kesempatan sebelumnya kami juga telah membagikan file Surat Edaran mengenai Tema dan Logo HUT Pramuka tahun 2019 dan juga ada beberapa file yang berkaitan dengan Kegiatan HUT Pramuka di tahun 2019 ini. 


Berikut ini merupakan cuplikan Surat Edaran dari Gerakan Pramuka Kwartir Nasional:

Surat Edaran Hari Pramuka 
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR NASIONAL
Jl. Medan Merdeka Timur no.6 - Jakarta 10110 - Indonesia
Nomor: 0347-00-E
Lampiran:
Perihal : Kegiatan Bakti Masyarakat Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019

Kepada Yth.
Para Ka Kwarda Gerakan Pramuka
di seluruh Indonesia

Salam Pramuka,
Dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019, dengan tema "Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI", K warnas Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan meliputi ziarah dan tabur bunga, bakti masyarakat, ulang janji, apel besar Hari Pramuka ke 58 serta pemberian tanda penghargaan Gerakan Pramuka.
Pada kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line "Pramuka Bersih Negeri" Kwarnas Gerakan Pramuka akan melaksanakan berbagai kegiatan bakti masyarakat meliputi; Aksi Donor Darah secara serentak pada tanggal 9 Agustus 2019 dan mengukuhkan Bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka dengan rangkaian kegiatan bakti masyarakat yang diantaranya termaktub dalam rencana kegiatan terlampir.
Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami menghimbau Kakak-kakak di jajaran Kwartir Gerakan Pramuka untuk melaksanakan rangkaian kegiatan bakti masyarakat secara serentak bersamaan dengan waktu pelaksanaan kegiatan di Kwarnas Gerakan Pramuka dan atau disesuaikan dengan kegiatan di wilayah jajaran Kwartir Kakak. Dan kami berharap kegiatan yang Kakak-kakak laksanakan dapat didokumentasikan dan dipublikasikan melalui media sosial serta dilaporkan kepada Kwarnas Gerakan Pramuka ..
atas perhatian dan kerjasama Kakak, kami ucapkan terima kasih.

KERANGKA ACUAN
KEGIATAN BAKTI MASYARAKAT
DALAM RANGKA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE 58 TAHUN 2019
Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019, yang bertemakan "Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membanqun Keutuhan NKRI", akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line "Pramuka Bersih Negeri" kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk Mengurangi Sampah Plastlk.akst bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain.

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu dampak dari pembangunan adalah munculnya sampah yang perlu mendapat penanganan serius dari berbagai pihak. Total jumlah sampah Indonesia di tahun 2019 akan mencapai 68 juta ton, dan sampah plastik diperkirakan akan mencapai 9,52 juta ton atau 14 persen dari total sampah yang ada. Sebagian besar sampah ang dibuang akan dibawa ke laut. Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. Di urutan ketika adalah Filipina yangmenghasilkan sampah plastik ke laut mencapai 83,4 juta ton, diikuti Vietnam yang mencapai 55,9 juta ton, dan Sri Langka yang mencapai 14,6 juta ton per tahun. 
Berbagai hasil penelitian LIPI menyebutkan mkroplastik menganacam ekosistem laut di Indonesia. lebih dari satujuta kantong plastik digunakan setiap menitnya dan 50 persen dari kantong plastik terseut dipakai hanya sekali lalu langsung dibuang. Dari angk tersebut, hanya lima persen yang benar-benar di daur ualng. diperkirakan saat ini mikroplastik yang ada di air laut indonesia jumlahnya ada dikisaran 30 hingga 960 partikel/liter. keberadaan mikroplastik di dalam air laut Indonesia jumlahnya sama dengan jumlah mikroplastik yang ditemukan di air laut Samudera Pasifik dan laut mediterania. Namun, lebih rendah dibandingkan di pesisir Tiongkok, perisisir california dan barat laut samudera Atlantik. walau jumlahnya relatif lebih rendah dibandingkan dengan lokasi-lokasi yang disebut di tasa, keberadaan mikropalstik di air laut indonesia perlu mendapat kewaspadaan dari semua pihak. mengingat, hingga saat ini masih ada dampak lain dari mikroplastik yang belum diketahu. 
Keberadaan mikroplastik di laut indonesia tak ubahnya seperti monster mini yang setiap saat merusak ekosistem di dalamnya. keberadaan mirkopasktik harus segera di angani untuk mencegah kerusakan yang lebih luas lagi dalam laut. salah satu cara yang bisa dilakukan, adalah dengan mengubah perilakuk manusia yang menjadi konsumen utama mikroplastik. Setiap tahunnya manusia menggunakan plastik hingga sebanyak 78 juta ton. Dari jumlah tersebut, hanya dua persen saja yang dilakukan daur ulang dan sebanyak 32 persen diketahui masuk ke dalam ekonsistem darat yang kemudian masuk ke dalam laut. sementara, sisasnya diolah secara bervariaasi untuk kebutuhan manusia lagi. 
Dengan fakta tersebut, ancaman kerusakan ekosistem di laut sudah semakin besar dan tak bisa dicegah lagi. Untuk mengatasi masalah sampah di laut, INdonesia telah membuat rencana aksi nasional (RAN) pengelolaan sampah laut dengan target 2025 pengurangan 70 sampah plastik. Kebijakan kantong plastik berbayar ditujukan untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Namun efektivitasnya masih dirgukan. Untuk itu diperlukan peran yang lebih nyata dan masif dari bebagi kalangan untuk ikut terlibat dalam penangan masalah sampah plastik.

"Setetes Darah sangat Berarti buat Sesama". Darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya yang ditunjang oleh ketersediaan fasilitas, sarana dan prasarana yang dapat menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup, aman dan berkualitas.
Kebutuhan darah di Indonesia belum terpenuhi seluruhnya. berdasarkan perhitungan WHO, kebutuhan daran 2% dari jumlah penduduk datau secara nasional 5,2 juta kantong darah dibutuhkan Indonesia setiap tahunnya. Secara data, kebutuhan itu baru terpenuhi sekitar 92 % yang berasal dari PMI. PMI mengalami kekuarangan rata-rata sekitar 900 ribu kantong darah per tahun guna menutupi kebutuhan trnasfusi darah pasien yang membutuhkan di berbagai rumah sakit. KEbutuhan kantong darah di Indonesia mencapai rata-rata 5,1 juta kantong per tahun, sementara yang terpenuhi sektiar 4,2 juta kantong darah per tahun. 
Masyarakat mempunyai peran penting dalam menjadmin ketersediana darah dalam jumlah banyak yang cukup. pelaanan darah yang aman dan berkualitas, dapat menurunkan angka kematian ibu yang disebabkan karena pendarahan. Di indonesia survey penduduk antar sensus 2015 menunjukkan AKi yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup. 

Berbagai kondisi di atas menunjukkan pentingnya keterlibatan segenap lapisan masyarkat termasuk anggota gerakan pramuka dalam penanganannya. Karena itu dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 tanggal 14 Agustus 2019, kegiatan bakti masyarkat yang mencakup aksi bersama untuk pengukuhan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka, aksi donor darah secara serentak, pencetusan komitmen Gerakan Pramuka Mengurangi Sampah Plastik, aksi bersih sampah plastik, melalui kegiatan bakti masyarkat dapat menunjukan keberadaan dan peran serta nyata anggota Gerakan Pramukak dalam membantu menanganai permasalahan masarkat, bangsa dan negara secara massif.

B. Maksud dan Tujuan 
Kerangkan acuan ini dibuat dengan maksud sebagai pedoman bagi semua jajaran Gerakan Pramuka untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan kegiatan bakti masyarkat dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019. 
Tujuannya untuk: 
1. Menggalang peran serta dan partisipasi aktif dari sebanyak mungkin anggota Gerakan Pramuka di Indonesia dalam pelaksanaan kegiatan bakti masyarkat yang ditentukan dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019, sebagai wuju sumbangsih Gerakan Pramuka bagi masyarkat, bangsa dan negara. 
2. Memadukan gerak dan langkah jajaran Gerakan Pramuka dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019.
C. Dasar
1. Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
3. Rencana Strategik Gerakan Pramuka Tahun 2019-2024.
4. Rencana kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2019-2024.
5. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 230 Tahun 2007 tentang
Petunjuk Penyelenggaraan Praniuka Peduli 6. Program Kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2019.
7. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Tahun 2019 tentang Peringatan hari Pramuka ke-58 Tahun 2019.

II. URAIAN JENIS KEGIATAN
A. Donor Darah serentak
Tujuan : menghimpun pesediaan darah secara sukarela dari anggota Gerakan Pramuka untuk disumbangkan kepada PMI di wilayah masing-masing.
Waktu  : Tanggal 9 Agustus 201 disesuaikan dengan waktu setempat
Tempat : di jajaran Kwartir daerah  dan cabang Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.
Instansi : Kwartir Gerakan Pramuka bekerjasama dengan PMI di semua Jenjang
Peserta : Pramuka penegak, Pramuka pandega dan anggota dewasa serta masyarkat.
Mekanisme:
1. dilakukan secara serentak pada wktu yang ditentukan
2. koordinasi dilakukan dengan PMI di masing-masing kwarcab dan atau kwarda.
3. Tiap jajaran membuat dokumentasi dan mengunggah di media sosial dan melaporkan ke Kwarnas Gerakan Pramuka melalui WA kak Saiko 0813 1076 9003 atau melalui email: tu.kwarnas@gmail.com
4. Pelaporan meliputi waktu dan tempat pelaksanan, jumlah partisipan, jumalh kantong darah yang terkumpul
5. Kwarnas Gerakan Pramuka cq, Komisi Kehumasan dan Informatika akan membuat desain spanduk dan disebarkan ke semua jajaran kwartir untuk dicetak masing-masing.

B. Penetapan Bulan Bakti Pramuka

Tujuan: menetapkan bulan Agustus sebagai BULAN BAKTI PRAMUKA di seluruh Indonesia
Waktu : Tanggal 14 Agustus 2019 pada saat apel besar hari Pramuka ke-58
Mekanisme  : Pernyataan penetapan Bulan Bakti Pramuka disampaikan dalam laporan Ka Kwarnas dan sambutan bapak Presiden RI.

C. Pembersihan Sampah Plastik
Tujuan:  : Melakukan pengumpulan dan penimbangan sampah plastik di seluruh wilayah Indonesia
Waktu : Selama bulan Agustus 2019
Tempat  : di jajaran Kwartir Daerah dan Caban Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia
Instansi: 1. Kwartir daerah /cabang Gerakan Pramuka
2. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI
3. Organisasi pernagkat Derah yang menangani lingkungan hidup di semua jenjang
Peserta : Semua pramuka dan masyarkat

Mekanisme
1. Dilakukan secara periodik.
2. Koordinasi dilakukan dengan OPD lingkungan hidup dan kebersihan kota di masing-masing Kwarcab dan atau Kwarda.
3. Setiap peserta wajib menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, sepatu karet, dan atau penutup mulut dan hidung.
4. Tiap jajaran membuat dokumentasi foto dan video dan mengunggah di media sosial. ODokumentasi tersebut meliputi kondisi awal dari sampah plastik yang bersertakan kegiatan , pengumpulan dan penimbangan sampah plastik.
5. Sampah plastik yang terkurnpul ditimbang dan dicatat sebelum diproses-Iebih lanjut baik oleh OPD terkait maupun secara mandiri.

IV. PENUTUP
Kerangka Acuan ini merupakan pedoman dan pegangan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan bakti Masyarakat dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019. tare i u diharapkan Kerangka Acuan ini dapat berfungsi sebagaimana diharapkan demi suksesnya pelaksanaan kegiatan-kegiatan bakti masyarakat yang telah direncanakan.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberi kemudahan dan ridhoNya bagi kita dalam melanjutkan tugas pengabdian bagi kemajuan generasi muda bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Peringatan HUT Pramuka ke-58 Tahun 2019"

Posting Komentar